Senin, 21 Oktober 2013

PANTAI KARTINI JEPARA - KURA KURA OCEAN PARK

WISATA PANTAI KARTINI DI JEPARA

Nah, akhirnya kesampaian juga saya ke Pantai Kartini di Jepara... Sebelumnya saya hanya pernah ke pantai Bandengan di Jepara ini. Kunjungan ini pun cukup mendadak, karena saya kedatangan tamu, adik saya sendiri yang masih ABG & kamipun berpikir keras (ciee....) enaknya ngapain selama liburan Idul Adha ini. Pantai ini-lah yang kemudian terpikirkan. Mau tahu cerita lengkap kami mengeksplor pantai cantik Kartini di Jepara? Yukkk.. capcusss...

PANTAI KARTINI
Pantai Kartini adalah obyek wisata pantai di Bulu, Jepara, Jawa Tengah. Pantai ini terletak 2,5 km arah barat dari pendopo Kantor Bupati Jepara. Kawasan dengan luas lahan 3,5 ha ini merupakan kawasan yang strategis, karena sebagai jalur transportasi laut menuju obyek wisata Taman laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang.* (diambil dari http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Kartini).


Nah sewaktu sampai di depan gerbang, ada petunjuk masuk di sebelah kiri bagi pengunjung yang hendak masuk ke dermaga. Biasanya pengunjung yang datang hendak naik kapal menuju pulau Karimunjawa. Pintu masuk sebelah kanan untuk pengunjung yang hendak mengunjungi pantai. Harga tiket masuk kawasan ini Rp 5.000,-/orang.
Begitu masuk kawasan, banyak dijumpai penyewaan sepeda, scooter, sampai motor mini yang bisa disewa. Banyak pula warung-warung makan serta penyewaan kamar kecil untuk bilas & mandi setelah bermain di pantai. Ada beberapa penginapan juga yang saya jumpai, walau tidak besar.

persewaan mobil"an & scooter anak
KURA-KURA OCEAN PARK
Pantai Kartini ini terkenal dengan objek wisata Kura-kura Ocean Park. Wahana ini cukup menarik, karena gedung yang dijadikan tempat aquarium berbentuk Kura-kura raksasa. Biaya tiket masuk kura-kura ocean Park Rp 17.500,-/orang sewaktu hari besar/libur.
Di dalam kura-kura aquarium ini ada berbagai macam ikan seperti ikan hiu sirip hitam, ikan nemo (clown fish), ikan badong, ikan cantik (dotty back), angel fish, dan masih banyak lagi. Di papan neon tertulis ada 30 macam ikan yang menghuni aquarium ini, hanya saja ada beberapa yang saya tidak lihat, mungkin saya yang terlewat atau memang sudah tidak selengkap dulu. 

Saya juga melihat karang laut yang cantik di salah satu aquarium mini nya. Ikan kesukaan saya, nemo, juga ada disini. Yang paling menarik menurut saya adalah kura-kuranya yang lucu, berenang bersama kawanan hiu sirip hitam. Memang kalau dibandingkan dengan Sea World Jakarta, ukuran hiu disini terbilang kecil, tapi cukup menghibur bagi yang membawa anak-anak.




Di lantai 2 pengunjung bisa mendapati area bermain untuk anak-anak, juga ada bioskop 3D yang menceritakan kehidupan bawah laut seekor penyu, petualangan bayi Dinosaurus & cerita menarik lainnya. Harga tiket masuk nya Rp 5.000,-/orang.

pintu masuk theater 3D
Di bagian luar kura-kura, ada sebuah kandang yang berisi 2 ekor burung elang. Yang saya lihat elang itu cukup gagah & kuat. Sayang sekali kandangnya sempit & tidak tinggi, sehingga elang tsb tidak bisa leluasa terbang. Alangkah bagusnya jika pihak pengelola bisa merenovasi kandang burung elang tsb. Kasian kan burung elang yang gagah hanya bisa jalan di darat, sambil makan ikan di tanah (yang sudah mati & dikerumuni semut). Agak memprihatinkan melihatnya :( 
burung Elang yang dikandang
Dari segi kecantikan pantai, memang pantai Bandengan lebih cocok untuk bermain pasir & makan ikan bakar yang lezat, main banana boat & olah raga air lainnya. Sedangkan pantai Kartini lebih cocok untuk wisata keluarga mengunjungi ocean park & bermain motor mini, karena saya tidak melihat ada pasir pantai yang menawan seperti di Pantai Bandengan. Yah semuanya ada plus minusnya kan ? :)

***


9 komentar: