Kamis, 03 Januari 2013

City Tour Kuala Lumpur : Istana Negara, Central Market, Suria KLCC, Twin Towers, Alor Street, Bukit Bintang

CITY TOUR KUALA LUMPUR

Hari ke 3, Tgl 13 Oktober 2012

Bangun dari tidur kami semalam yg cukup nyenyak, kami langsung bergegas siap2 check out dari hotel & antri di loket bus menuju ke Titiwangsa, Terminal bus asal kami berangkat. Kami tiba di depan loket jam 7 pagi, masih punya waktu untuk breakfast di kedai sebelah loket penjualan tiket bus. Loket buka jam 8 pagi tetapi yang antri sudah mulai panjang. Maklum ini satu2nya loket yang berjualan tiket bus ke kota, selain loket Go Genting yang baru buka jam 9 nanti.
Teman saya antri tiket selagi saya antri beli breakfast. Supaya cepat makannya, saya pesan roti sosis, roti coklat, dan milo panas. Cocok dengan suasana pagi disini yang dingin.
Bus berangkat jam 8.30 tepat, di Platform No. 4, harga dewasa RM 5.90/orang. Saya dapat nomor tempat duduk yang sama dengan tempat duduk waktu saya berangkat kemarin hehehe..kebetulan sekali bukan ? ;)
Sampai di Titiwangsa kami menuju ke Monorail Titiwangsa menuju ke Bukit Bintang ( 5x pemberhentian) -> bisa dilihat dari peta Monorail di cerita saya sewaktu ke Chin Swee Temple sebelum ini. Dari Titiwangsa-Chow Kit-Medan Tuanku-Bukit Nanas-Raja Chulan-Bukit Bintang. Keluar dari monorail Bukit Bintang yang langsung menuju dalam mall Sungai Wang, kami mencari jalan keluar dari mall menuju ke hotel yang kami book sebelumnya, Hotel Alpha Genesis (45 Tengkat Tong Shin, Bukit Bintang, Kuala Lumpur) letak hotel ini cukup dekat, cukup menyeberang dan jalan beberapa menit.

Sekilas info : jangan menyeberang sembarangan di kota ini, ada peraturan yang sangat jelas supaya menyeberang di jembatan penyeberangan/zebra cross, kalau melanggar akan didenda RM 500. Waoww.. pantas saja tidak ada satupun orang yang menyeberang disini hehehe..
Sampai di hotel kami belum bisa check in, karena waktunya belum memperbolehkan check in (jam 14.00) maka kami pun menitipkan tas ransel kami di hotel & pergi ke halte tempat bus Hop on Hop Off. Letaknya hanya di seberang hotel & tinggal jalan sedikit ada halte.
Tiba-tiba hujan datang, kami mampir di minimarket dekat hotel, membeli payung dulu, baru menuju ke halte lagi. Sedih banget deh kalau acara kacau karena cuaca buruk. Sambil berharap hujan berhenti, bus pun datang selang 15 menit kami menunggu. Naik bus double decker ini kami bayar RM 38/orang. Rute bus nya ada di www.myhoponhopoff.com

Berhubung cuaca masih saja hujan walaupun tidak deras, tetapi membuat kami mengurungkan niat mampir di KL Bird Park, tempat yang kami agendakan hari ini. Kemudian melewati Tun Abdul Razak Building, kami tertarik untuk turun & jalan kaki menyusuri nya, tetapi masih hujan jadi ya lewat lagi deh.. Bus berhenti 10 menit di Istana Negara, kami turun untuk sejenak berfoto. Istana ini sangat luas, dengan warna emas di kubah2 nya. Para turis hanya bisa berfoto di halaman depan Istana saja, tidak bisa masuk ke dalam. Kami berfoto2 dalam keadaan gerimis hehehe..jd pose nya banyak pakai payung.

Pemberhentian selanjutnya kami di Central Market (Pasar Seni), kami memang berniat kesini & tidak diurungkan karena bangunan pasar tertutup, jadi aman dari hujan. Di dalam gedung yang bercat hijau ini, banyak sekali pedagang yang menjual berbagai macam barang seperti aneka souvenir gantungan kunci, magnet, piringan, kaos dsb. Ada juga penjual kain, batik, lukisan, makanan, roti2, cemilan dll.

Central Market - Pasar Seni, bangunan dengan warna biru muda
Disini kami menemukan gerai Es Teler 77 asli Indonesia, jadi kami senang sekali & mampir untuk makan siang. Makanannya benar2 rasa Indonesia hehehe... akhirnyaaa.. :D tadinya sempat terpikir bakal makan nasi lemak lagi nih wkwkwk..

Tips bagi yang mau membeli gantungan kunci sebagai oleh2 : lebih baik beli dari stan di dalam ruangan, karena yang diluar ruangan (terbuka) lebih mahal. Waktu itu harga diluar ruangan RM 10 isi 6 pcs. Padahal di dalam cuma RM 7. Kena deh..hehehe..buat pengalaman nih ;)

Ketika selesai menyusuri pasar ini, cuaca diluar masih saja hujan :( sehingga kami pun mau tidak mau pakai payung lagi karena harus menyeberang jalan & menunggu bus datang. Selang 15 menit bus datang & kami melanjutkan city tour. Kami berencana ke Titiwangsa Lake jika tidak hujan, tetapi karena cuaca kurang bersahabat hari ini, jadi kami memutuskan untuk pergi ke Twin Towers saja, karena di dalamnya ada Suria KLCC sehingga tidak kehujanan. Selain tentu saja menunggu malam tiba, karena Menara kebanggaan Malaysia ini tampak anggun ketika malam hari.

Suria KLCC adalah mall yang mewah, ada toilet berbayar (RM 3/orang), juga semua toko nya rata-rata butik kenamaan seperti Guess, Gucci, dan sederet nama terkenal lainnya. Saya sempat mencoba membeli roti dorayaki di salah satu supermarket disini, harganya relatif murah RM 2/pcs. Rasanya lumayan enak, membayangkan Doraemon yang sangat menyukai kue ini hihihi...di dalam supermarket ini saya juga membeli beberapa cokelat bikinan Malaysia sebagai oleh-oleh keluarga di Indonesia. Harga cokelat disini relatif lebih murah ya. Jadi bolehlah beli cokelat sebagai alternatif oleh-oleh.

Untuk makan malam kami makan di foodcourt disini, lantai paling atas. Saya pilih chicken rice, menu nya seperti waktu di Hongkong dulu. Asalnya tertarik makan masakan Padang, tapi berhubung sudah habis ya saya pilih menu ini, takut mencoba yang lain nanti tidak cocok seperti sebelum2nya.

Sampai jam 18.30 ternyata langit tidak juga gelap, heran juga ya kalau di Semarang udah pasti gelap, disini seperti jam 5 sorean..waduh..acara selanjutnya mau ke KL Tower bisa terancam batal kalau begini.. Kami keluar jam 19.00 baru langit mulai gelap. Sedikit gerimis masih ada (lama amatt hujannya..) saya berdoa dalam hati, semoga tidak hujan lagi, gga kemana2 seharian rugii dongg...ketika kami selesai berfoto, eh..ternyata kami ketinggalan bus yang terakhir hadehh...(bus Hop on Hop off jam stgh 8 malam adalah yg terakhir).

Tapi dari hal itu kami jadi tahu kalau ada bus gratis, Go KL rute Bukit Bintang. Di dekat Menara Petronas ada halte bus, disana ada bus Go KL yang  menuju Bukit Bintang. Bus nya gratis & satu2nya bus dengan penumpang yang banyak berdiri. Bus yang lain tidak ada penumpang yang berdiri, semuanya dapat tempat duduk. Bus ini sedikit tempat duduknya, hanya di bagian belakang bus, di bagian depannya tidak ada tempat duduk, semua berdiri. Tapi cukup nyamanlah, tidak sampai berdesak-desakan, karena bus seperti ini ada banyak, gratis pula hehehe..

Untuk berfoto di Twin Towers paling pas bila malam hari. Selain menara yang terlihat megah dengan warna lampu putih di beberapa sudutnya, juga ada air mancur & taman disekelilingnya yang tampak indah dengan kelap kelip lampu hias.

