Sabtu, 08 September 2012

Borobudur ~ A Magnificent site of world cultural heritage, the largest temple in the world

28 Agustus 2012
Hampir semua orang pasti pernah pergi ke Candi Borobudur bukan ? tapi pernahkah ke tempat ini sewaktu matahari terbit pertama kali di pagi hari ? yaa...Candi yang masuk dalam World Heritage ini memang terlihat paling indah ketika sunrise tiba.

Untuk melihat sunrise pengunjung harus merogoh koceknya lebih dalam. Untuk tiket masuk yang biasanya dibandrol Rp 25.000,-/orang, maka khusus untuk sunrise & sunset harganya menjadi Rp 250.000,-/orang. Bagi yang berminat bisa datang ke Hotel Manohara yang terletak di Komplek Taman Wisata Candi Borobudur, Jl. Badrawati Borobudur, Magelang 56553.
Subuh sekitar pukul 04.30 kita akan dipandu oleh guide dari hotel ini menuju ke Candi.

Untuk harga paket sunrise ini termasuk breakfast di hotel Manohara (roti & pisang bakar) & sebuah senter untuk penerangan selama naik ke atas Candi yang masih gelap.
Bila Anda beruntung cuaca mendukung dalam arti tidak ada mendung, maka jepretan Anda akan terlihat sangat indah, seperti yang dapat kita lihat di website hotel manohara (http://manoharaborobudur.com/id/).

diambil dari manoharaborobudur.com/id
Sayangnya waktu kita kesana, cuaca agak mendung jadi tidak bisa maksimal mendapatkan sinar matahari yang terbit dari timur. Tapi tidak apa2, kami tetap mendapat beberapa foto yang lumayan memikat, walaupun tidak seindah jepretan di website manohara.


Sewaktu kami berkunjung kesini, kami juga berbarengan dengan beberapa biksu yang berdoa di Candi ini.



Nah, bagi yang berminat untuk menikmati suasana tenang, damai sambil menikmati suasana di Borobudur paling tepat untuk bermalam di Manohara Hotel, karena hotel ini satu-satunya yang berada di kompleks Candi Borobudur. Kelebihan lainnya, ada potongan harga untuk melihat sunrise, menjadi Rp 230.000,-/orang khusus untuk tamu yang menginap disini. Saat malam hari ada pertunjukan tarian daerah. Rata-rata pengunjung adalah wisatawan mancanegara.
Candi Borobudur juga disinari cahaya saat malam tiba. Kita bisa ambil spot foto yang bagus dari hotel ini.



Tiap-tiap kamar di hotel ini dikelilingi oleh taman-taman yang hijau. Di sepanjang jalan yang bisa dilalui oleh tamu, ada  stupa-stupa kecil seperti yang ada di Borobudur. Di tengah taman juga ada tempat duduk-duduk lengkap dengan meja bulat yang terbuat dari batu mirip dengan batu yang dibuat Candi. Ada juga patung anak kecil yang sedang naik kerbau.
Dari hotel ini, kita bisa melihat langsung Candi dan bisa masuk ke lokasi secara gratis selama jam kunjungan normal ( jam 6 pagi- jam 5 sore). Kita masuk melalui pintu timur Candi Borobudur.



Nah tunggu apalagi ... mari kita kunjungi tempat yang indah & penuh nilai historis di tanah air kita ini.. :)


                                                                              ***






Baca juga cerita jalan2 di Jogjakarta :
Sejenak berkunjung ke Candi Prambanan
Cantiknya Water Castle Taman Sari Jogjakarta
Wisata Sejarah di Keraton Jogjakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar