Jumat, 10 Juni 2016

Transportasi bagi Turis di Korea Selatan

TRANSPORTASI NYAMAN UNTUK TURIS DI KOREA SELATAN


Saya ingin membagikan pengalaman menggunakan transportasi umum selama di Korsel. Untuk diketahui sebelumnya, saya mengunjungi 3 kota selama di Korea, yaitu Seoul, Busan & Jeonju. Semoga bisa membantu bagi turis tanah air yang ingin berkunjung ke negara ginseng secara independent (mandiri) tanpa menggunakan jasa tour.

TRANSPORTASI DARI & KE BANDARA INCHEON
Karena saya menginap di daerah Dongdaemun, maka saya memilih menggunakan jasa Airport Limousine Bus, bus yang khusus mengantar penumpang dari/ke bandara di Seoul. Letak bus ini di First Floor, carilah konter tempat pembelian tiket bus ini, kemudian carilah nomor bus yang sesuai dengan rute (tertera di tiket).

Begitu pula ketika hendak ke bandara Incheon, tinggal mencari halte bus terdekat &  menunggu sesuai jam kedatangan bus.
Berdasarkan pengalaman saya, waktu tiba bus ini tidak selalu ontime, tapi paling lama selisih 5-10 menit dari jadwal yang tertera. Untuk lokasi tepat halte bus  & jadwal kedatangannya, bisa minta informasi dari resepsionis hotel. Biasanya tiap hotel telah menyediakan peta & jadwal bus dalam selembar kertas.
Biaya naik bus ini KRW 15.000/orang. Bisa dibayar dengan TMoney atau cash ke driver sebelum duduk.
Bagi yang turun di bandara Gimpo, bus ini juga tersedia. Letaknya di International Terminal #6. (sebelumnya cek dahulu apakah ada perubahan).

METRO / SUBWAY
Moda transportasi ini paling mudah bagi turis salah satunya karena peta subway di Korea ditulis dalam bahasa Inggris, tidak hanya bahasa hangul layaknya bus umum. Untuk memudahkan, rute subway bisa di download dahulu di play store/sejenisnya. Jadi tidak perlu bawa peta fisik kemana-mana (ketahuan kalau turis  bangett hehehe..)
Untuk pembayaran subway cukup 'tap' dengan TMoney Card.
 
TMONEY CARD
Kartu ini kegunaannya  mirip dengan kartu serupa yang sudah kita ketahui sebelumnya seperti Octopus Card di Hongkong atau EZ Link di Singapore. Bisa digunakan untuk membayar transportasi metro/subway, bus umum, taksi, dan convenience store seperti GS25 (semacam indomaret disini) yang banyak tersebar di kota.
Saya pribadi menggunakan kartu ini untuk membayar taksi di Seoul (1x), metro/subway & airport limousine bus.

TMONEY
Menurut informasi kartu ini bisa dibeli di Airport sewaktu kita tiba. Setelah saya mengambil beberapa peta di pusat informasi turis di Incheon lantai 1, saya diberitahu harga di pusat kota lebih murah sedikit dibanding di bandara.
Saya membeli Tmoney di GS25 sebelah hotel, harganya KRW 2500. Harga ini belum ada saldonya ya, jadi harus di top up dulu. Untuk top up-nya bisa sekalian di GS25 atau di mesin topup di setiap stasiun subway.
Tmoney bisa direfund di mesin topup juga.
Hampir setiap hari saya menggunakan kartu ini untuk membayar subway, karena subway adalah transportasi paling bersahabat bagi saya yang tidak bisa bahasa hangul. Maklum, ingin hati naik bus kemana-mana, tapi hampir semua bus hanya terpampang bahasa hangul tanpa bahasa Inggris sehingga saya tidak paham rute yang dilewati. Mau bertanya? rata-rata penduduknya sulit berbahasa Inggris, jadi kendala bahasa sangat dirasakan di Korea.

TAKSI
Saya menggunakan jasa taksi hanya beberapa kali saja. Sewaktu pulang dari Lotte Mall di Busan menuju ke hotel, kemudian di Jeonju dari terminal bus ke guesthouse & sebaliknya. Jadi hanya 3x saja. Tarif rata-ratanya jarak dekat kurang lebih sekitar KRW 5000. Kalau Anda ber-4 bisa mencoba naik taksi dengan catatan jaraknya tidak begitu jauh. Harganya selisih sedikit dengan naik subway yang rata-rata KRW 1200/orang.

BUS ANTAR KOTA
Saya memakai moda transportasi bus sewaktu bepergian dari Seoul ke Jeonju, sebuah kota kecil nan cantik. Kemudian melanjutkan dari Jeonju ke Busan. Harga bus antarkota ini sekitar KRW 16.000-18.000/orang. Tempat duduk bus sangat nyaman & lebar. Satu baris hanya ada 3 tempat duduk dengan formasi 2-1. Sangat nyaman bukan ? Rata-rata bila sudah setengah jalan, kita akan berhenti sebentar di rest area, yang cukup luas & bersih. Kita diberi waktu sebentar untuk beli makan siang / ke toilet.