Sampai di Bukit Bintang, kami turun di keramaian Bintang Walk, semua orang tampaknya berkumpul disini. Maklum mungkin berpapasan dengan malam minggu jadi semua orang ke mall atau memang begini ya setiap harinya? hehehe.. kami tanya arah hotel kepada petugas polisi disana. Kami berencana pulang ke hotel, istirahat sebentar baru keluar lagi jalan-jalan menikmati suasana malam di Bukit Bintang. Dalam perjalanan pulang kami mampir beli jagung bakar, karena bau nya yang harum jadi tertarik membeli hehehe.. RM 3/buah.
Sekitar pukul 10 malam kami keluar lagi & suasananya masih seperti tadi, rame nya bukan main. Sepanjang jalan kami menemui beberapa pengamen jalanan dengan atraksi yang menarik, ada yang bernyanyi dengan musik yang keren, ada yang jadi patung dan sebagainya. Banyak orang yang menonton dengan wajah penuh apresiasi.

Oh ya, hotel kami dekat sekali dengan jalan alor (food street), hanya bersebelahan jalannya. Jalan ini penuh kedai makan di kiri kanan jalannya. Rata2 kedai chinesse food. Teman saya yang mencoba sangat merekomendasikan salah satu kedai disini. Cuma pesannya, kalau makan rame-rame, karena porsi nya besar walaupun sudah pesan setengah porsi. Harganya juga cukup mahal tapi jadi murah kalau yang makan rame-rame.

Kami melanjutkan perjalanan menyusuri mall2 yang ada. Sepertinya kondisi ramai ini bakal berlangsung sampai pagi hehehe.. walaupun mall besar2 seperti Pavilion, Lot 10, Sungei Wang, BB mall, dll sudah tutup. Saya sempatkan foto di depan air mancur yang terkenal Crystal Fountain yang bentuknya seperti mangkok susun 3 asimetris di depan Pavilion Mall. Sayang walaupun air mancurnya masih menyala, tapi cahayanya sudah dimatikan, kalau menyala pasti indah ya ..
Jalan sampai tengah malam, kamipun akhirnya pulang ke hotel. Sampe di depan hotel mampir dulu di minimarket depan hotel yang buka 24 jam, beli beberapa minuman baru deh masuk hotel.

Paginya kami breakfast jam 7 di hotel, karena tidak ingin terburu-buru ke airport maka kami putuskan berangkat lebih awal.  Jam 8.30 kami check out & mulai jalan kaki ke stasiun monorail Bukit Bintang tujuan ke KL Sentral. Dari sana kami  naik skybus yang sudah kami pesan online menuju ke Airport LCCT.

Perjalanan ke airport sangat lancar, tidak ada kemacetan sama sekali. Kurang dari 1 jam kami sampai. Karena flight kami jam 15.15 sore berarti check in jam 13.00 siang, kami punya banyak waktu untuk makan siang & jalan-jalan di duty free shop LCCT.
Yang disayangkan di KL kami kurang puas akibat cuaca yang kurang mendukung, so next time mungkin harus meluangkan waktu barang sehari dari jadwal untuk spare jika ada kejadian seperti ini lagi..or ya pilih waktu musim panas bila mau berlibur :D

Pengalaman waktu pertama kali ke LCCT. Proses check in disini kita harus lihat layar supaya tahu kita menunggu di Gate berapa. Setelah masuk, kita mesti naik lantai 2, disana cari petugas Airasia supaya tahu Gate yang terakhir. Kita melewati imigrasi baru masuk ke Gate terakhir tadi. Karena lumayan luas maka kita bingung untuk pertama kali kesini. Sempat ikut antri bagasi juga padahal kami tidak bawa bagasi (cuma ransel), jadi seharusnya langsung naik lantai 2. hehehe..pengalamanlah.. Ransel kita juga tidak ditimbang oleh petugasnya..mungkin sudah keliatan kalau tidak lebih dari 7 kg ya..;)

Sekian trip ke Malaysia kali ini. Maybe next time jika kesini lagi saya akan mengunjungi Batu Cave & beberapa tempat yang belum saya kunjungi dalam kesempatan ini.

another story : Jalan-jalan ke Genting Highland
                                                                                                       ***

* Semua foto di blog ini milik pribadi.