Rabu, 24 Juli 2013

HOLA Barcelona !



JALAN-JALAN HARI KE - 1
 BARCELONA SANTS-ACTA ANTIBES HOTEL

Pagi hari kami menuju ke Stasiun Atocha Madrid untuk melanjutkan perjalanan kami ke Barcelona dengan kereta Renfe. Seperti hari sebelumnya kami ke Toledo melalui stasiun Atocha ini, kami jadi lebih hafal lika liku stasiun Atocha yang luas & super sibuk ini. Perbedaannya terletak pada letak gate untuk menuju ke Barcelona yang berbeda dengan gate menuju ke Toledo. Tapi jangan kuatir, ada TV layar besar yang menunjukkan dengan jelas Gate mana yang harus kita tuju untuk menunggu Renfe ke Barcelona. Kalau masih gga tau, coba tanya petugas deh :)
 
Note : seperti layaknya di airport, keberangkatan antar kota di stasiun Atocha juga dengan pemeriksaan bagasi & tiket setiap penumpang. Untuk pembelian tiket secara online, Anda tetap harus membawa print tiket yang ada barcode nya. Nah barcode tersebut yang akan dipindai oleh petugas.
Untuk pembelian tiket renfe secara online dapat mengikuti petunjuk seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya disini.
Stasiun Atocha

Suasana di dalam kereta Renfe
Kereta kami berangkat jam 11.30 siang, sampai di stasiun Barcelona Sants jam 14.40 (3 jam 10 menit perjalanan). Harga yang kami dapat sewaktu booking online 45,90€ /orang. Setelah sampai di stasiun Barcelona Sants kami mencari-cari letak tourist information, letaknya di dekat pintu kedatangan, kanan jalan. Mudah terlihat karena ada logo nya. Oleh petugas yang jaga kami dijelaskan (dlm bahasa inggris) bahwa untuk membeli tiket metro (Hola BCN) kami harus turun 1 lantai (di belakang nya persis) & mencari mesin penjual tiket metro Hola  BCN. Untuk detail harga-harga nya bisa baca di tulisan saya sebelumnya disini.Petugas juga memberi kami peta metro & peta bus dalam kota gratis.Setelah urusan pembelian kartu sakti Hola BCN kelar, kami menimbang-nimbang mau naik apa ke hotel. Secara kami bawa 2 buah koper yg cukup besar & belum tahu ancer-ancer yg tepat menuju hotel, maka kami putuskan naik taksi yang ada di luar pintu kedatangan.

Note :
untuk mencari taksi, anda tinggal keluar di pintu kedatangan, menyebrang sebentar & antri. Taksi akan mendatangi satu persatu penumpangnya sesuai urutan. Jangan kawatir, taksi disini aman & nyaman, memakai argo & ada GPS nya, jadi tidak tersasar.
Bila anda merasa belum siap dengan perlengkapan ‘perang’, sebaiknya naik taksi supaya aman. Karena di Spain terkenal juga dengan copet nya yang canggih-canggih & sering beraksi di metro/keramaian. Supaya aman & dapat pengawasan maksimal bila naik metro, usahakan jangan membawa banyak barang/tas, karena akan memecah konsentrasi anda. Bila naik metro, usahakan dapat tempat duduk & bila terpaksa berdiri, jangan berpegangan di tiang yang berada di tengah-tengah jalan, karena lebih riskan dicopet dari berbagai sudut. Usahakan menyimpan kartu sakti (hola BCN) di dalam tas yg mudah dijangkau. Jangan membuka-buka dompet/tas yang akan memberitahu pencopet letak dompet/tempat uang anda. Sewaktu di Spain kami uda menyiapkan dompet yang menempel di badan tempat menyimpan barang berharga seperti paspor, kartu kredit & uang. Untuk tempat pembelian & bentuk nya bisa dilihat di sini.

Sesampai di hotel kami di Acta Antibes (reviewnya bisa dibaca disini) yang letaknya ternyata tidak begitu jauh dari stasiun kereta, kami segera hunting mencari supermarket disekitar hotel untuk membeli persediaan selama di Barcelona (beberapa botol air minum, buah pisang, bubur/snack,susu,mie instan), letak supermarket (disana dibaca Supermercat) cukup dekat -> detailnya bisa dibaca di review tentang hotel ini. Dan tentu saja kami mencari tempat makan secara di kereta tidak dapat makan siang, jadi kami kelaparan wkwkwk.. Di dekat hotel kami ada beberapa cafe menjual makanan china or makanan lokal (seafood), kami mampir di salah satu cafe & memesan menu Cocos rasanya agak aneh, ikan tanpa tulang digoreng dengan tepung, disajikan dengan garam & irisan jeruk. Sampai dihotel cepat-cepat masak mie instan yg tadi dibeli hahaha.. Untung mie instan yang kami beli (merk sama dengan yg kami beli di OpenCor Madrid) rasanya cocok dengan lidah tanah air kami. Besok-besok bakal beli mie instan ini terus kalau kelaparan & tidak dapat makanan yg cocok.... ini fotonya saya lampirkan so kalau ada yg ingin kesana & kurang cocok dengan makanan lokal, bisa mencari nya di supermercat di sini. Mudah ditemukan karena selama kami ke 2 kota selalu melihat mie instan ini dipajang di rak-rak supermarket.
Cocos Menu
Bubur instan (kiri) & mie instan favorit (kanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar