Sabtu, 27 Juli 2013

Tax Refund di Barcelona



CARA MENGURUS TAX REFUND DI BARCELONA


Ketika kita berbelanja di toko-toko/gerai/butik/department store di kota-kota besar di Spanyol, terkadang kita diberitahu oleh petugas kasir bahwa pembayaran yang dilakukan akan mendapat potongan pajak (tax refund). Bila petugas tidak memberitahu tentang hal ini, Anda boleh bertanya supaya lebih jelas, lumayan dapat menghemat pengeluaran belanja kan ?

Dalam tulisan ini saya akan berbagi pengalaman sewaktu mengurus tax refund di Barcelona. Dalam hal ini saya diberitahu oleh petugas kasir supaya mengisi formulir yang diberinya, kemudian  memberikannya di kantor Global Blue di plaza Catalunya.

Note : Global Blue Tax Free Shopping service melayani tax refund di lebih dari 270.000 toko-toko di dunia. Jadi kita bisa membeli barang dengan pengurangan pajak yang biasanya sudah termasuk di dalam harga barang. Global Blue ini menurut selebaran yang saya baca, ada di Spain, China, France, Japan, Rusia, UK, Italy, Belanda, Jerman, Portugal.

Tempat mengklaim tax refund : di plaza catalunya, ada tangga ke bawah di dekat plaza ini, letak tepatnya dekat gerai bus hop on hop off jalan kaki sedikit dari gerai. Tanyalah petugas di gerai bus hop on hop off tersebut supaya lebih jelas.

Syarat-syarat yang tercantum di pengumuman di depan pintu masuk kantor Global Blue :

Isi formulir Global Blue Tax Free ;

Siapkan nota pembelian barang anda yang dapat tax refund beserta barang yang anda beli;

Siapkan paspor anda;

Siapkan kartu kredit berlogo Visa atau Mastercard (logo yang lain tidak diterima) dengan masa berlaku lebih dari 4 bulan, jangan sampai expired;

Periode membeli barang & pengurusan tax refund tidak lebih dari 10 (sepuluh) hari;

Formulir tax refund yang sudah divalidasi disini, harus segera dikirim lewat pos yang ada di airport ke Global Blue. Kartu kredit anda akan di charge kembali jika Global Blue tidak menerima nya dalam waktu 21 hari.

Anda akan mendapat selebaran petunjuk letak mail box di airport.
suasana di dalam kantor Global Blue
Nah sewaktu mengurus validasi formulir yang kita isi, kita akan ditanya mau refund nya berbentuk cash (tunai) atau diberikan ke saldo Kartu Kredit kita. Waktu itu saya pilih cash (lumayan kan, buat bayar kebutuhan kita yg lain..)

Tugas selanjutnya setelah formulir divalidasi & uang sudah diterima :

Masukkan tax refund formulir tadi ke mail box warna kuning di airport setelah sebelumnya meminta stempel di kantor polisi yang ada di bandara. Petugas polisi akan bertanya & meminta anda menunjukkan barang yang dibeli sebelum akhirnya menstempel formulir anda.

Petunjuk letak mail box (bersebelahan dengan kantor polisi):  Bila masuk pintu kedatangan belok ke kiri ikuti petunjuk yang ada di airport.Departures floor dekat check in counter 200. Bila masih bingung, tanyalah petugas bandara. Beliau akan dengan senang hati membantu Anda.

Lakukan semua hal ini sebelum Anda check in di airport & melewati passport control.

Antrian untuk meminta stempel di kantor polisi bisa memakan waktu lama bila antrian panjang (dan biasanya selalu panjang), maka bila anda mau mengurus tax refund disarankan supaya berangkat ke airport lebih awal. Anda tentu tidak mau ketinggalan pesawat atau batal mendapatkan tax refund kan? J

Selamat mencoba ! :)



***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar