Rabu, 24 Juli 2013

Transportasi Keliling Kota di Spanyol



TRANSPORTASI KELILING KOTA DI SPANYOL

Sebagai turis, untuk berkeliling kota & mengunjungi objek wisata, menggunakan transportasi umum tentunya menjadi salah satu pilihan yang tepat. Nah di Spanyol terutama di Madrid & Barcelona menurut saya ada 3 (tiga) alternatif transportasi untuk turis keliling kota yang sangat mudah dijangkau, harga cukup murah (untuk ukuran Eropa) juga nyaman tentunya. 

Bus Hon on Hop Off 
Bagi yang mau mengelilingi kota sekaligus dalam sehari, ada bus yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi para turis, yaitu bus hop on hop off.
Harganya relatif terjangkau. Untuk bus hop on hop off Madrid misalnya. Harga untuk dewasa 21 € (berlaku 1 hari), dan 25€ (berlaku 2 hari). Harga remaja (7-15th) & senior citizen(65th) 9€ (sehari), 12€ (2 hari), harga family (dua orangtua & 2 anak) 52€, harga untuk anak-anak usia dibawah 6 thn free/gratis. Naik bus ini dapat free tapa (makanan khas spain).Di dalam bus dilengkapi audio guide dalam bermacam-macam bahasa. Supaya puas naiklah bus ini sampai selesai mengelilingi kota, sesudah itu baru turun di tempat yang ingin dituju keesokan harinya. Tiket bus ini dapat dibeli online atau di kantor informasi turis yang berlogo i (huruf miring & dilingkari) yang ada di pusat kota seperti di Plaza Mayor (Madrid) atau di stasiun-stasiun besar.
High season period (maret-oktober) beroperasi mulai jam 9 pagi sampai 10.00 malam
Low season period (november-februari) beroperasi mulai jam 10 pagi sampai 18.00 sore.
Untuk informasi lengkap nya dapat dibaca di www.madridcitytour.es dan www.esmadrid.com
 
Madrid Card dan Barcelona Card 
Dapat dibeli di pusat informasi turis (co.Plaza Mayor di Madrid) & di stasiun-stasiun dalam kota (co.Stasiun metro Sol Madrid, airport T2 dan T4, pintu kedatangan didepan pintu masuk Metro Airport Station setiap hari jam 7.00-22.00) atau beli online di www.madridcard.com atau di www.barcelona-card.com  (dapat diskon jika beli online). Dengan membeli Madrid Card Anda dapat masuk ke lebih dari 50 museum seperti museum del Prado, Reina Sofia Museum, Thyssen-Bornemisza Museum, dan lain-lain termasuk Palacio Real (Istana Raja). Kartu ajaib ini juga berlaku untuk ikut tour Real Madrid, Official guided tour, cable car, bullring guided tour. Dan dapat diskon up to 30% di restoran, toko-toko, bermacam pertunjukan yang bekerjasama. Gratis Tapa.  Sedangkan Barcelona Card dapat digunakan untuk mengunjungi lebih dari 20 tempat wisata/atraksi utama seperti Chocolate Museum & Parc Guell, naik transportasi gratis (metro, bus, trem, Rodalies zona 1 termasuk dari dan ke bandara). Juga dapat diskon di toko-toko, restoran, museum dan masih banyak tempat lagi yang bekerjasama di Barcelona.
Harga Madrid Card : untuk sehari 44€, 54€ (2hari), 64€ (3hari), 74€ (120 jam). Untuk anak-anak (6-12 thn) 29€ (1 hari), 36€ (2hari), 39€ (3hari), 45€ (120 jam).
Harga Barcelona Card :  € 37(2hari),  47€ (3 hari), 56 € (4hari),  62€(5hari). Untuk anak-anak 26€ (2hari),  31€(3hari), 33€(4hari), 40€ (5hari).












Madrid Tourist Ticket & Hola BCN ! (untuk Barcelona) 

Madrid Tourist Ticket (kiri); Hola BCN ! (kanan)
Sama seperti membeli Madrid Card, dapat dibeli di pusat informasi turis & di stasiun-stasiun besar di dalam kota. Kartu ini dapat dipergunakan untuk menaiki transportasi umum seperti Metro (underground), Autobuses Urbanos (urban buses), Interurban buses, Suburban train, & light rail. Dibagi menjadi 2 zona, zona A dan zona T.
Zona A : metro, bus kota, kereta Renfe zona pinggiran kota, light rail ML 1.
Zona T : metro, bus kota, kereta Renfe zona pinggiran kota, bus antarkota reguler, light rail ML 2, dan ML 3 dan Parla Tramway.
Harga Zona A : 8. 40€ (sehari), 14.20 €(2hari), 18.40€(3hari), 26.80€(5hari), 35.40€(7hari)
Harga Zona T : 17€(sehari), 28.40€ (2hari), 35.40€ (3hari), 50.80€ (5hari), 70.80€ (7 hari)
Untuk harga Hola BCN : 13.40€ (2hari), 19.20€ (3hari), 24.40€ (4 hari), 29 €(5hari), bonus peta metro dan bus.
*Semua harga diatas valid pada waktu saya bepergian ke Spanyol bulan Mei 2013.
Khusus untuk Hola BCN ketika saya tiba di stasiun Barcelona Sants, untuk membeli Hola Barcelona hanya bisa lewat mesin yang ada di stasiun metro (turun 1 lantai tepat di belakang konter informasi turis), ikuti petunjuk di mesin (pilih 2,3, 4, or 5 days) kemudian bayar dengan Card atau cash. Dapat juga dibeli online di www.tmb.catatau di Tourist offices di stasiun Catalunya, Jaume I, stasiun Sants Estacio, stasiun Drassanes, airport T1 dan T2, atau di konter informasi turis di dalam kota.


                                                                               ***



3 komentar:

  1. Informasi yang superb! Banyak membantu saya dalam merencanakan acara berwisata ke Spain! Thanks for sharing!

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Mrs Zie : Terima kasih kembali, senang sekali bisa membantu Anda :)

      Hapus
  2. Thanks buat infonya..

    BalasHapus