Selasa, 03 Desember 2013

WISATA BELANJA & KULINER DI BANDUNG

BELANJA & KULINER-AN DI BANDUNG YUKK !

Hai! jumpa lagi di bulan Desember :)
Kali ini saya akan menceritakan perjalanan saya ke Bandung akhir bulan November lalu.
Berangkat by car, jadi bisa mampir sana mampir sini selama perjalanan ke Bandung, tapiii...cerita mampir sana sini-nya di episode lain yaaa...karena saya akan membahas khusus di episode ini tentang wisata belanja alias shopping-shopping (*yang cewek pasti sukaaa) & wisata kuliner selama di Bandung, tentunya dengan beberapa tambahan tempat dibanding cerita saya yang lalu.

WISATA BELANJA
* Dago Street & Riau Street
Nah....siapa sih yang gga kenal Bandung sebagai salah satu destinasi belanja favorit bagi para cewek or shopaholic? kali ini saya pun tidak membuang waktu sia-sia.... saya mampir ke butik FO favorit saya, yaitu sepanjang jalan Dago & sepanjang jalan Riau.
Favorit saya di Dago adalah outlet Blossom, disini lengkap banget pilihan celana panjang/pendek, kaos-kaos yang imut-imut & keren abisss....yang bisa bikin lupa daratan dah..ehh salah..lupa isi dompett kali yaa hehe... Blossom buka cabang di Bandung selain di jalan Dago. Juga ada cabang di Jakarta & Malang.
Sedangkan favorit saya di Riau adalah tak lain tak bukan, FO The Secret, secara tempatnya lebar, enak dilihat, enak dipandang & enak-enak yang lain hehe..kaos/baju/celana/dress cewek lebih banyak pilihannya disini, bagus-bagus modelnya & ukurannya juga cukup lengkap. (saya tidak dibayar loh untuk pujian ini.. ) sedang yang lagi hunting jaket yang keren-keren bisa coba ke Heritage di Riau, bagian jaket yang turun satu lantai (agak menjorok turun) disana ada macam-macam jaket yang modelnya lagi happening.

* Rumah Mode
Jalan Setiabudi, Bandung. Sebenernya saya biasa aja tentang FO ini, karena selalu ramaiii pengunjung, sehingga untuk suasana nya menurut saya, kurang mendukung untuk hunting sana-sini tapi ini cuma opini saya doang lho..karena hampir semua orang yang berlibur ke Bandung sepertinya tidak pernah melewatkan tempat ini. Sisi positifnya, banyak tempat makan yang enak-enak disini. Juga ada gerai Mayasari jadi bisa sekalian beli oleh-oleh bolen & brownies kukus-nya yang terkenal lezat, disamping merk Kartikasari yang terkenal itu.

* PVJ (Paris Van Java) Mall - Jalan Sukajadi, Bandung
Siapa sih yang gga tertarik mampir di mall yang menurutku paling nyaman yang pernah kukunjungi (agak lebay yahh hehe..), kemasannya bener-bener bagus deh..bikin selalu pengin balik & balik lagii...padahal belum tentu borong-borong disini, tapi adem & cozy aja tempat nya. Tidak melulu melihat lantai bertingkat-tingkat di dalamnya. Banyak butik merk pakaian terkenal, juga ada Jonas Photo studio (idolaku kalau nyari pigura keren), Metro Department Store & Carrefour.



WISATA KULINER
Nah selama saya muter-muter hunting kanan kiri, saya tidak lupa makan & mencicipi berbagai macam kuliner di Bandung yang enak-enak, contohnya ini nih :
* Es Durian
Es ini banyak dijual di pinggir jalan Dago, rata-rata di depan FO disana. Harganya Rp 8.000,-/porsi, dapat es durian + buah durian aslinya 1 biji. Enakkk... slurrruuuppp * jadi pengin beli lagi ^.^
* Batagor Las Vegas di Dago
Batagor ini jualannya berbarengan dengan lumpia, tapi lumpia nya isi ayam, bukan rebung seperti lumpia di Semarang. Jadi saya coba batagornya saja. Isi 3 macam batagor dengan bumbu kacang, rasanya enakk...entah kenapa kalau beli batagor & siomay di Bandung semuanya enak-enak .. :) oya, bisa pilih mau sambal kacang atau batagor kuah. Yang kuah ini saya belum pernah coba.