Kelebihan naik bus ini adalah kita bisa melihat pemandangan antar kota yang rata-rata indah, terutama dari  Jeonju ke Busan, banyak lembah kehijauan yang saya lewati, lengkap dengan danaunya yang cantik :) Boleh dicoba deh naik bus antar kota disana, dijamin tidak menyesal :)
 
Untuk beli tiket (di Seoul) cukup datang ke Seoul Express Bus Terminal & tinggal mencari rute tujuan di loket penjualan (ada bahasa Inggrisnya, disamping bahasa hangul, jadi jangan khawatir). Untuk rute Seoul ke Jeonju, bus tersedia setiap 10 menit. Hebat bukan?

KTX (Korea Train eXpress)
KTX adalah kereta cepat. Saya mencoba naik KTX sewaktu menempuh perjalanan dari Busan ke Seoul. Sebenarnya bila naik bus lebih murah, tapi sekali-kali saya ingin mencoba naik kereta cepat di Korea hehehe..Informasi jadwal & pembelian secara online bisa dilihat diwebsite KTX disini.

 
Tampak depan Gedung Stasiun Busan
Pembelian bisa memakai kartu kredit & print e-tiket nya, tukarkan menjadi tiket fisik di loket pembelian tiket (rute mana saja, tidak harus tujuan yang sama) di stasiun sebelum keberangkatan. Pada waktu penukaran  Anda akan diminta menunjukkan paspor. 
Ada baiknya anda menukarkan dahulu beberapa hari / beberapa jam sebelum keberangkatan, karena terkadang antrian pembelian tiket sangat panjang. Anda tidak ingin tertinggal kereta hanya karena belum menukarkan tiket bukan?

kiri = loket pembelian tiket ; kanan = suasana di dalam KTX

Pengalaman saya naik KTX ini, keretanya cukup cepat, tapi tetap berhenti di beberapa stasiun, dan ada beberapa orang yang berdiri di sambungan antar gerbong, jadi memang dijual tiket yang berdiri. Kursinya agak keras, tidak selebar & seempuk di bus .. dan karena saya juga berangkat malam hari, jadi tidak ada pemandangan yang bisa dilihat jelas kecuali lampu-lampu jalan. Hmmm... sepertinya saya lebih cocok naik bus dibanding kereta ini. :)

Sekian cerita singkat tentang transportasi yang saya coba selama di Korea. Semoga membantu :)



*** 


Baca juga cerita jalan-jalan yang lain :
Kuliner Enak & Tips makan hemat di Korea Selatan

8 komentar:

  1. halooo :)
    saat penukaran tiket ktx diminta kartu kreditnya gak yaa? kalo iya, pengecekan kartu kreditnya seperti apa?
    saya rencananya mau booking korail dengan kartu kredit teman saya yang gak ikut ke korea dan kartu kreditnya nanti saya bawa, tapi takutnya ada pengecekan data pribadi pemilik kartu atau diminta tanda tangan, dsb.
    terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sewaktu saya distasiun tidak diminta kartu kredit, hanya paspor untuk pengecekan nama penumpang dg nama di paspor harus sama. kartu kredit teman anda tidak perlu dibawa. semoga membantu :)

      Hapus
  2. hai vivi.. salam kenal ya.. review mu sangat membantu sekali nih, tapi aq mau nanya kalau dari bandara incheon ke busan naik bus ekspress itu harus kemana ya?
    thanks ya sebelumnya.

    BalasHapus
  3. Hallo kalo naik bus dr airport misal ke myeongdong beli tiketnya gimana? Ato lsg pke T money bsa ya ga usa beli tiket busnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Sun Thin, beli tiket ke Myeongdong caranya sama dengan saya diatas, ke lantai 1 & cari konter bus disana, tiket bus bisa dibayar pake Tmoney kalau sudah punya. Kalau mau pake kereta, dari airport naik kereta AREX ke Seoul Station dulu. Sampe sana baru lanjut ke Myeongdong. Harga AREX ini cukup mahal tapi memang cepat, belinya di tiket mesin, setahu saya belum bisa bayar pake Tmoney. Kalau mau bayar pake Tmoney semua, naiknya komuter train tapi cukup lama sampainya ke seoul station. Semoga membantu :)

      Hapus
  4. Hai Vivi... saya sudah beli tiket ktx pake kartu kredit buat 3 orang...tapi yang tercantum di semua tiket cuma nama saya aja... nggak masalah nanti pas di cek di stasiunnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Dewi, Tiket saya dulu juga hanya tertera 1 nama saja, tapi dibagian kolom numbers of ticket tertera jumlah tiket yg dipesan. Coba cek e-tiket Dewi uda tertera untuk 3 orang belum? kalau sudah berarti tidak masalah. Yang penting sewaktu tukar tiket di stasiun nanti, tunjukkan semua paspor penumpang yang akan berangkat. Pastikan nama yang di paspor sama dengan waktu booking ya, supaya tidak ditolak jika namanya ada perbedaan.

      Hapus
  5. hai sis, salam kenal saya yuli...
    saya ingin bertanya apakah tiket KTX ini hanya sbgai tiket PP seoul-busan dan busan -seoul atau sebenarnya tiket KTX ini juga bisa dipakai ke jeonju ? dgn booking number yg sama ??

    atau kita harus pesan lg tiketktx kalo mau sambung jeonju? tq infonya

    BalasHapus