Sabtu, 27 Juli 2013

Jalan-jalan hari ke-2 di Barcelona



TUJUAN HARI INI :

TIBIDABO – MONESTIR DE SANTA MARIA DE PEDRALBES – PLAZA CATALUNYA



THE TEMPLE OF TIBIDABO

Informasi lengkap bisa browsing disini :



Tibidabo adalah titik tertinggi di Barcelona, jadi kalau kita kesana bisa melihat seluruh pemandangan kota Barcelona. Disana juga terdapat Gereja modern yang artistik, namanya Gereja Sacred Heart (Sagrat Cor) yang membuat perhatianku tersorot karena ada patung Tuhan Yesus diatasnya dalam ukuran yang besar sambil menengadahkan tangan, mirip yang ada di Rio de Janeiro, Brasil (Patung Tuhan Yesus Sang Penebus/Crist Redeemer Statue), juga ada Planetarium serta taman hiburan tertua di Spanyol.

Ketika saya tiba disana, memang benar pertama kali yang menjadi pusat perhatian saya adalah Gereja Sacred Heart yang begitu mempesona dengan designnya yang unik & patung Tuhan Yesus yang menengadahkan tanganNya berdiri di puncak Gereja. Patung ini dibuat oleh arsitek Enrique Sagnier (tahun 1858-1931). Didalam Gereja dibagi menjadi 2 area, lantai pertama & lantai atas (naik lewat tangga di sampingnya). Setelah menaiki tangga keatas, selain kapel di atas kita juga bisa melihat pemandangan kota Barcelona.
Lantai atas Gereja (tengah); bagian dalam kapel lantai atas (kanan)

bagian dalam Gereja ( 3 gambar dari kanan)
Sewaktu saya masuk Gereja di lantai pertama, ada yang menarik perhatian saya, maklum di tanah air belum ada (setahu saya lho...) kotak yang berisi lilin-lilin yang cahayanya dari lampu, yang bisa menyala ketika kita memasukkan sejumlah uang koin sesuai yang tertera di kotak. Lampu lilin akan berkedip-kedip & begitu selesai memasukkan sejumlah koin yang diminta, lampu lilin akan menyala semua. Hehe..benar-benar menyenangkan karena baru pertama kali ini saya melakukannya :)

Taman hiburan di Tibidabo
Funicular tampak luar (kiri); di dalam funicular (kanan)

Cara kesini : Naik metro Plaza Catalunya line U7 ke Av. Tibidabo, setelah itu naik bus/tram ke Tibidabo Hills. Bila anda datang saat weekend, bisa mencoba naik old tram, tapi bila hari biasa bisa naik bus. Saran saya pilihlah yang terlebih dahulu datang di halte tempat anda menunggu. Setelah naik bus anda akan tiba di stasin funicular, naik funicular ini biayanya 7,70€/orang untuk pulang pergi. Bila mau jalan kaki juga bisa, tapi dijamin lelah karena kontur jalan naik terus :)


MONESTIR DE SANTA MARIA DE PEDRALBES

Monestir yang dibangun abad ke 14 oleh Raja Jacob II untuk istrinya Queen Elisenda  de Montcada ini didedikasikan untuk Bunda Maria.  Kita dapat melihat Gereja & kapel,  biara dengan dining hall, dapur, taman dengan fountain, bagian-bagian ruangan yang lain &  juga makam dari Queen Elisenda.  Sewaktu saya kesana lepas dari Tibidabo, hari sudah sore & museum ditutup sebentar lagi, jadi kita tidak diperbolehkan masuk. Suami saya minta ijin untuk mengambil beberapa gambar saja di bagian dalam. Ini hasilnya :


Sewaktu kami kesini juga berbarengan dengan rombongan walking tour, jadi ada satu group turis yang dikomando oleh seorang guide lokal dalam bahasa Inggris. Walking tour juga sering saya temui di beberapa spot turis seperti di Parc Guell yang guide nya dalam bahasa Chinesse, bener-bener deh bahasanya bisa mirip banget sama bahasa Chinesse padahal wajahnya Spanyol bangett. Salut sama si guide ! J Bagi yang ingin join walking tour dapat mencari informasi dari pusat informasi turis (i) yang tersebar di beberapa spot di pusat kota. Ikut walking tour ini gratis lho, kita Cuma perlu memberi tips kepada guide selepas tour selesai (min 5€/orang).

Cara kesini : Dari stasiun metro Catalunya naik kereta L6 ke Reina Elisenda lanjut naik bus no 22.

Jam buka : pk 10.00-17.00 selasa-jumat, pk 10.00-19.00 sabtu, pk 10.00-20.00 minggu, holiday 10.00-14.00, senin closed.(selama musim panas april-sept), untuk winter pk 10.00-14.00 selasa-jumat, pl 10.00-17.00 (sabtu-minggu). Tutup setiap tgl 25 Desember, Jumat Agung, 1 Januari.

  
PLAZA CATALUNYA

Terletak di utara La Rambla, Plaza Catalunya merupakan alun-alun yang luas dengan beberapa patung di sudutnya. Pose patung – patung disini agak terbuka (ehmm..) ada pula air mancur & merpati banyak nongkrong disini. Saya berhasil menjepret foto salah satu patung yang dihinggapi merpati-merpati di bagian kepala & tangannya. Plaza ini bisa dibilang pusat kota Barcelona karena disini terletak tempat mangkal Aerobus yang menuju ke Bandara & juga titik awal bus turistic (bila anda mengikuti tour dengan bus ini). Di bawahnya juga ada stasiun metro Catalunya & kereta Rodalies. Bila mau mengurus tax refund, kantor nya juga ada di bawah sini, tapi dari pintu masuk yang lain dengan metro ya. Tanya lah pada petugas yang berjaga di sekitar alun-alun ini, jangan tanya pada orang asing di jalan (bukan nya tidak percaya, tapi untuk jaga-jaga dari copet & semacamnya, karena di alun-alun ini juga terkenal banyak copet nya, terbukti di kantor polisi yang ada di bawahnya, selalu ada beberapa rombongan turis yang kebingungan, gga jelas juga karena apa... tapi jadi was-was kan ? ) Untuk lebih jelas syarat-syarat tax refund di Barcelona bisa baca di blog ini juga. Saya ringkaskan khusus untuk Anda :)


Di sekitar plaza catalunya berjejer toko-toko barang ber merk (jadi ngiler pengen belanja hehe...) ada Desigual (merk favorit selama disini, barangnya bagus-baguss, harganya juga baguss..glekk), juga ada Department store terkenal disini El Corte Ingles (terkadang memberi diskon 10% pada para turis), juga ada Hard Rock Cafe (kami sering mampir untuk ke toilet wkwkwk...kerennn & bersih toilet nya) Hard rock cafe ini selalu ramai pengunjung & suasana nya heboh hehe..cocok buat muda-mudi deh, bisa pesan makan minum di cafe nya or belanja baju-baju di butik nya.

Setelah capek mengelilingi plaza & mampir di beberapa toko, kamipun beranjak pulang.

Cara kesini : Naik metro turun di stasiun Catalunya.





***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar