Sabtu, 21 April 2012

Pattaya Beach, Nong Nooch Village, Honey Bee Shop, Laser Buddha, MBK Mall


 JALAN-JALAN KE PATTAYA (Part 2)


Rute hari ini  : Pattaya Beach, Nong Nooch Village, Honey Bee Shop, Laser Buddha, Dry Food Market, MBK Mall Bangkok.
Pagi hari kami siap2 packing karena malamnya uda menuju ke Bangkok lagi. Hari ini sebelum acara dimulai sesuai jadwal, kami menyempatkan diri dulu untuk pergi ke pantai. Ya dong, masa nginap di hotel pinggir pantai tapi gga main di pantai, hehehe.. :D

Pattaya Beach
Bagi yang suka di pantai, well pantai ini dibatasi dengan taman seperti trotoar di pinggir nya. Untuk menuju ke pinggir pantai yg tidak dibatasi oleh trotoar td harus jalan agak jauh menuju ujungnya.
Dipinggir seperti pd umumnya banyak yg bermain perahu motor, dan yg lainnya. Ada beberapa kapal tradisional juga yg 'parkir' disana.



Menurut saya, pantai disini biasa aja ya, bagus di Indonesia yang kebanyakan memiliki pantai yg sangat indah. Seperti di Bali & Lombok.
Mungkin disini ramai turis karena banyak kehidupan malam yg benar2 hidup ya. Tadi malam waktu check in hotel disini, kami melewati berbagai macam toko, termasuk cafe2 yg berjejeran banyak sekali, di tiap gang jg penuh dg cafe. Bahkan ada papan tulis yg jelas2 menuliskan bahwa mereka menyewakan 'wanita malam'. Nah tp tidak jelas dituliskan disini benar2 'wanita' atau tidak :D
Memang pemandangan yg agak aneh bagi saya si, yg tidak pernah melihat hal semacam ini waktu ke Bali.
Oya, bagi yg mau ke musem Ripley's Believe It or Not. Letaknya juga di pinggir pantai persis, jd tdk sulit menemukannya karena pasti lewat waktu kita cari hotel. Di jajarannya juga ada Hard Rock Hotel Pattaya.
Ada juga mall2 disini. Jadi gga perlu kuatir bagi yang bingung mencari hiburan.




Nong Nooch Village
63 Sukhumvit Highway, Sattahip, Cholburi.

Hari ke 3 perjalanan kami diawali dengan mengunjungi Taman Tropical Nong Nooch. Our guide Mr Panya menceritakan bahwa taman ini didirikan oleh orang-orang pendatang, seperti dari Vietnam dan negara tetangga lainnya. Mereka berkumpul disini & mendirikan taman yg indah ini.
tiket masuk

Yah setelah memasuki kawasan ini baru saya lihat, bahwa taman ini memang indah.
Pertama kali masuk disuguhi beraneka tanaman & bunga yang bermekaran. Ada pula bunga yg di Indonesia ada seperti Anggrek misalnya. Di taman ini selain bunga yang beraneka macam juga ada pot2 (bahan seperti pot dr tanah liat) yang disambung2 sehingga berbentuk setengah lingkaran yang besar. Ada jg yg berbentuk kapal, mobil, dan bentuk2 lain yang indah.
Disini banyak sekali objek yg indah buat yg suka foto, tanaman pun dibuat berbentuk hati, dan bentuk2 lain yang menarik. Disini selain melihat taman yg indah, di dalam taman ini juga ada harimau, yg cuma dirantai saja! well, agak terkejut si pertama melihatnya, koq kita bisa sedekat ini ya sama harimau, tanpa tembok/kaca pembatas. Disamping harimau td mmg ada pawangnya si..bagi yg mau berfoto dg harimau si pawang akan mendampingi Anda. Lucunya waktu itu aku lihat si harimau lg bo2k siang, dengan tongkat si pawang membangunkan si harimau td yg sepertinya udah terbiasa dengan kegiatannya yaitu diajak berfoto. Wajah ngantuk si harimau yg berpose itu sangat lucu sekali. Seperti asal bangun & foto trs  langsung tidur lagi wkwkwk..
Harimau disini dirolling juga, aku liat ada mobil datang & memasukkan harimau 'yg sudah selesai mejeng' td kemudian diganti dengan harimau lain. Anehnya mereka itu sudah jinak semua & pawang gga perlu repot2 masukin ke mobil, karena si harimau uda masuk sendiri. Nurut sekali yaa...beda dengan harimau yg di Tiger Zoo kemarin.
Ini nih si macan yg ngantuk :D
Selain harimau, ada juga burung kakak tua yg warnanya indah disini. Mereka juga tanpa kandang lho, jd yg mau pegang2 juga bisa hehehe..
Next kita diajak melihat pertunjukan Thai Cultural Show, pertunjukan ini mempertontonkan berbagai macam tari daerah di Thailand, seperti kalau di Indonesia mungkin ada kecak, jaipong dll. Tarian yg seperti di film2 yg tangannya penari ada banyak ? yuppp disini juga dipertunjukkan.


Selanjutnya kita diajak untuk melihat Elephants Show, seperti namanya, disini kita melihat beberapa gajah melakukan atraksi, seperti melukis dengan cat ( kaosnya dijual sekitar 200 baht), kemudian memasukkan bola ke keranjang basket, naik motor, & bermain2 dengan penonton dengan berpura2 menggelitik dengan kaki nya yg besa. Siapa berani mencoba nya ? :)




Setelah pertunjukan terakhir ini kami makan siang masih di kawasan Nong Nooch. Ternyata disini menyediakan rumah makan yg sesuai dengan asal negara tamu2 yg berkunjung. Karena kami dari Indonesia, kami diantar ke RM yg masakannya persis di Indonesia (syukurlahh..hehehe ) ada menu bakso, mie, dll. Ada chinesse food juga, ambil sendiri bahan-bahan yg mau dimasak, terus berikan ke koki yang uda standby. Koki akan langsung  memasakkan makanan Anda.
Acara selanjutnya setelah dari Nong Nooch, kita menuju ke Honey bee Shop.

Honey Bee Shop 
S.K. Honey Product, 221/89 Moo 12 Thaepprasit Rd. Nongpure, Banglamung Chonburi 20261
Yup, sesuai namanya disini dijual segala macam bentuk olahan dari lebah seperti madu murni, bee pollen, royal jelly dll. Disini dijelaskan panjang lebar di sebuah ruangan be AC, boleh mencicipi juga. Harganya relatif ya untuk madu berkualitas. Bunga yg diambil oleh lebah (lebahnya kecil2) ini khusus, yaitu bunga tanaman opium (kalau gga salah), jadi hanya ada di Pattaya & diawasi langsung oleh pemerintah setempat, sehingga tidak disalahgunakan. Tertarik mencoba nya ? :)
foto bersama sarang lebah

Laser Buddha
Perjalanan kami dilanjutkan ke Laser Buddha. Laser Buddha ini terletak agak diluar Pattya, di sebuah taman yang  luas dan indah.
Disana ada gambar Buddha duduk yang diukir dengan emas di sebuah dinding bukit yang tingginya 130 meter. Ukiran ini terlihat bersinar terkena paparan sinar matahari. Karena kami tiba disini pas dengan matahari tepat di atas maka alhasil kami kepanasan. Tips bagi yang mau kesini siang hari : jangan lupa bawa topi/payung & minuman pastinya.
Kita tidak dapat mendekati (menyentuh) pahatan emas diatas karena disekelilingnya diberi pagar & kolam.
Menurut informasi yang saya baca, pahatan sang Buddha ini dibuat sebagai hadiah peringatan 50 tahun  berkuasanya King Bhumibol Adulyadej, raja Thailand. Sang raja menamai pahatan ini Maha Wachira Utta Mopat Satsada, yang artinya Buddha yang berbudi luhur & mulia.
Untuk masuk kawasan ini gratis, tidak dipungut biaya apa pun. 

Bagi yang ingin ke Silver Lake & Grape Farm, lokasinya dekat dengan Laser Buddha. Disana ada kincir angin khas Belanda & perkebunan anggur yang sangat luas. Kebun ini didekorasi dengan rapi & indah, dengan kolam & air terjun kecil buatan. Ada danau yang berkilau seperti perak jika terkena paparan sinar matahari, makanya disebut Silver Lake. Bisa coba deh wine & makanan disini. Sayang sekali kami tidak mampir karena waktu yang mepet.
Ceritanya yang punya perkebunan ini masih family dengan keluarga kerajaan yang menikah dengan orang yg berasal dari luar Thailand. Kemudian mendirikan perkebunan yang sangat indah ini (pantas serasa bukan di negara Thailand, dilihat dari bangunan taman yang ada kincir anginnya).

Dari sini kita langsung menuju ke Bangkok, melewati Dry Food Market, kita singgah sebentar untuk melihat toko yang menjual makanan kering khas Thailand (kita dapat mencobanya) seperti buah nangka kering & buah2 lain yg dikeringkan. Karena aku tidak begitu menyukai makanan kering, jd bingung mau beli apa, alhasil malah beli teh susu sachet :D

Setelah itu lanjut lagi perjalanan kami ke Bangkok, sampai di Bangkok kami menuju ke MBK Mall singkatan dari Mahboonkrong mall. Info mengenai MBK Mall :
Jam Buka: 10:00 – 22:00.
Lokasi: Phayathai Road, Pathumwan
BTS: National Stadium
Tel: +66 (0)2 620 9000
thailand.panduanwisata.com

Kami dilepas disini untuk berbelanja...katanya ada sekitar 2000 gerai disini ! wah2, pantas dibilang mall paling besar di Bangkok.
Mall ini sangat ramai, ada 8 lantai, tiap lantai berbeda barang yg dijual. Ada lantai khusus pakaian & pernak pernik, ada lantai khusus barang elektronik, ada lantai khusus makanan. Khusus lantai 1 barang2 yang dijual beraneka macam, tidak hanya baju & accessories. 

Setelah dari mall MBK kami menuju ke Hotel kami lagi waktu pertama kali datang. Check in & siap-siap hunting makanan di Chester's Grill :D


Note : 
Bagi yang mau beli pakaian saran saya di lantai paling atas, harga lebih murah. Rata2 harga kaos dewasa 100 baht/pcs. Ada juga cinderamata seperti cermin dengan motif khas Thailand, harga 100 baht/pcs. Bagi yang suka foto/gambar, ada kios penjual foto dengan objek khas Thailand seperti tuk-tuk, gajah, dsb
Bagi yang mau beli kain sutra juga ada disini (banyak penjual sutra & biasanya ditata bertumpuk2). Sewaktu berbelanja tetap hati2 dengan tas Anda karena tempat ini juga banyak copet nya.



                                                                                                               ***


Baca juga cerita jalan2 di Thailand lainnya :
Cantiknya Wat Pho & Wat Arun di Bangkok
Berkunjung ke Grand Palace Bangkok

20 komentar:

  1. Mau tanya donk.. Tiket masuk Noong Noch berapa ya?? Butuh berapa jam utk bisa menikmati Noong noch?? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gga salah Rp 150 rb/orang. Untuk menikmati seluruh kawasan ini bisa seharian ya..tp kl efisiennya setengah hari cukup lah.. :)

      Hapus
  2. mbak k laser buddha ada tiket masuk g? kl ada kena brp ya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear Vera, tidak ada entrance fee di laser buddha. Saran saya bawa topi/payung jika kesini siang hari, karena panasnya benar2 menyengat.

      Hapus
  3. apakah ada tanya2 harga kain sutranya berapa?

    BalasHapus
  4. Dear Ika, thn 2011 sewaktu kesana harga kain sutera rata2 sekitar 300 baht/meter nya.

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya, kami sekeluarga berempat rencana ke Bangkok akhir tahun ini. Mau tanya mbak, cara booking private tour nya gimana and biaya nya berapa?

    BalasHapus
  6. Dear Dennisa, untuk private tour bisa dibooking di travel agent di kota Mba tinggal. Bila di kota besar pasti mudah, rata-rata tiap travel agent menjual product land tour ( tanpa tiket pesawat ) maupun tour yang lengkap dg tiket pesawatnya. Thn 2011 sewaktu saya book land tour seharga 135 USD utk hotel bintang 4. Dengan harga yg sama, saat ini kemungkinan mendapat hotel bintang 3. Bila mba menyebut kota tempat tinggal, mungkin saya bisa memberikan referensi travel agent yg terpercaya.

    BalasHapus
  7. Thankyou for Sharing. Private Tour itu bookingnya dari jakarta atau ketika di Bangkoknya ? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Private Tour bisa dibooking sewaktu di Jakarta atau di kota manapun Mba Esther tinggal. Bila mau booking sewaktu di Bangkok juga bisa, tinggal cari travel agent yg terpercaya sesampainya di sana. Kebanyakan orang memilih booking sebelum tiba di Bangkok supaya lebih mudah. Kecuali bila ke Phuket, sesampainya di bandara banyak sekali yang menawarkan land tour :)

      Hapus
    2. Halo Santi ( wah manggilnya apa yach, Via atau Santi...), saya & keluarga ingin ke Pattaya & Bangkok, mungkin Santi bisa berikan rekomendasi travel agentnya yang di jakarta atau yang di Bangkok ?

      Hapus
    3. Halo Ester (ester atau Tanti ya?) paket bangkok pattaya ditawarkan hampir di semua travel agent di jakarta (bila domisili Ester di Jakarta), waktu itu saya pakai whole saler, ATS Vacations di jl Kamboja, Jakarta. tetapi ATS hanya menerima reservasi dari travel agent saja & saya booking lewat travel agent di kota saya di Kudus. Mungkin Ester bisa coba contact kantornya langsung 021-569 51666 & bertanya travel agent yang menjual product mereka di Jakarta. Semoga membantu :)

      Hapus
  8. Terima kasih banyak Santi, untuk informasinya, saya akan coba hubungi ke no telp tsb, saya suka baca blogspotnya Santi, sangat sistematis & kwalitas gambar/fotonya bagus sekali, panggilan saya Ester, Thanks & Have A Nice Day Always......

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Ester, senang bisa membantu & have a nice holiday in Bangkok ya :) Terima kasih atas pujiannya :)

      Hapus
  9. Hai Santi, saya mau tanya kl beli tiket Noong Noch lebih baik lsg on the spot atau pesan di hotel2thailand.com ya? lebih murah yang mana ya? bingung ni.. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya blm pernah beli tiket Nong Nooch di hotel selama di Thailand, coba tanya aja harga kl beli di hotel brp kl lbh murah tdk ada salahnya beli di hotel, waktu saya beli on the spot harga tiket nya 150rb/orang :)

      Hapus
  10. hmm ,, kl leh tw jika ingin beli madu di honey bee shop,, brp iaa dsna?? dn per KG brp?
    thanks atas info'a

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear Ari, saya agak lupa harganya karena kesana tahun 2011. Biasanya ada harga paket & ada juga harga satuan (per-kemasan) kalau tidak salah, harga mulai kisaran Rp 300rb-an, bergantung ukuran-nya.

      Hapus
  11. mau nanya kalau dari tune hotel second road ke pattaya floating market, nongnooch village sama silver lake grape jauh nggak ya? bisa pakai transportasi apa aja selain pakai tour servis? thanks

    BalasHapus
  12. @anonim : karena saya ikut Land Tour disana & kebetulan hotelnya bukan Tune jadi kurang paham dengan rute ke tempat wisata yg dimaksud. Bisa coba googling ya :)

    BalasHapus