Rabu, 20 Juni 2012

Naik MTR ke Big Buddha - NgongPing 360* - Disneyland


 BIG BUDDHA ~ NGONG PING VILLAGE ~ DISNEYLAND


BIG BUDDHA - LANTAU ISLAND
Jam 7 pagi sarapan di hotel, lumayan lengkap menu nya disini, seneng karena inget yg sebelum2nya menu nya kurang variatif.. jam 7.45 kami berangkat menuju MTR Tsuen Wan di dekat hotel. Rute pertama yg kami tuju ke Lantau Island untuk melihat Big Buddha. Ini dia rute MTR nya :


Diambil dari http://www.mtr.com.hk/ (klik untuk memperbesar)
Jalan menuju stasiun MTR sekelilingnya toko2 & sangat padat. Semua orang lalu lalang jalan dengan sangat cepat (sepertinya rata2 mau kerja smua) kami pun sampai di loket penjualan tiket. Rencananya mau beli octopus card, but karena kami cuma pakai sehari doang, kami akhirnya memutuskan untuk membeli Tourist Day Pass. Berlaku untuk 1 hari ke semua rute MTR. Yang lucu & geli banget setiap kita inget adalah setelah dapet kartu nya, kami melihat orang2 cara memakainya. Semua orang yg lewat menggesekkan kartunya untuk masuk ke dalam stasiun yang dituju. Tapi kami tidak yakin karena kartu kami sepertinya tidak bisa digesek (bentuknya beda), alhasil plonga plongo di depan sambil dilewati orang2 hahaha...
syukurlah ada 1 orang cew (baik banget nih mau berhenti sejenak) dia dengan bahasa inggris perlahan2 bilang kalau kartunya dimasukkan di lubang yang ada di bawah alat yg atasnya buat kartu octopus yang digesek orang2 tadi.

Tips : bila ingin menuju ke suatu tempat di HK, paling mudah naik MTR yang bisa disearch di alamat websitenya www.mtr.com.hk/ kemudian pilih bahasa Inggris & tinggal masukkan di kolom sebelah kanan, kita start dari mana & mau ke tujuan mana. Hasilnya akan segera keluar rute map, jarak tempuh & biaya untuk kesana. Mudah & praktis :)


TOURIST DAY PASS SEHARGA 50 HKD
Capee deee...plus malu juga yah...hehehe.. :D akhirnya kami masuk kereta dari Tsuen Wan, line merah (yang sangat cepat datangnya, jd kalau ketinggalan nunggu berikutnya juga gga lama), interchain di Lai King Station, kami ganti jalur kuning ke Tung Chung. Kereta ini sangat cepat nyampenya. Sampai Tung Chung Station, kami mencari bus bernomor A23, sesuai yg kami baca di internet jauh2 hari sebelum kesini hehehe.. tapi koq nda keliatan yah..akhirnya kami jalan maju muterin terminal, ketemu deh bus nya A23. Ternyata tadi tinggal nyebrang aja di baliknya ketemu deh bus nya.

INI PETUNJUK BUS NYA A23

Untuk naik bus ini kami harus membeli tiket dulu di loket, kami ditawari oleh penjaganya ( ada 2, 1 di loket, 1 lagi berdiri menawarkan ). Tapi karena penjaganya pake bahasa mandarin, jadi kami tidak paham, langsung ke antrian tapi baru sadar liat plang papan diatas ada tulisan beli tiket bus dulu beserta harganya.
PETUNJUK BUS A23 DENGAN TARIF BUS
Kamipun balik lagi deh ke loket hehehe...jd ketinggalan antrian kloter pertama bus berangkat ke tujuan. Kami ambil paket 104 HKD, berangkat dengan bus, pulang dengan cable car. Bagi yang pulang pergi mau naik cable car bisa naik ke atas sebelum masuk ke loket bus, ada escalator naik aja, disana terminal untuk keberangkatan cable car nya. Kami memilih bus & cable car supaya bisa merasakan kedua2nya.
TIKET LANTAU BUS KE BIG BUDDHA
Masuk ke bus setelah nunggu 15 menit-an. Kami cukup nunjukin ke supir bus nya. Disini dilarang berbicara dengan supir bus. Jadi cuma nunjukin aja tanpa komentar apa2. Bagi yg punya octopus card, ada mesin di bus nya, jd tinggal gesek aja.

