Sabtu, 11 Juni 2016

South Korea Culinary

KULINER & SNACK ENAK PLUS TIPS MAKAN HEMAT DI KOREA SELATAN

Saya ingin menceritakan sedikit tentang pengalaman saya berkuliner di Korea Selatan. Yang jelas, saya hanya mencoba sedikit makanan disana, karena selain agak ragu-ragu, suami saya yang bukan pemakan daging membuat pilihan kuliner sedikit terbatasi. Kalau saya memutuskan makan makanan yang mengandung daging, maka saya harus mengantar suami mencari makanan yang pas untuknya hehehe.. jadi bisa menghabiskan waktu lebih lama hanya untuk mencari makan :D
Tapi itulah indahnya perbedaan bukan ? Ok deh, berikut beberapa makanan yang saya coba : 

Note : Bila kita makan di warung/resto manapun akan diberi air putih gratis, biasanya 1 wadah air dingin (berisi sekitar 1-1,5liter air) & gelas berukuran kecil.

BIBIMBAP
Kata orang kalau ke Korea belum lengkap rasanya kalau belum mencoba makanan yang satu ini. Bibimbap yang artinya "Nasi Campur" terdiri dari semangkuk nasi yang diberi berbagai macam sayuran, daging sapi, telur mata sapi & saus pedas gochujang.

Banyak sekali restoran yang menjual Bibimbap ini, setiap resto baik kecil maupun besar yang saya temui, rata-rata menjual Bibimbap. Baik di Seoul, Busan, maupun Jeonju.
Akhirnya saya memutuskan mencoba Bibimbap di kota Jeonju, kota wisata cantik dimana bibimbap merupakan makanan tradisionalnya. Kota Jeonju juga dinobatkan UNESCO sebagai kota makanan sehat / gastronomi. Jadi tidak salah kan saya mencoba bibimbap di kota ini? :D

Harga Bibimbap yang sering saya lihat sekitar ₩ 5000-9000/porsi. Tapi di Jeonju ini harganya ₩10.000/porsi. Saya pikir sekali-kali mecoba yang lengkap sekalian, jadi lebih mahal dikit tak apa-apalah hehehe.. Bibimbap di jeonju yang saya coba berisi nasi bibimbap dengan side dish 9 macam disajikan dalam mangkuk kecil. Seperti yang terlihat dalam foto dibawah ini. Yang saya ingat betul rasanya adalah kuah dengan taoge (mangkuk putih atas), ketela manis seperti bubur (mangkuk hitam paling kanan), sayur hijau itu seperti bayam tapi hambar, kimchi (fermentasi sayur sawi dengan bumbu sangat pedas), yang hijau persegi seperti jajanan pasar sentiling hehehe..

Bibimbap di salah satu restoran di Jeonju :)

Mangkuk hitam kecil yang berisi kuah berwarna cokelat diatas adalah Soju, minuman tradisional Jeonju. Soju adalah minuman distilasi dengan bahan utamanya beras. Bahan baku Soju tradisional adalah beras, tapi produsen biasanya memakai bahan tambahan/pengganti seperti kentang, ubi, gandum dll. 
Apakah soju memabukkan? Kata orang-orang iya, tapi karena saya hanya memesan 1 cangkir, jadi saya sama sekali tidak mabuk. Menurut saya, rasa soju seperti beras kencur, hanya saja ada campuran rasa seperti air tape. Enak juga rasanya hehehe..

JAJANGMYEON
Jajangmyeon adalah mie dengan saus terbuat dari kacang kedelai hitam yang disebut chunjang. Saya mencoba Jajangmyeon di kawasan Dongdaemun Market di Seoul. Lokasinya dekat dengan exit metro yang saya naiki. Saya kurang tahu nama resto kecil di pinggir jalan yang saya masuki (karena dalam bahasa Hangul), tapi di dindingnya terpampang foto resto ini pernah masuk TV lokal. Resto sederhana ini sangat ramai pembeli & dilayani oleh seorang bibi yang cukup cekatan. Terlihat disana mie dibuat sendiri oleh sang koki, juga saus kacang kedelai dibuat oleh seorang bibi. Pengunjung disini tidak hanya warga lokal. Saya melihat beberapa orang asing makan disini dengan nikmat. Jajangmyeon saya disajikan bersama kimchi (sepertinya dari lobak dimasak kuning seperti foto dibawah).

Jajangmyeon

Karena lidah saya ini suka makanan Jawa, saya bingung kalau ditanya apakah Jajangmyeon enak? Menurut saya rasa sausnya manis & kental, dengan potongan daging & sayur didalamnya bercampur jadi satu. Seperti Mie Ayam di tanah air tapi rasanya lebih manis & kental.

SHRIMP DUMPLINGS & FRIED SHRIMP DUMPLINGS
Saya iseng mencoba makan siang di sebuah resto sederhana di sebelah Good Morning City Mall, di daerah Dongdaemun. Terpampang di depannya menu yang menggoda bertuliskan Shrimp Dumpling. Saya mencoba 2 macam menu, Shrimp Dumpling & Fried Shrimp Dumpling.. Sebenarnya saya ingin mencicipi semua menu disana karena tampak lezat hehehe.. tapi karena saya ingat hanya seorang diri yang makan (hubby gga mau...) maka saya menahan diri :p
Bibi yang menanyai menu ke pembeli bersama dengan seorang paman & opa, mereka bekerja bersama membuat menu ini lho.. mulai dari menggulung adonan dumplings, isiannya, sampai proses menggoreng. Jadi makanannya benar-benar fresh baru dimasak pemirsa.. :)


Cantik bukan Shrimp Dumpling ini? Rasanya lembut & enak. Untuk Fried Shrimp Dumplingnya renyah & isiannya tidak kalah lezat dari yang pertama. Ternyata saya tidak mampu makan semuanya karena kekenyangan pemirsa hahahaa.. Masih sisa 1 pcs Fried shrimp dumpling... hikss..
Harga : ₩3000-3500/porsi.  

MIE RAMEN
Well, mie ramen adalah menu kesukaan suami saya selama di Korea. Maklum, mie ramen disini bebas daging, hanya terdiri dari mie, telur & irisan rumput laut. Sayang, ramen agak sulit ditemui di resto lokal di sekitaran kota. Kami mencoba makan mie ramen 2x, di Stasiun Busan sewaktu hendak ke Seoul & di Gamcheon Village Busan. Dari 2 tempat tsb kami lebih menyukai ramen di Stasiun Busan. 

mie ramen yang yummy... ^^
Terletak di lantai 2 stasiun, resto ini cukup ramai & menu yang disajikan bervariasi tidak hanya ramen. Saya juga melihat fried shrimp disana, penampakan shrimp & cuminya seperti di resto Jepang, cumi dilumuri tepung roti & digoreng sehingga tampak renyah. Sebenarnya kalau boleh jujur, saya ingin mencoba menu lain seperti potongan daging yang tampak lezat  tersaji di meja makan sebelah saya tapi apa daya, untuk memesan ramen saja (sudah menunjuk gambar) mbak'nya masih agak bingung & bertanya macam-macam dalam bahasa hangul yang saya tidak paham hehehe.. jadi daripada salah, akhirnya saya ikutan beli ramen :p
Harga : sekitar ₩3.000/porsi. Minum air Gratis.

KIMCHI FRIED RICE
Saya mencoba Kimchi Fried Rice di daerah Gyeongbokgung Palace. Setelah turun dari metro kami melewati sebuah restoran di kawasan istana Gyeongbok. Karena lapar, saya masuk & mencoba menu yang 'aman' bagi lidah kami. hehehe.. maka menu nasi goreng kimchi inilah yang saya pesan.
Rasanya cukup enak  & tidak asing di lidah. Nasi gorengnya dicampur dengan potongan daging ham tipis-tipis & ditambah telor mata sapi on top, disajikan bersama semangkuk kecil kuah yang rasanya gurih.
Harga : ₩8.000/porsi. Free air putih.

Kimchi Fried Rice

32cm PARFAIT ICE CREAM
Saya membaca tentang kepopuleran ice cream yang satu ini dari sebuah buku. Saya berniat mencobanya di Myeongdong, tapi ketika jalan-jalan di Gukje Market Busan, saya tidak sengaja menemukan penjual ice cream ini. 32cm parfait, sesuai namanya, tinggi es krim ini 32 cm. Rasa yang tersedia bermacam-macam, dari vanilla, cokelat, strawberry, green tea, mango dll. Dalam 1 es krim, boleh meminta 2 rasa.

apakah benar2 setinggi 32 cm ? :D

Saya mencoba rasa Vanilla & Green Tea. Rasa Es krim ini lembut & enak, seperti ice cream cone McD tapi dengan campuran rasa green tea. Boleh deh mencoba es krim ini, dijamin suka hehehe.. tapi es krim ini cepat meleleh juga, jadi mesti cepat-cepat disantap habis ya pemirsa.. :D

SNACK PINGGIR JALAN DI MYEONGDONG
Sewaktu jalan-jalan santai di kawasan ramai Myeongdong, saya mencoba makanan kecil yang dijual sepanjang jalan. Salah satunya olahan kepiting seperti di foto dibawah. Kiosnya menarik, dengan pajangan tempurung kepiting berwarna orange cantik yang sangat  menggoda selera. Saya kira didalam tempurung tsb bubur dengan bahan utama olahan kepiting, ternyata lebih seperti bubur rasa jagung manis dengan bulir jagung yang bercampur didalamnya. Rasa kepitingnya kurang berasa :( 



Seperti yang diceritakan, kawasan Myeongdong & Namdaemun terkenal akan jajanan sepanjang jalan yang terkenal unik & enak. Membuat saya yang melihat (dan orang kebanyakan) berhenti sejenak untuk menatap & akhirnya mencobanya. 

Selain yang tampak di gambar, saya juga mencoba sate sosis yang sangat besar & jagung bakar (yang dibakar dengan alat seperti pistol api bukan dengan arang). Di Myeongdong ini juga banyak penjual aneka sate cumi (berukuran sangat besar), sate udang, kentang crispy yang digoreng dengan tusuk satenya yang sangat panjang membentuk spiral.  Pokoknya pemandangan makanan disini unik-unik & seru2 deh... rata2 pengunjung disini adalah muda mudi Korea yang berpasangan maupun yang hangout bersama teman-teman. Jadi seru-seru deh...kanan kiri jalan juga banyak toko-toko kosmetik, pakaian, tas, makanan dan masih banyak lagi.

CHICKEN & BEER
Saya menemukan resto ayam ini di pujasera airport Incheon. Terletak di dekat gate keberangkatan, saya mencoba makan siang dahulu sebelum terbang supaya tidak kelaparan karena saya kurang cocok dengan makanan maskapai yang saya tumpangi ini. hehehe..
Ayamnya lezat & renyah, disajikan dengan pelengkapnya acar kimchi dari lobak (kalau tidak salah) yang dipotong kotak kubus, rasanya enak. Lebih enak dari acar kimchi yang biasa saya makan bersamaan dengan mie ramen/jajangmyeon, yang rata-rata berwarna kuning/merah.



Di postingan kali ini, saya juga ingin membagikan tips hemat untuk membeli makanan sehari-hari selama berwisata di Korea, jadi anggaran jalan-jalan tidak cepat habis di pos makanan.

TIPS HEMAT DALAM MEMBELI MAKANAN :

Bagi yang mau makan nasi putih saja (karena bawa lauk sendiri) bisa beli nasi putih dalam kemasan yang sudah jadi di GS25 atau 7eleven dimana saja di Korea. Tinggal buka kemasan sedikit, kemudian masukkan microwave selama 20 detik, nasi putih lezat siap disantap bersama lauk favorit kita. Harga nasi putih ini bervariasi tergantung merk. Rata-rata sekitar ₩1.300-1.500/porsi.

NB: Saya membeli nasi putih ini untuk dimakan bersama abon sapi yang saya bawa dari rumah. Anda juga bisa membawa abon/kering kentang/ makanan kering lain yang bisa dijadikan lauk pauk.

nasi putih dalam kemasan

Bagi yang mau hemat tapi tidak bawa lauk dari tanah air, beli saja makanan seperti bibimbap dan lainnya di GS25 atau 7eleven. Mereka menjual aneka makanan yang siap saji. Tinggal hangatkan saja di microwave. Harganya juga sangat terjangkau dibandingkan beli diluar/restoran. 

Membeli air mineral? di GS25 juga hemat, saya membeli paket 6 botol (perbotol sekitar 1,5liter) yang kalau dirata-rata harganya ₩600/botol besar. Ingatlah, selama jalan-jalan kita harus banyak minum air putih supaya tetap sehat & segar. Jangan sampai dehidrasi & pinggang jadi pegal karena kurang minum & kebanyakan jalan.

roti tawar isi selai strawberry, murah & enak :)

Bagi yang mau membawa bekal dalam perjalanan / sarapan ringan di pagi hari, bisa mencoba roti tawar isi selai strawberry seperti saya. Merk Lotte, belinya di GS25 atau di 7eleven. Harganya cukup murah & rasanya enak lho ^^

Mau bawa snack selama jalan-jalan? atau bawa pulang buat oleh-oleh juga bisa, snack aneka rasa, seperti krip-krip/anak mas. Harganya mulai ₩800/pcs. Khusus snack yang ditengah (dasar warna putih) saya membeli di Daiso yang terletak di salah satu stasiun metro, seharga ₩1.500 untuk 6 pcs. Jadi per item hanya ₩250 saja :)

aneka snack dengan aneka rasa :)


Jadi banyak cara untuk menikmati Korea tanpa bikin kantong bolong kan hehehe... karena pengeluaran terbesar kita rata-rata terletak di sektor makanan & penginapan.
Bagaimana, tertarik mencoba makanan yang saya ceritakan diatas atau mau versi hemat seperti tips saya ? yang penting... Ayuk Jalan2!



***







Tidak ada komentar:

Posting Komentar