Jumat, 05 Juli 2013

Jalan-jalan di Madrid (Part 2) : Puerta del Sol, Plaza Mayor, Final Copa del Rey



JALAN-JALAN DI MADRID (part 2)
Rute hari ini :
  • PUERTA DEL SOL
  • PLAZA MAYOR
  • LIHAT FINAL COPA DI SANTIAGO BERNABEU
PUERTA DEL SOL

Cara kesini : Naik metro turun di Stasiun Sol.
Apa yang dapat dilihat di Alun-alun luas di pusat kota ini?
Pertama : ada kolam air mancur yang dikelilingi bunga-bunga  cantik, ada patung beruang yang merambati pohon madronyo (simbol kota Madrid) & ada patung Raja Charles III sedang menunggang kuda. Sekeliling alun-alun ini penuh toko souvenir & kostum bola, juga mall terkenal El Corte Ingles (department store terkemuka di Spanyol, yang menjual berbagai macam kebutuhan terutama pakaian). Saya sempat mampir untuk melihat-lihat model pakaian terbaru koleksi musim spring-summer-nya, ada yang harga nya terjangkau, ada pula yang price tag –nya bikin mata melotot hehe.. (saking mahalnya).
Di sekitar alun-alun selalu ada polisi berjaga-jaga karena alun-alun ini sangat padat sehingga sangat memungkinkan banyak copet berkeliaran.
Tips : Sewaktu foto-foto tetaplah waspada dengan tas/dompet anda, karena daerah ini memang terkenal agak rawan (copet dimana-mana).
Nah di dekat sini ada restoran yang mau aku coba, Wok to Walk. Baca dari beberapa majalah & berita di internet, restoran ini recommended buat yang pengin nyari cita rasa asia (seperti saya yang rindu masakan Indonesia, atau setidaknya chinesse food lah).

Wok to Walk Madrid (www.woktowalk.com)
Ada di dua tempat : Yang pertama di c/Hortaleza 7 & yang kedua di c/Mayor 4.
Saya mendatangi yang di jalan Mayor.
Jam buka : 12.00 am – 02.00 am
Ada beberapa step untuk pesan makanan di tempat ini.
  1. Pilihlah menu utama, ada macam-macam variannya : egg noodles, whole-wheat noodles, rice noodles, udon noodles, white rice, whole-grain rice, vegetables dish. Harga €4.90 
  1. Pilih ikan/daging nya. Ada ayam, sapi, udang, jamur shitake, brokoli, tofu organic, champignon, cashew nuts (jambu mete), baby corn, pineapple (nanas), bamboo shoots (rebung), chinese cabbage (kubis china). Harga €1.00-2.00
  2. Pilih topping nya. Ada peanuts (kacang), fried garlic (bawang putih goreng), fried onions (bawang merah goreng), sesame seeds mix (campuran biji wijen), coriander(ketumbar). Harga €0.40.
  1. Pilihlah saus nya. Ada teriyaki sauce, yellow cury & coconut, sweet & sour sauce, black beans & soy, garlic & black pepper, peanut sauce, oyster sauce, hot sauce. Masing-masing mewakili rasa Tokyo, Bangkok, Hong Kong, Shanghai, Saigon, Bali, Beijing, & Hot Asia. Harganya free alias gratis.
Boleh memilih no 1 saja tidak pakai daging, langsung pake topping, pokoknya bebas pilih disini. Untuk minuman ada soft drinks (€1.50), beer (€1.50), & air putih (€1.30). Saya yang bawa bekal air dalam botol besar tentu melewatkan pesan minuman (lumayan hemat hehe..) 
salah satu menu di wok to walk
Semua makanan disajikan di mangkuk kertas (bentuknya mirip tempat pop corn kalau kita beli waktu mau nonton bioskop) beserta sumpit kayu. Koki & kasir nya berwajah Asia, seneng juga melihat orang  yang wajahnya gga bule di kota ini (jadi berasa tidak terdampar sendirian wkwk..)
 Karena rata-rata pesan makanan akan menghabiskan €7/porsi, saya hanya akan mencobanya satu kali untuk menghemat, juga karena rasanya agak asing di lidah saya yang pecinta makanan tanah air & juga chinesse food yang sudah dimodifikasi sesuai selera kita-kita xixixi..Tapi ini pendapat pribadi lho yaa... gga ada salahnya mencoba, kan lidah tiap orang beda :)
Note : Jangan kuatir tidak bisa membaca menu dalam bahasa lokal, karena ada bahasa Inggris-nya. 

Nah setelah kenyang makan, kami lanjutkan perjalanan gga jauh dari sini, ke Plaza Mayor.  Cukup jalan lurus saja ke arah barat daya dari Stasiun Sol. Di sepanjang jalan banyak toko-toko souvenir, resto & akhirnya kami menemukan toko cokelat yang terkenal (menurut majalah-majalah yang saya baca) Toko Snack La Cure Gourmande. Kami mampir dulu disini, design toko & cara penataan cokelat nya sangat menarik dengan petugas yang ramah membantu (bahasa Inggrisnya juga okee punya deh). Ternyata made in Paris nih cokelat. Untuk harga lumayan mahal (menurut kita loh..) tapi jangan kuatir ada juga paket cokelat yang cukup bayar 5 pcs dapat bonus 1 pcs, jadi total 6 pcs. Lumayan untuk oleh-oleh orang tercinta di tanah air.
Toko Snack La Cure Gourmande
PLAZA MAYOR
Alun-alun ini terkenal sebagai tempat nongkrong penduduk lokal. Ada gedung 4 lantai di kanan kiri nya, di tengahnya gagah berdiri patung Raja Philip III. Disini banyak cafe-cafe outdoor & ada pusat informasi wisata untuk turis. Kita mampir ke dalam untuk melihat-lihat brosur-brosur wisata yang disusun rapi di dalamnya, lengkap dengan petugas yang siap membantu para turis.
Lepas dari Plaza Mayor kami berjalan kaki menuju arah barat melewati Market De San Miguel, pasar lokal di Madrid. Sayang sekali waktu kami datang pasarnya sudah tutup, tapi kami sempat mengintip untuk melihat bagian dalam pasar yang sangat rapi, tidak becek, bersih, bebas bau & nyaman banget buat berbelanja.
Selesai dari sini kami kembali ke hotel untuk mandi & siap-siap menonton pertandingan sepakbola di stadion Santiago Bernabeu.
  
MENONTON FINAL COPA DEL REY ANTARA REAL MADRID VS ATLETICO MADRID
Seperti yang sudah direncanakan sebelumnya, kami akan menonton pertandingan sepakbola final Copa Del Rey antara Real Madrid vs Atletico Madrid, rival satu kota nya pukul 21.30 waktu lokal (warna langit seperti jam 6 sore kalau di tanah air).
Cara sampai kesini & petunjuk jalan serta lika liku stadionnya : lihat di artikel jalan-jalan hari pertama ya :)
Setelah sampai di gerbang depan, banyak sekali penonton yang sudah masuk dan juga yang masih diluar,  yang diluar tidak jelas kenapa tidak masuk-masuk, bau alkohol pekat, rata-rata semua orang minum alkohol (atau sangria?) & banyak gelas-gelas plastik yang tersebar di depan gedung. Banyak juga penjual pernak pernik kedua klub, rata-rata dalam bentuk syal (dengan logo masing-masing klub), kaos kedua tim, topi dan masih banyak lagi. Karena kami membeli tiket yang termasuk dalam golongan pendukung tim Real Madrid maka kami masuk lewat gerbang  khusus pendukung tim tersebut (sempet nyasar masuk di gerbangnya pendukung atletico, tapi diberitahu oleh petugas yang jaga). Jadi saking besarnya nih stadion & banyak gate nya, kita jadi bingung hehe..
Stadion nya full book deh..alias penuh bangett...hampir tidak ada kursi kosong, dengan mayoritas pendukung kedua tim yang lengkap banget pernak pernik pendukungnya (syal, topi, kaos, jaket, genderang, drum, terompet dan masih banyak lagi..)
Sewaktu pertandingan dimulai, hampir semua orang rajin berdiri tiap ada gerakan yang kira-kira akan menghasilkan goal, & juga tentunya sorak sorai penuh tepuk tangan. Yang lucu saya lihat Cristiano Ronaldo pun meminta dukungan dari penggemarnya sewaktu akan menendang bola ke gawang lawan :) sontak semua berdiri penuh semangat memberikan dukungan.
Memang auranya beda ya nonton di depan tv di rumah dengan menonton di stadionnya langsung hehe..
Btw saya juga ikut-ikut teriak & berdiri bukan karena semangat nya sama dengan pendukung yang lain, tapi karena ikut-ikutan & juga supaya tidak kedinginan hahaha...kalau diem aja, rasanya gga kuat deh kena udara dingin yang makin lama makin menusuk tulang, beku boooo.... >.<
Sela pertandingan diisi dengan antri ke toilet yang cukup lamaaa, sampai-sampai pertandingan sudah dimulai lagi tapi belum selesai antri hadehh.. -_-“ (*ngelap peluh)
Note : walaupun mereka mendukung tim yang berbeda & kadang saling mengolok, tapi mereka tidak sampai berantem apalagi bakar-bakaran (ironisnya pertandingan di tanah air, yang sampai sekarang kurang aman bagi penonton maupun pemain). Semoga sepak bola kita bisa meniru disini ya, jadi kita semua bisa senang & tenang melihat pertandingan live di stadion Gelora Bung Karno atau dimanapun stadionnya di kota-kota di tanah air.
Tips : dilarang bawa air minum/snack/makanan dalam bentuk apapun ke dalam stadion. Karena mereka menjual minuman & snack di dalam. Tapi saya tidak beli karena pilihannya hanya beer & soft drink. Bawa kamera boleh.



                                                                                  *** 

2 komentar:

  1. Hi Vivi

    Memang seronok sekali bila dapat menonton bola sepak secara live! Hidup!

    BalasHapus
  2. @ Mrs. Zie : yuupp!! pengalaman yang luarrr biasaa memang, aura nya berbeda dengan menonton di televisi :)

    BalasHapus