Perjalanan sekitar 30-45 menit an. Perjalanan naik bus ini jalannya naik terus & agak berkelok2 ya. Tapi karena supirnya uda canggih so santai aja. Sampai di tujuan begitu senang...tempatnya bersih & udara nya masih segerr.. :D

Kami ambil foto di gerbang masuk nya & di beberapa patung di depan. Sebelum memutuskan naik tangga menuju Big Buddha, kami foto juga di tempat yang jangan sampe kelewatan : yupp...di tengah lingkaran yang kalau kita berdiri diatasnya, suara kita bisa bergema ( tp cuma kita sendiri yang denger), tempat ini disebut Buddha mendengar. selain karena alasan td juga karena berhadapan langsung dengan Patung Buddha di depannya.









BERDIRI DI TENGAH2NYA YA...
Nah baru deh setelah berfoto di tempat tadi, kami naik ke atas menuju Big Buddha. Di depan tangga sebelah kanan ada loket yg menawari kami mengambil paket makan & minum serta snack. Ada paket snack & minum saja. Tapi kami putuskan nanti saja ambil sesudah diatas pastinya juga ada.

Naik tangga berjumlah ratusan ini (sekitar 268 anak tangga), harus pake teknik hehehe...setiap naik 7 langkah pasti ada tangga yg lebar bisa berhenti dl disini sambil berfoto, untungnya pasti juga ada patung untuk dijadikan objek foto hehehe..:D
alesan aja nihh kalau engga kuat wkwkwk..




Nah setelah melewati ratusan anak tangga sampai kita diatas..kita bisa melihat besarnya patung ini, disertai di bawahnya ada patung2 yang membawa persembahan yang semuanya menghadap ke arah Buddha. 
Didalam patung Buddha ini ada ruangan & di temboknya ada tulisan2 dengan huruf mandarin, sepertinya nama2 pendiri tempat ini yang sudah meninggal, & banyak juga foto2nya. 

Disini saya juga lihat ada nama Anita Mui & fotonya serta bunga2 disekitarnya. Sepertinya banyak yang mendoakan artis ini. Didalam sini juga ada museum, untuk masuk kita harus membayar lagi (harga termasuk snack & minum), kami putuskan untuk masuk. 

Museum ini ada patung seperti biksu kemudian ada anak tangga keatas. Banyak cerita di dinding2 nya, tapi saya tidak paham maksudnya. Diatas ada ruangan yang menyimpan bagian tubuh dari Sang Buddha. Di dalam kotak kaca & dihias sangat indah. Tapi ruangan ini ditutup. Untungnya waktu ke tempat ini saya bersama teman yang beragama Buddha. Dia menjelaskan bagian tubuh sang Buddha yang dimaksud berbentuk kristal. Jadi karena sang Buddha sangat suci, orang yang sangat suci bila meninggal tubuhnya tidak akan habis walaupun dibakar. Jadi tersisa seperti kristal beberapa butir. Salah satu nya ada disini. Wah, benar2 mengagumkan yaa.

Setelah itu kami kebawah ke tempat menukar snack & minuman. Kami memilih es krim & sebotol aqua. Setelah makan es krim & istirahat sejenak kamipun turun tangga menuju ke bawah. perjalanan turun tidak seberat waktu naik. & ketika kami meninggalkan tempat ini, sudah banyak orang yg datang. Wahh untung datangnya awal tadi, jadi bisa berfoto ria dengan leluasa hehehe..

Sampai di bawah kami melanjutkan ke Wisdom Path, jadi disini ada beberapa objek wisata selain Big Buddha. Di Wisdom Path ini kami berjalan terus tanpa menemukan sesuatu selama kurun waktu cukup lama kami berjalan sampai capek hehe.. ada petunjuk restoran beberapa meter ke depan, tapi setelah ketemu restonya tutup. Hanya ada meja & kursi yang  kosong. Aneh ya ? setelah jalan lagi juga tidak menemukan apa2, kami ber 6 waktu itu sontak berkata benar2 wisdom path ya (jalan kebijaksanaan), jadi kudu sabarrr bangettt supaya tahu ada apa di depan sana hehehe...alhasil kamipun memutuskan untuk kembali, karena selain tidak sabar & kelelahan jalan, kami harus menyingkat waktu karena masih ada tempat yg belum dituju. Di perjalanan pulang, kami melihat ada uang2an china jaman dulu warna emas sangat besar. kamipun berfoto ria disana, ini dia hasil dari wisdom path hahaha...uang2an ini sangat ringan, jd kami bisa berfoto sambil mengangkatnya ! :D


NEMU *EMAS* DI WISDOM PATH
PO LIN MONASTERY
Tempat selanjutnya adalah Po Lin Monastery, disini adalah biara biku2, ada vihara yang cukup besar & didalamnya lagi ada resto yang terkenal akan masakan vegetariannya yang lezat. Bagi yang tadi membeli harga paket masuk termasuk makan disini akan disediakan bermacam2 menu vegetarian di dalam resto. Bagi yang tidak membeli, dapat membeli dengan memesan langsung makanan yang diinginkan. Saya membeli bihun vegetarian & sebotol susu kedelai. Ukuran botol susu kedelainya sangat besar harga sekitar 12 HKD. Benar2 mantap wkwkwk.. teman saya membeli daging & tahu (tentu saja bukan daging asli). Setelah saya mencobanya, rasanya mirip daging asli cuma teksturnya agak berbeda dari daging asli.


SALAH SATU MENU YG MIRIP DAGING RASANYA
 
DI DEPAN VIHARA DI PO LIN MONASTERY
NGONGPING VILLAGE - CABLE CAR
Jam menunjukkan pukul 12.30 siang, waktunya kami pulang. Kami berjalan kembali ke tempat pertama kali kami masuk, kemudian mengikuti papan penunjuk (yg cukup jelas di depan pertama kali masuk) menuju ke arah cable car. Mengikuti penunjuk, kita masuk ke Ngong Ping Village. Disisi kanan & kiri terdapat deretan toko2 penjual souvenir/baju, resto2. Tempatnya ditata sangat rapi & bersih. Sangat enak dilihat mata, sambil ada beberapa hiasan balon, boneka2 lucu. Ada juga pohon permintaan & tempat menggantungkan permintaan di sebuah kertas yg dpt dibeli disana. Kami ambil beberapa foto disini.


PETA NGONG PING VILLAGE


NGONG PING VILLAGE


TEMPAT SHOW WALKING WITH BUDDHA
TEMPAT MENGGANTUNGKAN PERMINTAAN
DIBAWAH POHON BODHI SQUARE
Di akhir jalan, ada papan yang memberitahu pertunjukan2 yang dapat dilihat disini yaitu : Walking with Buddha &  Monkey's Tale Theatre. Teman saya menyesal karena ingin sekali lihat pertunjukan tsb namun waktu tidak memungkinkan. Setelah sampai di tempat Cable Car, kami menukar dulu tiket yg kami dapat waktu di loket bus, dengan tiket yg asli.


TIKET CABLE CAR
Kami juga ditawarkan untuk naik cable car yang transparan smua, alias lantai nya juga transparan sehingga bisa lihat seluruh pemandangan di bawah kaki kita (itu sebabnya disebut ngong ping 360*, krn benar2 bisa liat pemandangan 360*). Tapi dengan tambahan biaya tentunya.
Kami tidak tertarik, karena takut juga kalau liat betapa tingginya cable car kami dari bawah kaki. hehehe..

PINTU MASUK NGONG PING CABLE CAR

Antrinya tidak banyak, kira2 10 menit tdk ada kami bisa naik cable car nya.
Pemandangan dari sini memang benar2 keren, cable car dengan jarak tempuh terpanjang (5,7 km) ini benar2 sayang untuk dilewatkan. Cable car nya juga sangat lebar, jadi kami tidak bersempit2an. Jendela atas bisa dibuka, jd kalau kita melewati awan kita bisa menyentuh awan secara langsung seperti yg teman saya lakukan wkwkwk..dinginn...:D Dari cable car ini kita juga bisa melihat Patung Buddha dari jauh, bisa lihat bandara, gunung & laut, bisa lihat jalan setapak dibawahnya, kami bergumam, emang ada ya yg mau naik ke puncak dengan jalan kaki ? hehehe..


PEMANDANGAN SEWAKTU NAIK CABLE CAR

Oya, sebelum kita naik cable car ini kami difoto oleh pihak Cable car, foto ini bisa dilihat sewaktu kita uda sampe di tujuan. Foto uda dibingkai, ada yg uda dimasukkan ke bola kaca, gantungan kunci, dll. Di tempat tujuan juga kita memasuki dulu toko souvenir Ngong Ping, menjual aneka macam souvenir dengan harga yg lebih mahal tentunya, tapi bagus2 :)
Keluar dari sini, kami menuju ke stasiun untuk menuju ke Disneyland. Oya, waktu kita keluar stasiun berangkat td, kami langsung ketemu Citygate Outlet, disini jual macam2 baju branded dengan diskon, tapi masih mahal juga, cuma kata orang2 tetep lebih murah  dari beli di negeri kita.



Dari stasiun Tung Chung kami menuju ke Sunny Bay disini keluar untuk ganti kereta ke disneyland. Keretanya cuma satu & bermotif disney, jadi mudah ditemukan. Interior kereta nya juga lucu, kursi sofa dengan hiasan patung2 karakter disney disamping2 nya.
DI DALAM MTR KE DISNEY
DI DEPAN GERBANG DEPAN DISNEYLAND
DISNEYLAND - HONG KONG
Masuk ke area disneyland, tas kita bakal diperiksa untuk melihat bawa makanan/minuman. Dilarang mambawa makanan/minuman disini, supaya semuanya membeli disini yang pastinya mahal. Saya makan siang dengan nasi ayam seharga 70 HKD tanpa minum. Untuk minum, cukup bawa botol kosong saja (diperbolehkan botol tanpa air) disetiap lokasi disini ada keran yang airnya bisa untuk diminum, banyak pengunjung yang mengambilnya juga. Rata2 berada di tempat dekat toilet.
Nah masuk ke loket untuk beli tiket masuk, disini nih keuntungan beli kartu Tourist Day Pass ! untuk beli 1 tiket dapat diskon 40 HKD, untuk beli 2 diskon 50 HKD. Lumayan banget kan ? :D
Untuk share aja, kalau beli Tourist day pass ini, kita lihat2 brosur di dalam kemasan kartu ini, biasanya ada diskon2 khusus yg diberikan. Waktu kami beli yang saya lihat ada diskon di disneyland, museum madame tussauds & Sky 100.
MENU CHICKEN LEG RICE & MIX FRUIT
Apakah permainan disini menarik ? tentu saja !! selain karakter disney yg sering keluar & mengajak berfoto bersama ( tapi antrinya panjang sekali booo..), ada mickey, minnie, guffy, donald, putri salju, dll..Saran saya kalau mau foto agak sorean aja, antrinya tidak sebanyak siang hari. Kami sempat foto dengan Mickey, Minnie & Guffy. Ada juga kereta untuk melihat seluruh permainan dalam arena taman ini. Keretanya tentu saja dengan model disney yg klasik.
FOTO DENGAN MINNIE
DI DEPAN ISTANA DISNEYLAND
Setiap ada pertunjukan misal menonton 4D, 5D jangan dilewatkan deh... waktu saya liat mickey show, benar2 menarik karena 5D, selain bisa nyemprot di muka (kalau ada adegan airnya) juga bisa ber bau makanan (kalau ada adegan makanan), donald juga bisa keluar layar & nyantol di dinding dengan ekor yang bergoyang2..lucu sekali deh ! :D
Setiap jam 15.30 juga ada pertunjukan parade tokoh disney, jd jalan2 akan ditutup & semua pengunjung akan berbaris di pinggir jalan. Semua karakter disney akan keluar dengan kereta, ada juga yg menari2 semuanya dengan iringan musik.





Untuk pertunjukankembang apinya jam 8 malam. Berada di tengah2 taman tepatnya di istana putri. Jangan sampai ketinggalan yah, sangat menarik & banyak sekali kembang api berwarna warni yang diluncurkan.. :)


Kesan tentang disneyland selain permainannya yg seru & menarik tokoh2nya, taman ini sangat bersih, mulai dari toilet sampai jalan2 nya tidak ada sampahnya. Tempat sampah juga dibentuk sangat menarik, kotak dengan cat & tulisan disney, yang mudah sekali ditemukan dimana2.
Tiap pagar & pohon di pinggir jalan yg kesannya kurang penting perannya juga sangat rapi, terbuat dari bahan yang kuat & tidak ada yg rusak ataupun cuil. hmm...cerminan yg beda dengan taman hiburan di negeri kita ya,  kalau bagian yg kurang penting sperti pohon2, pagar, biasa terbuat dari bahan yang kurang awet & cat2 nya banyak yg luntur/kurang terurus. Toilet juga terkadang mengecewakan. Seandainya dibuat maksimal seperti di Disneyland ini, tentunya akan sangat menarik.
Keluar dari taman bermain ini jam 9.30 malam, karena mau keluar awal juga percuma berjumpelan dengan pengunjug lain yang banyaknya minta ampunn..jd lebih baik menunggu di taman air terjun mickey sambil berfoto2 ria.

DI DEPAN PATUNG MICKEY
Sampai di hotel jam 10.00 malam kami sempatkan dulu beli makan di KFC bawah hotel.
Besoknya bersiap2 packing untuk pulang ke negeri tercinta :)
Sekian perjalanan ke Hongkong kali ini.

Sampai bertemu diperjalanan saya berikutnyaa... :)

                                                                                                                     ***

Baca juga cerita jalan2 lainnya di HongKong :

Jalan2 di Hongkong Part 1 : Bauhinia Square-Victoria Peak-Avenue of Star










3 komentar:

  1. saya mau tanya.. dari ngong ping village ke disneyland naik apa ya? kira2 berapa lama perjalanan?
    kemudian bagaimana cara kembali dari disneyland ke hongkong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Ngong Ping village bisa naik bus/cable car yang turun langsung di stasiun Tung Chung, dari stasiun Tung Chung naik MTR, turun di stasiun Sunny Bay, disana ganti MTR khusus ke Disney. Jangan kuatir bingung karena disana cuma ada satu MTR saja yaitu ke Disney, dg MTR khas disney yg tentu mudah dikenali. Waktu untuk sampai kesana kurang dari 1 jam krn cukup dekat.
      Dari disneyland kembali ke kota tentu saja paling mudah naik MTR. Untuk lebih jelasnya, Stephanie bisa lihat map MTR Hongkong disini : http://hong-kong-travel.org/MTR/
      Selamat mencoba ya ! :)

      Hapus
  2. mud material. Because the ore is low in sand and hChina Purple Clay Teapotigh in mud, it can only be used as fine material of 100 mesh or more. Less than the starlight, some can see the melting point. Therefore, Zhu Mu is not particularly suitable for this method. The simple method of distinguishing Zhu Mu is to listen to the sound. The sound that is close to the glass metal after the knock is true. The sound of the sound iYixing Purple Clay Teapot Sets close to the ceramic is fake.
    2, breathable and absorbent
    Put some hot water in the teapot and warm the pot. Drain the water on the outside. You can see that the pot has water hanging and absorption phenomenon. It means that the nature of the teapot is true purple sand, and vice versa.
    (However, it should be noted that the water absorption rate of the general purple sand is abPurple Clay Teapot With Infuserout 2%-5%, which is not very outrageous. Otherwise, it is noHandmade Ceramic Teapott called waterCheap Ceramic Teapots absorption but leaks. In addition, the Zhu mud class has high congenital density, and there is no othAuthentic Purple Clay Teapoter breathable water absorption. Mud is good, generally more

    BalasHapus