Sabtu, 18 Agustus 2012

Jalan2 ke Kintamani : Batu Bulan, Celuk, Goa Gadjah, Danau Batur, Tampak Siring, Pura Tirta Empul, Istana Presiden Soekarno, Pasar Sukawati, Jimbaran Beach

KINTAMANI ~ BALI


Pagi hari setelah sarapan di hotel, kami dijemput oleh guide kami, langsung menuju ke Batu Bulan. Yup...acara hari ini kita khususkan ke Kintamani, dimana rute nya Batu bulan-Celuk-Danau Batur-Tampak Siring-Sukowati Market. Semuanya ditempuh dalam waktu 1 hari :)


Batu Bulan
Di daerah Batu Bulan, diadakan pementasan tarian khas Bali, Barong Dance & Keris Dance. Jika tiba pagi hari maka kita akan menyaksikan Barong Dance. Pertunjukan yang waktu SMA pernah saya lihat & masih membuat saya agak takut menyaksikannya, jadi tidak mengambil tempat duduk di barisan depan deh. Maklum topeng yang dikenakan oleh si Barong menyeramkan.. :D Tetapi situasi masih sama seperti dulu pertama kali saya lihat, kursi selalu dipenuhi oleh bermacam-macam turis dari berbagai negara.


Celuk-daerah penghasil kerajinan emas & perak
Setelah menyaksikan pertunjukan ini, kita akan menuju ke Celuk, daerah penghasil kerajinan emas & perak. Yaa disini ada toko khusus penjual perak yang terkenal, dengan berbagai model yang cantik-cantik. Kemudian kami mampir ke Galuh, disana ada toko penjual kain & baju-baju batik yang cantik. Bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Rute selanjutnya kita ke Goa Gadjah.
Goa ini dari luar memang agak seram, di dalamnya ada beberapa patung yang diberi kain tanda sudah disucikan oleh penduduk Bali, tradisi disini pohon-pohon maupun patung yang sudah ditutup dengan kain pertanda sudah didoakan/ disucikan.
di depan Goa Gadjah
Patung di dalam Goa
jaman dahulu sebagai kolam mandi
kompleks pura dilihat dari atas
Untuk makan siang, jangan lewatkan restoran setempat yang  ada di kintamani. Kami diantar ke sebuah restoran yang lokasinya sangat indah. yap..kita dapat makan sambil menikmati indahnya pemandangan Gunung & Danau Batur yang sangat terkenal itu. Udara disini juga sangat sejuk. Restoran ini sangat ramai dengan berbagai macam turis. Semuanya tampak sangat menikmati suasana makan di restoran ini.
Indahnya Gunung & Danau Batur
 Tujuan berikunya ke daerah Tampak Siring, dimana terdapat Pura Tirta Empul yang mempunyai sumber air suci yang dipercaya masyarakat setempat untuk berdoa & memohon sesuatu.
Tirta Empul
Suasana di kawasan Pura

Tirta Empul berarti air yang muncul dari dasar tanah. Nah selain pura, di sini terdapat beberapa pancuran air yang digunakan masyarakat setempat untuk membersihkan diri sebelum  berdoa.



Disampingnya terdapat Istana Presiden Soekarno. Di bangunan Istana tersebut ada sebuah jembatan yang menghubungkan bangunan satu dengan yang lainnya.


jembatan di Istana Soekarno

Tujuan belanja  kami hari ini tentu saja ke Pasar Sukowati. Bagi yang belum tahu, di pasar ini menjual berbagai macam souvenir khas Bali, seperti kaos-kaos bermotif khas Bali, kain batik, lukisan, dan berbagai macam barang lainnya. Semuanya dengan harga yang dapat ditawar. Rata-rata harga disini sangat murah. Saya mendapat kaos dengan harga rata2 Rp 10.000,-/pcs ; lukisan Rp50.000,-/pcs. cukup murah bukan ? Jadi rajin-rajinlah menawar :)

Sore menjelang petang kami memutuskan menghabiskan hari dengan makan malam di Jimbaran. Daerah yang terkenal dengan restoran-restoran di pinggir pantai. Disini pengunjung dimanjakan dengan menu makan malam aneka seafood sambil melihat pertunjukan tarian khas Bali yang ditarikan oleh seorang gadis. Terkadang juga ada pengamen yang menyanyikan lagu romantis sambil diiringi gitar. Tertarik makan malam romantis disini ? :)


suasana dinner di pinggir pantai
menu aneka seafood & gado-gado


# semua foto di blog ini koleksi pribadi.







                                                              ***




Baca juga cerita jalan2 lainnya di Bali :
Romantisnya Pantai Nusa Dua Bali
Indahnya Bedugul Bali
Ada apa di Bali Selatan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar