Sabtu, 27 Juli 2013

Jalan-jalan hari ke 3 Barcelona

MONTSERRAT - BARCELONA

Kunjungan ke Barcelona belum lengkap kalau ggak ke Montserrat kata orang-orang.  Jadi setelah hunting di mbah Google tentang tempat ini, kami pun memutuskan memasukkan agenda kesini dalam itinerary yang kami buat selama ke Spain. 
Montserrat terletak kuang lebih 45 kilometer dari Barcelona (barat laut). Apa yang special dari Montserrat ? well....pertama kali lihat gambar nya memang tak dapat dipungkiri Montserrat terletak di pegunungan yang banyak sekali bebatuan tinggi menjulang berbentuk gerigi & biaranya terletak di atas bukit berbatu berbentuk gerigi tersebut. Keren sekali bukan? Gga membayangkan kalau ada biara yang didirikan di tempat setinggi itu. Menurut mitos bentuk pegunungan yang bergerigi tersebut karena diukir oleh para malaikat dengan gergaji emas. Semua mitos itu semata-mata untuk menggambarkan betapa indahnya Montserrat dengan tebing-tebingnya yang terjal & curam.   
Setelah terkagum-kagum melihat gambar nya di mbah google, kami pun juga baru mengetahui alasan lain mengapa tempat ini patut dikunjungi. Secara kami orang Kristiani, mengetahui bahwa di tempat ini disimpan patung terkenal, Black Madonna atau Black Virgin. Konon patung Bunda Maria ini dibawa dari Jerusalem & diletakkan di tempat ini. Sewaktu biara akan dibangun, patung Bunda Maria tidak bisa dipindahkan dari tempatnya, maka para biarawan memutuskan untuk membangun biara diantaranya tanpa memaksa memindahkan patung Bunda Maria. Sedangkan warna hitam yang melekat di Patung Bunda Maria dikarenakan terbuat dari kayu & terkena asap dari lilin doa, & di kemudian hari di cat berwana hitam merata. Untuk menemui patung Bunda Maria, pengunjung dapat masuk lewat Chapel of Our Lady.
Pemandangan ketika naik Aeri Cable Car
Cara kesini : dari Barcelona dapat pulang pergi dalam satu hari. Naik kereta ke stasiun Plaza de Espanya. Setelah sampai cari espanya rail station di line R5. Disana tersedia loket khusus tujuan Montserrat. Pastikan Anda mau membeli tiket kereta+funicular aeri (kereta gantung) atau pilihan kedua : kereta+cremallera (funicular/kereta yang berjalan lurus naik keatas). Harga tiket kereta+cremallera 10€/orang/way ; kereta+aeri 19€/orang/way. Selisihnya lumayan, 9€  bila naik aeri (kereta gantung/cable car). Kereta berangkat setiap jam mulai jam 8.36 pagi (bulan Maret-Oktober) & dari Montserrat terakhir berangkat pukul 18.30 malam. Perjalanan dengan kereta selama kurang lebih 1 jam, dilanjutkan dengan AERI kurang lebih 7 menit sampai ke Montserrat.
Montserrat-biara yang didirikan di bukit berbatu
Tips : Jangan telat sampai di stasiun, karena kereta selalu berangkat tepat waktu, bila anda tiba saat kereta hampir berangkat (seperti saya) maka dipastikan anda tidak dapat tempat duduk & bakal berdiri selama 1 jam ke depan seperti saya hahaha.. (ke Pedean kalau kereta nya sepi), kalau tidak berangkat saat itu juga bakal nunggu lagi kereta berikutnya 1 jam ke depan. Gga banget kan ngaplo di stasiun selama 1 jam ? :D 
Yang perlu diperhatikan : Kalau naik cable car/aeri berhenti di stasiun montserrat AERI, bila naik kereta cremallera berhenti di Monistrol. 
Ingat jangan sampai terbalik ! karena beberapa turis ada yang salah & akibatnya fatal. (harus nunggu train ke perhentian selanjutnya Monistrol) yang estimasi nya bisa sampai 1 jam, sayang kan ?
apa saja yang bisa dilihat di Montserrat ? kalau mau tahu secara detail, setelah sampai carilah pusat informasi turis (dengan logo i dilingkari) disana dibagikan gratis selebaran peta lengkap apa saja yang dapat dikunjungi. 
-Ada museum, koleksinya beragam & banyak, termasuk lukisan. 

Gerbang depan Basilica (kiri) Samping Basilica (tengah) pengumuman di depan Basilica (kanan)
-Basilica, jika berada di Gereja ini pukul 13.00 siang kita dapat melihat paduan suara anak-anak dari Escolania. Terdiri dari 50 anak laki-laki usia 9-14 tahun yang berasal dari seluruh Catalonia. Selama 4 tahun mereka tinggal di Montserrat untuk belajar teori musik, instrumen, enssemble & menyanyi. Paduan berlangsung kurang lebih 15 menit (kurang lebih 3 lagu), lebih lama menunggu nya di dalam Gereja, supaya bisa dapat tempat duduk paling depan hehe.. Sayang kan kalau tidak bisa melihat dari jarak dekat paduan suara yang indah ini.. :)
Paduan Suara dari Escolania
Jadi satu gedung dengan Basilica juga ada kapel tempat menemui Black Madonna yang terletak di sebelah kanan (chapel) yang buka pukul 7.00-10.30 kemudian buka lagi jam 12.15-18.30. Saya kesini setelah selesai melihat pertunjukan paduan suara. Antri nya dijamin panjang, tapi berharga banget bisa menyentuh patung Bunda Maria (tangan yang memegang - bola dunia) sedangkan bagian lain tertutup kaca.

Pengumuman di depan kapel (kiri); antrian didalam kapel (tengah); Black Madonna (kanan)
Jam buka Basilica : pk. 7.30-19.30 (oktober-juni), 7.30-20.15 (juli-september). Setiap pukul 10.30-12.00 ditutup untuk umum karena ada kebaktian.
-Restaurant & Cafetaria juga ada disini.
Saya makan di La Cafetaria, dengan porsi jumbo yang kita pilih sendiri menunya (diambilkan oleh pramusaji dalam jumlah banyak) dengan harga yang cukup mahal bagi traveler ngirit seperti saya wkwkwk... (rata-rata 5€ - 7€/dapat 2 macam, co : kentang & sosis ukuran jumbo) & rasa yang belum dapat diterima dengan baik oleh lidah Jawa saya-> always cinta masakan Indonesia sampai saat ini & sepertinya selama-lamanya)
          kentang goreng & sosis jumbo plus buah potong (kiri); kentang goreng biasa +terong (kanan)
-Hotel Abat Cisneros,bintang 3. 
-Apartemen; 
-Shops, nah disini ada beberapa souvenir yang bisa dibeli untuk teman/saudara di tanah air. Ada rosario yang bentuknya indah (very recommended), carilah yang dipajang di etalase. Ada juga bermacam-macam cokelat, makanan, kalung, gelang, lilin, pajangan dinding, liontin, dll. Pokoknya lengkap deh. Kartu kredit diterima disini, dengan jumlah yang langsung dikonversikan ke rupiah -> dengan kurs yang lebih mahal dari yang saya beli sebelum berangkat, jadi saran saya bayar nya cash saja deh...rugi kalau bayar pakai CC. 
Bila masih ingin lanjut perjalanan bisa coba naik funicular de Sant Joan & funicular de la Santa Cova.
Berhubung saya lihat track nya yang lurus naik hampir 90 derajat (hampir kaga ada miringnya), nyali ini langsung ciut hehe.. bingung aja funicularnya kalau jatuh gimana, secara jalannya lurus keatas boo.. yang nyali nya tidak sekecil saya boleh coba deh.. J:)
Situs lengkap Montserrat : www.montserratvisita.com atau www.abadiamontserrat.cat

                                                                      ***

2 komentar:

  1. wah keren banget tulisannya, infonya juga lengkap, terimakasih ya mba, sangat bermanfaat

    mampir di blog travelling saya ya: zoera-tourtravel.blogspot.com

    thx in advance

    BalasHapus
    Balasan
    1. @zukri: terima kasih :)
      saya sudah mampir lho, blog Anda bagus juga.. sippp dehh ! semangat jalan2 yaa !

      Hapus