Jumat, 05 Juli 2013

Jalan-jalan di Madrid (Part 3) : Royal Palace, Museum Prado, Gran Via

JALAN-JALAN DI MADRID  HARI KE 3

• PALACIO REAL DE MADRID (ROYAL PALACE)
  • MUSEO NACIONAL DEL PRADO (PRADO MUSEUM)
  • GRAN VIA

Bersamaan dengan hari Museum Internasional, tanggal 18 Mei 2013, maka kami menyambut sukacita masuk ke museum & beberapa tempat wisata dengan gratis. Berapa banyak yang bisa kami hemat ? lumayan lah pastinya.. :)

PALACIO REAL DE MADRID (ROYAL PALACE)

Tiket masuk : € 10, belum termasuk pemandu/audio guide.

Gratis khusus tgl 18 Mei saat International Museum Day, atau jika punya Madrid Card.

Jam buka : 10 pagi – 20.00 malam. Bulan oktober-maret : jam 10 pagi-18.00 sore.

Pagi hari jam 10.00 kami sudah standby di depan Royal Palace untuk antri tiket masuk gratis ke tempat ini.  Udara dingin yang menusuk hampir bikin aku bete ngantri berlama-lama disini (maklum gga biasa dengan suhu 5 derajat), rasanya badan ini beku bangett.. Dengan antri yang mengular seperti itu rasa-rasanya bakal lama tiba giliranku huhuhu.. :(

Setelah kira-kira 45 menit, akhirnya masuklah kami ke Royal Palace. Di dalam nya kami disambut megahnya Istana kerajaan Spanyol. Sayang kami tidak boleh mengabadikan dengan kamera bagian dalam Istana ini. Dinding istana dihiasi dengan lukisan sang Raja & Ratu, atap nya penuh lukisan yang sangat indah. Patung-patung & ukiran-ukiran, piring-gelas, barang pecah belah, jam ruangan, meja & perabotan yang diukir dengan sangat detail memenuhi tiap ruang di Istana ini.

Istana ini terdiri dari beberapa ruangan seperti Ruang Makan, Ruang pertemuan, Kamar tidur, ruang biliard, chapel (yang sangat mewah designnya & berwarna emas, membuat siapapun yang masuk berdecak kagum) & masih banyak ruangan lagi.

Konon istana ini adalah istana kerjaan terbesar di Eropa Barat. Kamarnya ada 2800 ! walaupun istana ini adalah kediaman resmi, tetapi Raja yang sekarang memilih tinggal di Istana yang lebih kecil di pinggiran Madrid. Istana ini dipakai hanya bila ada acara-acara kenegaraan, seperti jamuan kerajaan & acara resmi lainnya.

Ini nih beberapa foto yang aku abadikan di seputar Istana ini, tentu saja bagian luar nya. Kami meminta sesama turis untuk memfoto kami hehehe..

Di dalam istana ini juga ada souvenir shop. Disana dijual bermacam-macam barang seperti pernak pernik, pembatas buku, rosario, makanan, buku-buku, dan masih banyak lagi bahkan puzzle untuk anak bertema Royal Palace.

Setelah puas mengelilingi Istana ini, yang hanya dibuka untuk umum 2 lantai saja (lantai ke 3 tertutup untuk umum) kami keluar menuju stasiun metro terdekat untuk melanjutkan perjalanan hari ini ke Museum Prado.

Note : selama perjalanan kembali ke metro kami melewati sebuah souvenir shop. Selain mampir & membeli beberapa buah tangan kami sempatkan foto dengan pose membawa replika pistol (mirip sungguhan). Kalau mau juga ada replika pedang & tameng nya wkwkk..

Plaza de Oriente

Sebelum antri tadi pagi kami sempat berfoto-foto ria di depan Plaza de Oriente, yang letaknya persis sebelum masuk kawasan Royal Palace (sebelah timur Royal Palace). Di Plaza de Oriente ini terdapat patung Raja Philip IV yang sedang menunggang kuda, air mancur, patung singa &  lapangan dengan taman yang indah dengan bunga musim semi nya yang sudah bermekaran, lengkap dengan deretan patung Raja-raja.
Sewaktu pulang kami juga melewati Catedral de La Almudena (Madrid Catedral), sayang waktu itu gereja ditutup untuk umum karena ada acara yang akan berlangsung.
Catedral de La Almudena
Cara ke Royal Palace & sekitarnya :
Pakai metro jalur merah/hijau tujuan Opera, keluar dari stasiun opera cari plang bertuliskan Plaza Oriente, ikutin sampai ketemu Musical Opera, belok ke kanan.

Nah dalam perjalanan menuju stasiun metro, kami mampir dulu makan siang di sebuah restoran (aslinya kami tertarik mampir karena dapat brosur discount dari resto ini). Namanya Madrid de Tapas, kami pesan 1 porsi sopa castellana (sop of the day), 1 porsi tapa tortilla espanola ukuran kecil & 1 gelas sangria. Ini asli coba-coba, karena kata orang kalau ke Spain jangan lupa nyoba makanan khas nya Tapas & minuman khas nya Sangria.

Ini nih foto-fotonya :
Tapa Tortilla espanola (kiri); sopa castellana & sangria (kanan)
Tapas yang saya pesan ini setelah saya selidiki (kaya detektif aja) terbuat dari kentang & macaroni yang disajikan dengan saus (harga 2.50€). Sop of the day berisi potongan ham, telur yang masaknya dicampur kuah sup & 2 potong roti (3,60€). Sangria adalah wine yang dicampur irisan buah lemon, apel & jeruk (2,50€).

Rasanya ? tapas yang saya pesan (ada bermacam-macam jenis tapas tapi saya pesan yg ini, tanpa daging) berasa mirip seperti macaroni scotel, sedangkan sup nya berasa agak asing di lidahku (hehe tidak pernah makan sup model begini soalnya) & sangria rasanya agak pahit, maklum gga pernah minum :D tapi kata hubby rasanya enak. (kata orang jangan minum terlalu banyak, karena ada yang kadar alkoholnya lumayan tinggi).

Sekali-kali mencoba makanan khas  negeri orang, supaya besok-besok kalau ditanya bisa menjawab sudah mencoba gitukan gga malu-maluin wkwkk..

Note : Jangan lupa bila Anda memesan makanan di resto, berilah tips untuk pelayan resto nya, sekitar 10-15% dari total tagihan.

Keluar dari Restoran ini kami masih berasa lapar. Heh ?? yup, porsi nya sedikit ueyy.. jadinya kami hunting makanan disekitar nya & ketemu sebuah restoran pizza, Opera Pizza namanya. Kami masuk & pesan 1 porsi pizza jamur (tidak pakai daging). Coba deh pesan pizza di Spanyol sekali-kali, citarasa roti nya berbeda dengan resto pizza di tanah air :)
opera pizza (*pesan yg tanpa daging)
MUSEUM PRADO  (MUSEO NACIONAL DEL PRADO)

Paseo del Prado s/n. 28014 Madrid

Tel : +34 902 10 70 77

Tiket masuk : 14€ dewasa belum termasuk audio guide.

Jam buka : mon-sat 10 am-8 pm; Sundays/public : 10 am-7 pm

Tutup tiap 1 Jan, 1 Mei, 25 Desember.

6 jan, 24 dan 31 Des : jam 10 am-14pm.

Gratis khusus International Museum Day, 18 Mei.

Cara ke sini : naik metro turun di stasiun Atocha. Keluar dari Atocha cari taman yang banyak pohon-pohonnya, jalan terus, akan ketemu halte bus. Naik bus dengan nomor 27 passeo del prado (ada keterangan di papan halte), bus ini akan sampai persis di depan museum . Sebenarnya jalan kaki tanpa naik bus juga bisa, tapi bila ingin cepat sampai & tidak capek, naik bus adalah pilihan tepat.

