Rabu, 03 Juli 2013

Jalan-jalan di Madrid (part 1) : Barajas Aiport, Santiago Bernabeu, Plaza de Cibeles, Plaza de Torro

JALAN-JALAN DI MADRID (Part 1)

• ARRIVAL @ MADRID BARAJAS INTERNATIONAL AIRPORT
  • ESTADIO SANTIAGO BERNABEU
  • PLAZA DE CIBELES (CIBELES FOUNTAIN)
  • PLAZA DE TORRO (BULLFIGHTING)

TERMINAL 4 ARRIVAL : MADRID BARAJAS AIRPORT

Tiba di Terminal 4 Madrid Barajas Airport, kami segera antri bagasi. Interior airport ini cukup unik & bikin saya mengeluarkan kamera hp & memfotonya. Bagian atas didominasi tiang-tiang raksasa yang bersilangan berwarna kuning. Model atapnya bergelombang berwarna cokelat muda, motifnya seperti anyaman rotan selang seling dengan kaca-kaca berbentuk bulat.

Barajas International Airport, Madrid
Keluar dari bagian bagasi, kami keluar pintu kedatangan mencari-cari penjual sim card lokal untuk kami gunakan selama di Madrid. Kami menemukannya, tetapi harganya benar-benar bikin sesak nafas. Bagaimana tidak ? untuk paket nomor & pulsa, paling murah (bila dinominalkan ke rupiah) seharga Rp 750.000,-boooo.. tentu saja hal tsb membuat kami berdua langsung ngacir wkwkwk..pantas saja bule yang sebelumnya bertanya-tanya sama si mbak penjual juga cepat-cepat ngacir.
Karena kami tidak melihat ada penjual sim card yang lain, maka kami putuskan mencari angkutan menuju ke hotel kami. Ada beberapa alternatif yang sempat kami pikirkan seperti taxi, bus, metro or aerocity.
Pilihan kami jatuh pada aerocity, mengingat kami membawa 2 buah koper & capek sehabis terbang selama kurang lebih 16 jam (belum termasuk transit) maka pilihan bus/metro sepertinya kurang nyaman & aman.  Kalau taxi karena kami belum tahu rute nya akan sejauh apa, takut kalau mahal boo wkwk..

Aerocity (www.aerocity.com)

Ini adalah alternatif transportasi dari airport menuju ke kota yang cukup nyaman & aman. Berbentuk minivan (type layanan shared) yang melayani pengantaran hingga ke hotel, bisa pesan online atau langsung di konternya di terminal 1 (T1), T2, T4.
konter aerocity (kedua dari kiri)
Letak konternya : keluar dari pintu kedatangan, belok ke kanan trus jalan lurus saja. Di ujung ada beberapa konter, salah satu nya konter aerocity (no 2 dari kiri).
Setelah bertanya ke petugas kami diberitahu bahwa untuk menuju ke hotel kami di Las Ventas, biaya yg dikenakan sebesar 22 € untuk berdua, masing-masing €11 & kami menunggu kurang lebih 20 menit sebelum dijemput oleh pak sopir yang berjas rapi & keren dengan kacamata hitamnya >.<  (baru tahu ternyata semua sopir disini keren2)
Waktu tempuh dari airport ke hotel kami sekitar 20 menit dengan melewati pemandangan bukit-bukit & gunung di kejauhan yang puncaknya masih ditutupi salju (agak heran mengingat sudah bulan Mei yang masuk kategori summer).

Well, pelajaran berharga yang kami dapat : jangan pernah lupa cek suhu kota yang hendak Anda kunjungi ! (accuweather.com) karena kami ke pede-an kalau sekarang sudah masuk musim semi, yang suhunya berkisar 20 derajat naik maka kami santai abis tidak pakai peralatan perang yang memadai. Suhu di airport (yang ada penghangatnya) sama sekali tidak dingin, tetapi begitu keluar angin kencang menerpa ditambah udara yang cukup bikin merinding manusia seperti saya yang tidak memakai sepatu, tidak pakai syal apalagi jaket tebal. Saya Cuma pakai jaket kain biasa, sandal & kaos kaki (untungnya nda cuma sandal aja).
Tengak tengok dijalan ada info suhu udara di perempatan jalan : 5 derajat ! (*mata melotot)
petunjuk suhu udara 5 derajat
Setelah sampai di hotel, sopir yang baik mengantar kami masuk hotel serta membantu mengangkatkan koper. Jangan lupa beri tips untuk layanan sopir. Bukan Cuma tips untuk sopir tapi juga tips bila ke restoran & jasa yang lain.
Kami menginap di hotel Ibis Centro Las Ventas. Hotel yang dekat sekali dengan Plaza de Torro (tempat diadakannya pertunjukan bullfighting). Review tentang hotel ini selanjutnya dapat dibaca disini.

ESTADIO SANTIAGO BERNABEU

Cara kesini : naik metro turun di stasiun Santiago Bernabeu.

Inilah markas klub sepakbola Real Madrid. Stadion ini sangat luas dengan warna abu-abu mendominasi. Ada restoran & juga toko resminya (jual kaos-kaos tim real madrid yang asli). Saya kesini setelah meletakkan koper di hotel, menemani suami yang ngebet banget hunting tiket pertunjukan final copa del rey (real madrid vs atletico madid, rekan satu kotanya) yang main esok malam. Akhirnya setelah mandi & memakai pakaian rangkap 3 + jaket saya keluar menemani nya naik metro (yang syukurnya deket banget dengan hotel). Kami berhasil  mendapatkan tiket nya (suami saya tampak bahagia sekali, sepertinya impian semua pria untuk menonton pertandingan live di stadion ini). Setelah beberapa kali foto narsis, kami pun kembali naik metro. Kali ini menuju ke Plaza de Cibeles (karena jaraknya dekat & searah bila naik metro).
Ticket Office (konter penjualan tiket pertandingan)
Adidas Store

Cara membeli tiket pertandingan langsung di stadion : carilah box office nomor 44, serong kanan dari depan stadion yang ada tulisannya Stadion Bernabeu, berada di tower A. Jam buka pk 15.00-20.30 Tiket counternya dijaga oleh petugas polisi, masuknya bergantian. Sewaktu kami masuk (bertanya & membeli), kami keluar sekitar pk 19.00 dan pintu masuknya telah ditutup (tidak jelas apakah tiketnya sudah habis atau memang jam 19.00 sudah tutup).

Bagi yang mau ikut tour keliling stadion :

Jam Buka : senin-sabtu pk 10.00-19.00. minggu/hari besar : 10.30-18.30 (tutup 25 des & 1 jan)

Tel : 91 398 43 70

Ticket Sales : Window 10, Paseo de la Castellana (next to gate 7),

Harga sekitar €19 (adult/dewasa), €13 (chd/anak)

Reservasi dengan email : tour@corp.realmadrid.com atau www.realmadrid.com/tour

Selama ikut tour ini kita akan diajak melihat:

1. Panoramic view dari Stadion

2. Best Club ever room

3. Tribute Hall To Alfredo Di Stefano & Trophy Room

4. The Pitch (lapangan)

5. The Presidential Box

6. Changing Rooms (Ruang ganti pemain)

7. Players Tunnel, Benches & Coaching Area

8. Press Room

9. Store (dapat dics 5% kalau pakai madrid card)

PLAZA DE CIBELES
Cara kesini : naik metro turun di stasiun banco de espana (line2)

Nama Cibeles konon berasal dari kata Cybele, dewi kesuburan Yunani. Patung sang dewi menunggang kereta yang ditarik 2 ekor singa menghiasi bagian tengah air mancur. Patung ini berada di tengah-tengah jalan yang super sibuk dengan dikelilingi gedung-gedung yang megah di ke empat sisinya. Salah satunya Palacio de las Comunicaciones yang sekarang menjadi Madrid City Hall.

Sewaktu saya kesini, di sekeliling patung ini sedang ada perbaikan, jadi fotonya gga bisa cantik deh.

Plaza de Cibeles (kiri)
Sehabis dari Plaza de Cibeles, kami balik lagi naik metro menuju hotel. Rencananya kami mau mengunjungi Plaza de Torro, tempat adu banteng (bullfighting) yang ada di dekat hotel kami.

Plaza de Torro

Terletak di distrik Las Ventas (begitu keluar dari metro, kita sudah berada di halaman plaza ini). Plaza de Torro adalah salah satu tempat yang terkenal sebagai tempat bullfighting di Madrid. Mampu menampung hingga 25.000 orang penonton. Wajar jika tempat ini pernah dijadikan sebagai tempat dilaksanakannya olimpiade & juga konser musisi-musisi terkenal dunia.

Sewaktu menjelajah  disini, ada informasi jelas kapan jadwal diadakannya pertandingan bullfighting, lengkap dengan nama matador nya (senior/junior) dengan harga yang berbeda-beda tiap pertunjukan (tidak jelas apa yang membuat harga nya mahal/tidak). Walaupun kami berada di dekat plaza de Torro selama 5 malam, tidak ada niat untuk menonton pertandingan ini, mungkin karena tidak tega dengan banteng yang akan dibantai sampai berdarah-darah atau tidak tega dengan matador nya yang hampir kena tanduk banteng terus. Atraksi ini masih diperbolehkan di Madrid, sementara di Barcelona sudah dilarang.
Sekian dulu jalan-jalan hari pertama. Kami mau tidur lebih awal karena kurang tidur selama di pesawat, walaupun sisi positif nya kami mengantuk di jam yang sesuai waktu untuk tidur di Spanyol (entah benar atau tidak ya? hehe..)

Note : selama di Madrid selisih waktu dengan WIB (Indonesia) adalah 5 jam lebih lambat di Madrid karena masuk bulan Mei (day light saving GMT+2). Tetapi matahari mulai terbenam sekitar pukul 9 malam, jadi terang(sinar matahari) lebih banyak dalam sehari dibandingkan gelap pada malam hari nya. Menguntungkan dari sisi turis -> bisa jalan sampe puas karena hari masih terang, tidak takut kemalaman karena kondisi kurang aman kalau gelap (*diri sendiri yang bilang)

Di dekat hotel kami ada gerai vodafone (SIM Card lokal), kami sempatkan membeli keesokan paginya. Harga untuk turis 14 Euro (included 5 euro pulsa di dalamnya, lengkap dengan paket internet yang bisa digunakan untuk Blackberry-nan). Di Spain tidak ada paket BB, yang ada paket internet.
Vodafone (SIM Card)

***

15 komentar:

1. Salam Perkenalan Vivi

Aduhhh...bagus sekali entrynya ini!Informasi yang banyak membantu jk mahu berpergian ke Madrid!

Balasan
    1. @ Mrs. Zie : salam perkenalan Mrs Zie :)
      Terima kasih atas apresiasinya, senang sekali bisa membantu orang-orang yang ingin pergi ke Spain secara independent :)

2. wow.. informasi yg sangat membantu ka' ^_^
    rencana nya saya mau travelling ke madrid+paris. masih lama banget sih.. mungkin 4-5 taun lagi. tpi gapapa kan, ngumpulin money dulu, hehe :D
    jadi boleh ngga ka' saya nanya2 ttg bgaimana prjalanan ke sana, kbiasaan org2nya, estimasi biaya, transportasi, hotel dsb..
    oiya salam kenal juga ya ka' ,thanks :)

1. Salam kenal juga Pak Luthfi,
      Silahkan bertanya bila ada yang kurang jelas, selama saya bisa menjawab pasti saya bantu :)
      Untuk perjalanan saya ke Spain sudah saya tulis lengkap di blog ini termasuk transportasi & hotel nya. Semoga membantu & sukses untuk rencana travellingnya :)

Hapus
    2. Akhir 2019 aja bro barang kali bisa join bro, soalnya saya mau kesana sendiri pusing juga haha 😂

3. haha.. ok ka'
    yg jadi poin penting buat saya estimasi biaya nya ka', kira2 berapa biaya minimal buat jalan2 ke sana ya. biaya minimal selain tiket pesawat, eg. hotel/hostel, makan, biaya transportasi kota, asuransi, pngurusan visa schengen, trus biaya tak trduga dsb...
    oh ya biar komunikasinya enak lewat email aja gimana ka', bisa ? ini email saya skyline.iffaisal@gmail.com
    makasih sbelumnya, maaf ngerepotin :)

1. dear Pak Luthfi,

Biaya semua bisa dihitung koq, tergantung mau di hotel bintang berapa/di hostel lbh hemat, makan juga bisa dihemat bila membeli bahan makanan di supermarket lokal contoh untuk mie instan dlm gelas harganya sekitar 1 euro.
      Transportasi bila menggunakan madrid card bisa di cek di blog ini (Transportasi Turis di Spanyol). Asuransi bisa pilih AXA, AIG, ACE, ACA atau asuransi lain sepanjang mencakup minimal pertanggungan yg disyaratkan oleh kedutaan Spanyol.
      Pengurusan Visa bisa lewat travel agent/kedutaan langsung, harganya terkadang ada perubahan, bisa dicek langsung waktu mau apply yah.. :)

Hapus
  4. oke kak, makasih infonya :)
    by the way, ada satu pertanyaan lagi ka.
    kaka tau ga transportasi yg paling murah buat jalan2 keliling negara2 Eropa ? kalo bisa sih transportasi darat. soalnya kemungkinan nanti saya solo travel, atau stidaknya berdua sama temen. kalo ada saran mohon info nya ya :)
    makasih lgi sebelumnya. oh ya saya masih remaja di bawah 20 tahun ka, bukan bapak2 :'D

Balasan
    1. Wah sorry baru lihat ada balasan ini dik Luthfi :D.. maaf ya saya panggil Pak sebelumnya.. :)

Hapus
  5. Mba Vivi..sy da rencana mo k madrid dr paris..apa transport yg paling Oke..trs dr Airport Barajas k city jauh kah? Ni suamiku mo nonton real madrid..boleh email sy mba.. fannyhadipurnama28@gmail.com

Balasan
    1. Dear Mba Fanny, jauh dekatnya Airport ke city bergantung Mba nginap dimana, kalau saya waktu itu di Ibis Centro Las Ventas, pakai aerocity dari bandara perjalanannya tidak begitu jauh, kurang dari 1 jam sudah sampai hotel. Di dekat hotel Ibis ini ada stasiun metro yang bisa mengantar ke Stadion Bernabeu dengan cepat. Hotel ini juga tergolong budget untuk ukuran Eropa. Semoga membantu :)

Hapus
    2. Untuk jalan jalan di Madrid pakai metro berkisar harga berapa ya sekali jalan? Karena saya sepertinya tidak sampai seharian di Madrid. Agak sayang kalau beli Madrid tour bus one day ticket seharga 21 euro per org. Hehehe

6. Kak mau nanya emang kalo ke madrid harus punya minimal tabungan 50jt buat untuk bikin visanya ? :(

BalasHapus
  7. dear Dea, untuk minimal tabungan ada di persyaratan Visa Schengen yang pernah saya posting sebelumnya, bisa open http://www.ayukjalanjalan.com/2013/03/syarat-syarat-visa-schengen-spanyol.html disana tertulis minimal 577,26 Euro/orang (th 2012), bisa dilihat diwebsite kedutaan untuk lebih update. Semoga membantu :)

8. Kak izin bertanya, kalo misal transit 7 jam di brajas airport butuh visa ga? Aku stay di bandara aja