* Warung Nasi Ampera
Jalan Ir. H. Djuanda 94 Dago, Bandung
Nemu warung nasi ini waktu kelaparan & nyari makan malam-malam. Kita nemunya di Jalan Dago, ternyata warung nasi ini ada beberapa cabang juga di Bandung. Menu nya variatif deh, ada ayam goreng/bakar, perkedel/gorengan, pepes jamur, tumis sayur mayur, telor pindang, jeroan, dan lain-lain. Minum nya free disediakan kalau mau teh tawar. Harganya gga mahal, standard kalau buat kota Bandung. Rasanya lumayan :)
* Nasi Jamblang, di Jalan Dr. Otten no 11A, Kedai A. Rais (makanan khas Cirebon)
Dikasitau sama saudara kalau di depan hotel tempat kami nginap ada warung nasi jamblang yang enak. Hmmm...ternyata nasi jamblang adalah nasi yang dibungkus dengan daun jati, sehingga ada aroma & rasa yang khas (sedikit pahit), disini kita pilih sendiri lauk nya, ada berbagai macam lauk dari sate kerang/telur puyuh, sayur tahu, oseng, ikan dan lain-lain. Di warung ini juga ada makanan lain seperti sate kambing muda,  nasi lengko, sate ayam, tahu genjrot, empal gentong dan lain-lain.

* RM Dago Panyawangan, Jl. Ir H Djuanda no. 127 (Dago)
Pengin mampir sini habis hunting di daerah Dago, siang bolong & kelaperan, lihat resto ini dengan design nya yang khas & menarik. Service nya ramah & sepertinya banyak artis ibukota yang mampir disini, karena banyak foto-foto artis dipajang di dinding depan nya.
Menu-nya bermacam-macam dan rasanya juga enak, harga standard restoran.


* Warung Misbar, dijalan Riau, dekat FO The Secret

Termasuk baru berdiri, saya mampir kesini bulan Agustus 2014, sebelumnya sepertinya belum ada. Konsep rumah makan ini cukup unik, seperti masuk bioskop, antri menuju loket & di dindingnya dipajang film-film lama yang akan tayang (semuanya jadul seperti warkop dono kasino indro, dll). Memang di dalamnya diberi layar besar seperti bioskop, jadi kita bisa makan sambil liat film jadoel :) Makanannya? enak-enak deh, komplit prasmanan milih sendiri. Yang saya suka sambalnya, ada 3 pilihan, sambal terasi, sambal kosek, sambal mangga, semuanya enak & bikin ketagihan.. *ngeces*


 
Agak jauh dari Bandung, ada sebuah resto dengan konsep yang unik & bagusss banget dehh...letaknya di Lembang, saya mampir kesini karena diajak saudara yang tinggal di Lembang, kebetulan deket banget sama rumahnya.
Namanya : 
IMAH SENIMAN
Konsepnya : kita bisa pilih duduk di gubug-gubug dengan kursi-kursi & sebuah meja atau kita bisa pilih lesehan di gubug.
Sehabis kita parkir, kita diajak melewati jalan-jalan seperti di hutan mini, dengan aliran sungai kecil & pohon-pohon yang tinggi. Setelah itu kita akan melewati rumah-rumah kecil yang memang disewakan permalam layaknya hotel, dengan pelayanan hotel pula. Ada sebuah rumah yang untuk mencapainya kita bisa lewat jalan setapak menyeberangi aliran sungai mini dari air terjun mini di dekatnya, indah sekali. Kita juga bisa mencapai nya dengan naik sampan yang ada disana. Cocok sekali untuk pasangan bulan madu / yang mendambakan mencicipi hidup di desa tapi dengan kamar yang nyaman layaknya hotel berbintang :)
Jadi pengin mencobanya hehe..
ayam asap & jamur

Kembali ke menu makanan, disini makanannya beragam, tapi dari yang saya tahu dari saudara, yang terkenal ayam asap & oseng jamur nya. Ayam nya dijual per ekor, tidak per potong, jadi kalau kesini lebih enak rame-rame. Ada juga ikan bakar & oseng sayur yang lain. Rasa ayam asap yang saya pesan sangat enak, gurih & manis dengan rasa asap yang khas. Jamurnya dimasak dengan tepung & disajikan dengan sambal kecokelatan yang sangat pedas. Very recommended! tapi jangan kaget dengan harganya yah, cukup mahal, tapi cucuk-lah :)


***




Tidak ada komentar:

Posting Komentar