Di dalam museum ini dilarang mengambil foto, membawa anjing, tas ransel, payung, hp/video yang mengambil gambar & dilarang merokok. Bagi yang membawa barang yang dilarang diminta untuk memasukkan barang ke loker yang tersedia setelah pintu masuk museum. Biaya loker nya 1€.

Museum ini sangat besar & luas, memajang hasil karya seniman-seniman terkenal. Ada spanish painting, Italian painting, German Painting, British Painting, Sculpture (patung), Flemish painting, French painting, Drawings & Prints, & decorative arts yang berasal dari tahun 1100-1910.

Masterpieces karya-karya Rubens, Van Dyck, Rembrandt, Tiepolo, Goya, Murillo & masih banyak lagi. Jumlahnya mungkin puluhan ribu lukisan & tidak mungkin habis dilihat hanya dalam waktu sehari.

Ada 2 building disini : Jeronimos & Villanueva Building. Villanueva dibagi-bagi dengan pembagian ruangan menurut pelukisnya.

Bagi yang suka & paham tentang lukisan, pasti sangat senang berkunjung ke sini. Museum ini recommended sekali buat para turis, seniman & penyuka seni. Saya yang tidak pernah masuk museum yang berisi lukisan karya seniman dunia tentu agak terheran-heran hehe.. banyak sekali lukisan yang bisa dilihat & bingung juga membedakan mana lukisan yang bagus & tidak, mana yang terkenal & tidak, tahunya hanya lukisan Monalisa di Paris yang mendunia itu ckckck... katroknya diriku wkwkk..

Museum ini juga lengkap dengan souvenir shop, cafe, restoran, book shop, auditorium, lectures room, rest area & toilets. Pokoknya lengkap sekali.

Selesai menjelajah museum ini (selesainya karena terbatas waktu, bukan karena selesai lihat semua karya disini), saya beranjak keluar & melanjutkan jalan santai menuju ke metro untuk tujuan selanjutnya. Di dekat museum saya melihat ada sebuah gereja berada di jalanan yang agak naik, dengan design yang unik. Saya mendekat & mengambil gambarnya:)

Museum ini juga dekat dengan museum-museum terkenal yang lain seperti museum Thysen yang semuanya gratis tiket masuknya hari ini, tapi berhubung saya sudah capek & ingin makan serta melihat objek lain selain museum, maka saya melangkahkan kaki melewati museum-museum tersebut.
Sampai di persimpangan jalan, saya nganget (kebalikan ngadem, karena suhu dingin)dulu dengan masuk ke cafe Mc D, pesan secangkir teh & secangkir kopi. Baru lanjut lagi jalan ke metro. Di luar orang-orang sudah tumpah ruah  dijalanan dengan mambawa atribut-atribut klub kebanggaan mereka Atletico Madrid yang tadi malam menang final piala Copa melawan Real Madrid, rekan satu kota nya. Yuppp..perayaan kemenangannya di jalanan dekat museum Prado. Warga kota Madrid sangat antusias dengan perayaan ini, semuanya tua muda, kecil, besar, anak-anak, wanita, pria pokoknya semua lapisan masyarakat turun ke jalan & merayakannya. Pemandangan yang belum pernah kulihat di tanah air :)

Acara selanjutnya kami lanjut ke Gran Via.

GRAN VIA

Cara kesini : ambil metro (jalur hijau) menuju ke stasiun Gran Via, keluar dari metro Gran Via, bisa terlihat langsung jalanan yang padat dengan orang lalu lalang. Disini memang pusatnya orang berbelanja atau sekedar jalan-jalan. Di sepanjang kiri kanan banyak butik-butik berjejeran, dari mulai merk asal Spanyol yang terkenal seperti Zara sampai merk luar seperti C&K, Mango, dll.

Saya mencari jaket musim dingin, tetapi semua butik itu sepertinya sepakat untuk memajang koleksi musim panasnya (hadehh....) jadinya batal deh beli jaket untuk ganti-ganti selama tinggal disini :(

Sekian jalan-jalan hari ini, kami pulang ke hotel di Las Ventas dengan pikiran langsung mampir di OpenCor beli mie instan & air mineral untuk mengganjal perut.