Senin, 15 Juli 2013

Toledo City Tour : Alcazar Army Museum, Santa Cruz Museum, Cathedral Toledo, Toledo Train Vision, Kereta Renfe



TOLEDO CITY TOUR

Hari ke 5 di Madrid kami habiskan dengan pergi ke Toledo, kota yang berada di selatan Madrid. Jarak tempuh dari Stasiun Atocha ke Toledo hanya sekitar 33 menit bila naik kereta Renfe.

TIPS MEMBELI KERETA RENFE SECARA ONLINE

Tiket kereta bisa dibeli online lewat www.renfe.com supaya tidak kehabisan. Petunjuk untuk membeli tiket ini bisa dibaca lengkap di TripAdvisor disini, sangat berguna bagi saya sebelum membeli, antara lain penggunaan bahasa Spanyol yang lebih aman sewaktu booking dibanding dengan menggunakan bahasa Inggris (sering trouble), juga pembayaran yang menggunakan credit card yang harus sudah verified by Visa. BCA sebagai salah satu bank di Indonesia, sudah verified by Visa (saya menanyakan lewat call center sebelumnya).

Jangan kuatir untuk tiap langkah booking dalam bahasa Spain, karena di TripAdvisor diatas disebutkan dengan detail.

Harga kereta renfe Atocha-Toledo sekali jalan 12€/orang, untuk pembelian PP harga 20€/orang, lebih hemat. Bila beli online, tiket yang kita print akan diperiksa petugas dengan meng scan bar code yang tercetak di tiket.

Sewaktu kita berada di stasiun Atocha yang besar & luas serta membingungkan, lebih baik kita langsung jalan ke lantai bawah. Disana ada layar-layar tv yang dengan jelas memberitahukan kereta dengan tujuan masing-masing beserta jam keberangkatannya. Bila takut tersesat, tanya saja ke petugas yang ada di loket-loket penjualan yang ada di tengah-tengah stasiun.
suasana di dalam kereta Renfe
Stasiun kereta Toledo kecil tapi sangat cantik. Banyak turis yang tiba langsung mengeluarkan kamera untuk mengambil gambar. Setiba di stasiun ini, akan banyak yang menawarkan jasa tour keliling kota. Bagi yang tidak mau ikut tour, cukup mencari bagian informasi wisata di dalam gedung stasiun. Petunjuknya sangat jelas, cukup mencari logo (i) yang berarti pusat informasi bagi turis. Kita akan diberi peta kota gratis & diarahkan untuk naik bis dengan nomor 61 atau 62 dari halte yang terletak diluar stasiun untuk menuju ke pusat kota. Tarif bus ini 1,4€/orang, bisa dibayar langsung  ke driver sewaktu naik. Hal ini berlaku juga untuk kembali ke stasiun.


Stasiun kereta Toledo yang cantik
Toledo adalah kota unik yang menawarkan wisata sejarah. Dahulu kota ini pernah menjadi ibukota Spanyol. Turis akan menyukai kota ini karena selain bersih & rapi susunan kotanya, hampir seluruh bangunan di kota ini mempunyai model bangunan yang berkesan medieval. Paling pas menyusuri kota kecil ini sambil jalan kaki santai. Berjam-jam jalan bisa tidak terasa deh.. :)


Hotel-hotel banyak tersebar di tiap sudut jalan, terasa bahwa kota ini memang menjadi tujuan wisata bagi para turis yang bertandang ke Spanyol. Toko-toko souvenir juga ada dimana-mana, rata-rata menjual pernak pernik a la Ksatria, seperti pedang & tameng, miniatur patung ksatria menunggang kuda, pisau saku, dll. Toledo memang terkenal dengan kerajinan nya. Saya saja sampai menghabiskan waktu cukup lama hanya untuk mengamati barang-barang yang djual di salah satu toko souvenir (waktu itu saya masuk toko souvenir di lantai dasar Hotel Alfonso VI), tentu saja akhirnya kami kepincut membeli beberapa souvenir menarik :)
Tampak dalam toko souvenir di hotel Alfonso VI
Bergaya di depan hotel Alfonso VI (kiri) ; didepan souvenir shop Alfonso VI (kanan)
Foto sekeliling kota Toledo diambil sambil berjalan kaki

foto sekeliling kota Toledo
Dari selebaran peta yang saya dapat di informasi turis di stasiun, ada 28 objek wisata yang dapat dikunjungi di Toledo, yaitu :

  1. Renaissance Hospital of Tavera
  2. Mosque of Cristo de la Luz
  3. Alcazar Army Museum
  4. Santa Cruz Museum
  5. Cathedral
  6. Church of Santo Tome
  7. El Greco Museum
  8. The Sephardic Museum
  9. Synagogue of Santa Maria la Blanca
  10. Monastery of San Juan de los Reyes
  11. Convent of Santo Domingo de Silos
  12. Church of San Roman
  13. Church of the Jesuits or San Ildefonso Church
  14. The San Marcos Castilla
  15. Convent of Santa Ursula
  16. Convent of San Antonio de Padua
  17. Royal Toledo Foundation
  18. Mosque of the Tornerias
  19. Bisagra Gate
  20. Gate of Alonso VI
  21. Cambron Gate
  22. San Martin Bridge
  23. Cristo de la Vega Hermitage
  24. Puerta del sol Gate
  25. Alcantara Bridge
  26. Convent of Santa Isabel de los Reyes
  27. Church of El Savador
  28. Amador de los Rios Roman Baths
Dari 28 objek wisata diatas, saya tidak mengunjungi semuanya. Beberapa yang saya kunjungi  yaitu:


Alcazar Army Museum

Terletak di jalan Alfereces Provisionales, s/n.

Jam buka 11 am-17 pm.

Tiket masuk €5, tutup tiap hari Rabu.

Alcazar Army Museum
Sebagai landmark kota, The Alcazar, Army Museum adalah  bangunan yang dibangun pada abad ke 3 & digunakan sebagai benteng sekaligus Istana oleh Carlos V.
Bila naik bus nomor 61 & 62 dari stasiun, pemberhentiannya selalu di depan museum ini. Herannya sewaktu saya kesini hari Senin, benteng ini tutup, padahal bukan hari rabu/public holidays seperti yang tertera di pengumuman.


Santa Cruz Museum

Cervantes, 3. Tel : +34 925 221 036

Jam buka : mon-sat 10 am-7 pm, sun/holidays 10 am-2.30 pm

Biaya masuk gratis.

Didirikan oleh Kardinal Pedro Gonzales de Mendoza dengan design Covarrubias. Museum ini berisi koleksi-koleksi industrial art, decorative arts, fine arts & archeology. Terkenal dengan hasil karya abad 16 dan 17 Toledo School Works, termasuk diantaranya lukisan-lukisan karya El Greco & Luis Tristan. Di dalam museum berlantai  dua ini ada taman kecil, dengan tata bangunan di sekitarnya yang berarsitektur medieval, sangat cantik untuk dilihat.

Bangunan Museum Santa Cruz (kiri) suasana di lantai 1 museum (gbr ke 2,3,4 dari kiri)
Ruangan di lantai 2 museum Santa Cruz
Taman di dalam museum Santa Cruz
Cathedral

Cardenal Cisneros, s/n.

Tel +34 925 222 241

Jam buka : mon-sat 10 am-6.30 pm, sun/holidays 2 pm-6.30 pm

Biaya masuk : 8€, bila include big bell + cloister 11€.

Pintu samping Gereja lewat gang kecil (paling kiri & kanan) ; Cathedral tampak depan (gbr ke 2 dari kiri)
Bangunan di depan Cathedral (gbr kiri & tengah) & sekitar Cathedral (kanan)
Katedral Toledo termasuk salah satu katedral Gothic yang pertama berdiri di Spanyol. Didirikan tahun 1226 oleh Raja Fernando III. Banyak karya-karya seniman terkenal disini seperti El Greco, Raphael, Titian, Rubens, Van Dyck, Rizzi, dll. Melihat Chapel utama, bell tower & biara nya direkomendasikan.
Setelah menjelajah beberapa objek diatas dengan jalan kaki, saya kelelahan karena kontur  jalanan yang naik turun & cuaca nya yang panas (walaupun sebenarnya udaranya dingin – suhu rata2 sewaktu saya disana  8 derajat C). Nah untuk menghemat waktu mengelilingi kota ini dengan lengkap, saya ikut Toledo Train Vision.

Toledo Train Vision

Kereta Turis ini modelnya menarik dengan warna merah .

Biaya 5,10€/orang lengkap dengan audio guide berbagai bahasa (dewasa)

Anak-anak 2-7 th : 1,5€ + 0,70€ jika pakai audio.
Train Vision ini bisa kita temukan di Zocodover Square, plaza di pusat kota Toledo, mulai dari jam 10.00 pagi, berangkat setiap 30 menit.
Untuk info & reservasi terlebih dahulu juga bisa. Nomor nya : 625 301 890. 
Train ini direkomendasikan oleh TripAdvisor lho ! Ada stiker nya nempel hehe... jadi makin tertarik mencobanya :)
Berikut beberapa foto yang saya ambil sewaktu naik kereta ini :)
Train Vision (kiri) pemandangan dari atas Train (kanan)
Pemandangan yang dapat dilihat bila naik Train Vision

Setelah puas menjelajah Toledo dengan Train, saya & suami mampir di salah satu restoran di plaza zocodover. Pesan 1 porsi spagetty bolognese & secangkir teh manzanilla.

Untuk suami yang vege, dia ke resto Mc D di depannya.
Secangkir teh Manzanilla & seporsi spagetty Bolognese
Acara selanjutnya kami berjalan-jalan santai di sekitar plaza, melihat-lihat gerai butik yang ada disana , seperti Zara, Crocodile, dll kemudian mengambil beberapa foto sepanjang jalan, menikmati suasana sore itu.  Pukul  16.00 kami naik bus kembali ke stasiun Toledo, sambil menunggu jam keberangkatan kembali ke Madrid, kami masuk ke sebuah cafe di stasiun, melindungi diri dari udara dingin di luar, membeli secangkir coffee & sebotol air mineral. Pukul 17.25 kereta kami berangkat kembali ke Madrid.
La Barrila Cafe (kiri) ; secangkir Italian Coffe (kanan)


ð   Kereta renfe ini jalannya sangat mulus, tidak bersuara  bising sama sekali, sangat bersih & nyaman. Ada toilet di tiap gerbong, letaknya di bagian belakang. Tempat duduk nyaman & lebar. Satu deret 4 kursi dengan 2 kursi diselingi jalan. Tempat untuk bagasi ada di bagian depan & belakang tiap gerbong. Jadi bila Anda membawa koper besar, pilihlah tempat duduk di depan atau di belakang, supaya bisa mengawasi koper Anda. Meskipun rata-rata penumpang kereta adalah turis, tapi tidak ada salahnya waspada.


                                                                                  ***

2 komentar:

  1. Hi Vivi

    Banyak sekali tempat2 yang menjadi tourist attractions tapi dengan keterbatasan waktu mungkin tidak kesemuanya dapat kita jelajahi...kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Mrs. Zie : iya benar sekali, mungkin harus menginap barang 1-2 malam sehingga bisa puas menjelajah kota yang cantik ini. Jangan lewatkan kalau hendak berkunjung ke Spain :)

      Hapus