Sabtu, 27 Juli 2013

Jalan-jalan hari ke 4 Barcelona



KUNJUNGAN HARI INI :

SAGRADA FAMILIA-PARC GUELL-CASA MILA


LA SAGRADA FAMILIA (KATEDRAL KELUARGA KUDUS)
Katedral megah ini dibangun oleh arsitek kenamaan Antoni Gaudi, yang karya-karyanya sangat digemari oleh hampir seluruh turis yang bertandang ke negeri matador. Dibangun dari tahun 1882 &  belum selesai dibangun hingga sekarang. Ditargetkan selesai tahun 2041, Katedral ini dibangun hanya dengan uang tiket masuk dari para pengunjung yang datang.
Kalau sudah sampai di Barcelona, wajib hukumnya ya mengunjungi Katedral yang mewah & satu-satunya di Eropa yang tidak konvensional. Design interiornya sangat unik, seperti pohon-pohon tinggi menjulang, dihiasi kaca-kaca yang berwarna warni indah bila terpantul sinar matahari. Ada escalator untuk naik tower, juga ada ruangan bawah tanah yang menyimpan jasad sang Arsitek yang meninggal karena kecelakaan trem.

Tampak luar Katedral (kiri) & pintu depan (tengah) samping Katedral (kanan)
Di dalam Katedral
workshop (tengah & kanan)
Di samping bangunan utama Katedral ini juga terdapat ruang workshop, souvenir shop & museum yang memajang dari masa ke masa pembangunan gereja juga foto-foto sewaktu Paus Benedictus XVI mengadakan misa disini. Bagi yang mau melihat audiovisual nya (berlangsung selama 20 menit), perhatikan jam tayang dengan bahasa Inggris nya karena ada 3 bahasa – castellano (spain), inggris & perancis.
Jam buka katedral : 9.00-18.00 (oktober-maret); 9.00-20.00 (april-september); 25/26 des & 1/6 jan jam 9.00-14.00
Jam mulai audiovisual (bahasa Inggris) : mulai jam 9.50-18.50 (setiap 1 jam)
Harga tiket masuk : 13,5 (basilica), 18 (basilica & naik tower), 17 (basilica + house museum gaudi di Parc Guell), 18 (basilica + audioguide/guide)
Cara kesini : Naik metro turun di Stasiun Sagrada Familia.
Kebetulan sangat dekat dari hotel saya bila naik metro, tidak ada 5 menit sudah sampai J Antri masuk ke Katedral sangat panjang, tapi jangan kuatir, petugas nya sigap & ada banyak konter nya.
Nah setelah saya lepas dari sini saya mengunjungi Parc Guell & masuk ke rumah Gaudi yang sekarang dijadikan museum, tiket masuknya lebih murah 2 bila membeli di Sagrada Familia -> tiket masuk Katedral + tiket masuk Rumah Gaudi, yang hanya 17.
Note : jika ingin mengunjungi rumah Gaudi di Parc Guell dalam hari yang sama, disarankan beli tiket nya langsung disini, karena bisa menghemat 2/orang. Lumayan kan ? :)

Keluar dari Sagrada Familia kami lanjutkan dengan mencari makan siang. Selama di Barcelona kegemaran kami mencari makanan yang bisa dicerna oleh lidah kami hehe..yaitu KFC or Mc D or Burger King. Menu favorit di KFC tentu saja Street Box, isinya kentang goreng & ayam, cukup 2saja. Harga paling murah & masuk akal disini wkwkwk.. untuk air minum kami selalu bawa air kemasan dalam botol (2botol besar untuk kami berdua selama berjalan-jalan seharian) jadi hemat, karena kalau beli bisa 1,5-1,75 untuk botol ukuran sedang (600ml).
Yang mengherankan di KFC saya tidak melihat ada wastafel untuk cuci tangan (aneh bukan ? secara makan ayam lho..tanpa sendok/garpu, kan pakai tangan ?) juga tidak ada toilet. Jadi siap2 air minum buat cuci sstttt.....(lihat kiri kanan depan belakang) hehe.. kalau di Burger King ada toilet nya, jadi aman, mungkin karena harganya lebih mahal ?? i don’t know.. >.<
Setelah perkara makan selesai, kami lanjutkan perjalanan ke metro terdekat untuk menuju ke Parc Guell.
Street Box Menu - KFC

PARC GUELL
Awalnya tempat ini adalah perumahan elit yang di design oleh Antoni Gaudi untuk temannya yang menjadi pemilik tempat ini, Eusebio Guell. Oleh Guell akhirnya disumbangkan ke Dewan Kota untuk dikelola sebagai taman umum. Di tempat ini kita bisa melihat beberapa rumah design Antoni Gaudi yang sangat unik (yang menurut saya hanya ada di film-film bertema dunia peri),juga ada taman, jembatan dari batu alam yang bentuknya agak tidak lazim tapi sangat unik & area terbuka seperti replika pantai lengkap dengan pasir putihnya, dan beberapa area dekoratif lainnya. Rumah &bangunan disini identik dengan mozaik yang terbuat dari pecahan ubin yang berwarna warni, sangat unik tapi juga sangat indah. Didalam area ini ada rumah Antoni Gaudi yang sekarang menjadi museum.



Gaudi's House yang sekarang jadi museum
Beberapa perabot yang didesign sendiri oleh Gaudi
Tiket masuk taman : gratis.
Tiket masuk Museum Gaudi : 5,5 (dewasa), 4,5 (diatas 65 th), 4.5(siswa sekolah), 4.5 (11-18th), gratis(0-10th)
Cara kesini : naik metro turun di stasiun Lesseps, masih jalan kaki agak jauh (jalannya naik), bila mau mudah & nyaman seperti saya (pede), setelah membuka maps bus kota ditemukan bahwa : setelah naik metro turun di stasiun Joanic,  jalan sedikit, naik bus kecil yang muat sekitar 8 penumpang saja (namanya bus del Barri) nomor 116 La Salut. Hanya bus barri nomor 116 yang melewati Parc Guell, jadi kita bisa langsung berhenti di depan taman Parc Guell. Mudah, murah & nyaman sekali bukan ? banyak turis yang tidak mengetahui nya, jadi sepanjang jalan kami banyak melihat turis yang jalan kaki cukup jauh padahal kontur  jalan menanjak. Kalau saya bisa capek & menggos-menggos duluan deh, sampe taman alhasil penuh keringat hehe..(ketara kalau malas olahraga wkwkk..), pulangnya pakai rute yang  sama, nunggu di perhentian bus barri tadi (ada papan kecil di pinggir jalan) & sekitar 10 menit menunggu, bus akan datang.
Kami naik & turun di metro terdekat untuk melanjutkan perjalanan kami ke Casa Mila.

CASA MILA (LA PEDRERA)
Gedung apartemen ini karya Antoni Gaudi (lagi-lagi karya yang unik, memberi ciri khas & kontribusi bagi arsitektur Barcelona),yang dibuat terakhir kalinya sebelum beliau mendedikasikan hidupnya untuk pembangunan Katedral Sagrada Familia. Nama Mila diambil dari nama keluarga yang mendiami apartemen di Lantai 1. Gedung ini bentuknya unik dengan design bergelombang berwarna putih & lantai paling atasnya dijadikan museum El Espai Gaudi yang menampilkan contoh karya-karya Gaudi. Nah pengunjung bisa naik ke atap gedung & melihat cerobong-cerobong (sebagai cerobong perapian) yang bentuknya agak aneh.

Casa Mila
Jam buka : 9.00-20.00 (maret-oktober); 9.00-18.30 (november-februari), tutup tiap tgl 25 dan 26 Des, 1 & 6 Jan.
Tiket masuk : sekitar 14. Karena mahal & antri nya yang panjang, saya tidak jadi masuk hehe..cukup foto dari luar saja deh...
Cara kesini : naik metro turun di stasiun Diagonal.

Nah selesai dari tempat ini, hari sudah malam walaupun langit di Barcelona masih terang, kami putuskan mancari makan malam direstoran cepat saji terdekat, kemudian pulang ke hotel sambil mampir dulu ke supermercat (tiap hari hobby belanja ya?) mencari pisang & susu dalam kemasan.
Tips : buah pisang bagus buat pejalan kaki seperti kita lho ! selain bisa mengganjal perut sewaktu lapar dijalan, juga mudah & tidak berat membawanya kan ? ternyata turis bule yang kami temui rata-rata juga membawa pisang... :)


***







2 komentar:

  1. mbak nginep dimana di barcelona?
    Makasih,
    Rudy - Jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rudy, saya menginap di hotel Acta Antibes, review tentang hotel ini ada di blog ini juga, My Post : Akomodasi :)

      Hapus