Rabu, 31 Juli 2013

Jalan-jalan hari ke 5 di Barcelona

KUNJUNGAN HARI INI :
CASTELL DE MONTJUIC-MIRADOR DE COLOM- PORT VELL-CATHEDRAL DE BARCELONA-BARRI GOTIC-PLAZA CATALUNYA MENGURUS TAX REFUND-PLAZA DE ESPANYA-MNAC


CASTELL DE MONTJUIC
Kastil ini berada di puncak bukit namanya Parc de Montjuic & dari kastil ini kita bisa melihat pemandangan kota Barcelona, terutama dermaga nya. Kastil ini dibuat untuk pertahanan kota jaman dahulu, sehingga juga ada meriam di beberapa sudutnya. Beberapa ruangan di kastil sekarang dirombak menjadi restoran. Jadi seru kan melihat restoran yang design nya bekas ruangan istana jaman dahulu :)
Untuk mengelilingi kastil dibutuhkan waktu tidak lama karena kastil ini tidak luas & memang kastil ini tidak secantik & seluas kastil di Real Palace Madrid, hanya letak nya yang berada di ketinggian & fungsinya sebagai benteng pertahanan yang memberikan nuansa berbeda dari kastil-kastil yang lain.

pemandangan ketika naik funicular (kiri) castell tampak luar (kanan)
di depan gerbang castell (kiri) salah satu meriam di sudut castell (kanan)
pemandangan dermaga dari atas Montjuic (kiri) restoran di salah satu ruangan castell (kanan)
Cara kesini : Naik metro turun di stasiun Paralel, lalu lanjut naik cable car/funicular sampai teleferic de Montjuic.
Jam buka cable car : pk. 10.00-19.00 (maret-mei, oktober) pk 10.00-21.00 (juni-september)10.00-18.00(jan-feb, nov-des).
Harga tiket cable car : dewasa sekali jalan (one way) 7,30, anak-anak 5,50. Dewasa (round trip/pulang pergi) 10,30€ ; anak-anak 7,40€

MIRADOR DE COLOM
Cara kesini : naik kereta turun di stasiun Drassanes.
Monumen setinggi 60 meter ini dipuncaknya berdiri patung Christopher Columbus yang menginjakkan kakinya di Spanyol setelah menemukan benua Amerika. Tangan Patung Christopher ini menunjuk ke benua Amerika (dunia Baru). Dibawah monumen ada ruangan bawah tanah yang dijadikan konter informasi turis & toko. Bila anda mau membeli tiket bus turistic juga ada disini lengkap dengan tiket untuk naik ke atas monumen. Diatas monumen kita bisa melihat La Rambla, Montjuic juga Port Vell.
Mirador de Colon - Columbus nya pakai baju FC Barcelona
PORT VELL
Setelah melewati Mirador de Colom, kami melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki  ke dermaga Port Vell yang terkenal itu. Dermaga nya cantik & jauh dari kesan kumuh & becek, kapal-kapal cantik banyak yang parkir disini. Ada juga kapal yang berbentuk seperti kapalnya Johny Deep di Pirates of Carribean, tapi bila hendak masuk kesini dikenai biaya.
Orang-orang sepertinya menikmati melihat-lihat dermaga ini sambil duduk-duduk di kusi yang ada di taman. Di seberang ada jembatan kayu yang terkenal La Rambla de Mar, menghubungkan dermaga dengan Moll d’Espana (didalam moll ada aquarium raksasa, The Aquarium of Barcelona). Jembatan ini terkadang dibuka untuk membiarkan kapal-kapal lewat.
Port Vell
Artis jalanan sepanjang jalan menuju Mirador & Port Vell

BARRI GOTIC (GHOTIC QUARTER) & CATHEDRAL OF SANTA EULALIA (CATHEDRAL DE BARCELONA)
Setelah puas jalan-jalan di dermaga Port Vell kami melanjutkan perjalanan ke Barri Gotic. Di sini banyak jalan kecil-kecil yang ramai tapi asyik hehe..bila kita menyusuri jalan kecil seperti labirin ini kita akan menemukan Gereja yang terkenal, Cathedral of Santa Eulalia atau lebih dikenal sebagai Cathedral de Barcelona. Katedral cantik ini bergaya Ghotic yang terlihat dari bentuk menaranya yang lancip. Untuk masuk kesini harus membayar tiket, kecuali jam-jam tertentu. 
Di samping katedral ada taman. Disini karena sangat ramai, hati-hati dengan barang anda, juga terhadap berbagai macam penipuan, Sewaktu saya istirahat & duduk-duduk di kursi taman sambil memandang gereja ini, ada seorang laki-laki (sepertinya warga lokal) meminta difotokan pakai ipad nya. Setelah beberapa kali difoto beliau gantian menawarkan diri ingin mengambil foto kita. Berhubung saya sudah banyak membaca sebelum berangkat ke Spanyol, jadi lebih hati-hati & menolak tawaran ini. Dia kelihatan begitu kecewa, aneh sekali bukan ? entah benar atau tidak, tapi dari beberapa review yang saya baca (dari blog-blog & beberapa review turis) banyak sekali motif pencurian kamera/tas dengan cara seperti ini. Jadi lebih baik menolak daripada terkena masalah ke depannya. Bahkan kalau saya mau foto berdua, saya akan meminta tolong pada turis yang berwajah asia atau paling tidak berwajah non eropa hehe...supaya lebih aman..& kebetulan selalu berhasil :)
Cathedral de Barcelona
Barri Gotic
sekeliling Barri Gotic
Lepas dari sini saya lanjutkan perjalanan menuju Plaza Catalunya untuk mengurus tax refund, setelahnya baru lanjut ke Plaza de Espanya & MNAC. Cara mengurus tax refund bisa dibaca disini.

PLAZA DE ESPANYA
Plaza ini adalah salah satu alun-alun kota yang berada di kaki bukit Montjuic , disekitarnya jalan raya yang cukup lebar, jadi gga bisa buat nongkrong ya. Nah di depan alun-alun ini kita bisa lihat MNAC & Font Magica. Di sebelah alun-alun ada gedung besar berwarna merah bata, yang dulunya tempat adu banteng (bullfighting) lawan matador. Tapi karena sekarang udah dilarang maka berubah fungsi jadi tempat perbelanjaan.
Cara kesini : naik metro turun di Stasiun Espanya.


Plaza de Espanya
MNAC (MUSEU NACIONAL D’ART DE CATALUNYA) & FONT MAGICA (The Magic Fountain of Montjuic)
Didirikan tahun 1934, MNAC ini terdiri dari 2 (dua) lantai & mempunyai 6 ruangan pamer utama. BIla dikunjungi dalam sehari, gga selesai seperti waktu di museu Prado di Madrid. Di kompleks museum juga ada cafe, restoran & juga souvenir shop. Seperti museum-museum yang lain, disini juga tidak boleh membawa masuk koper & barang-barang lain yang disebutkan, bila anda membawa barang yang dimaksud, silahkan masukkan dulu ke dalam loker yang disediakan.


Jam buka : pk 10.00-18.00 (selasa-sabtu), 10.00-15.00 (minggu & hari libur). Senin tutup kecuali bertepatan hari libur (oktober-april). Untuk bulan Mei-Sep jam buka pk 10.00-20.00 (selasa-sabtu), pk 10.00-15.00 (minggu&hari libur).
Tutup tiap tanggal 1 Jan, 1 Mei, 25 Des.
Bebas biaya masuk alias free hari sabtu setelah jam 15.00 & hari minggu pertama tiap bulan, 18 Mei saat International Museum Day.
Harga tiket masuk : 12, ada diskon 20% jika menunjukkan tiket bus turistic,  student 30%.
Website resmi : www.mnac.cat
Cara kesini : naik mtero turun di Stasiun Espanya

Di depan museum ini ada Font Magica yang terkenal itu, show air mancur yang menari diiringi lampu & musik ini berlangsung setiap kamis-minggu setiap jam 7 malam- 9 malam, tergantung musim nya. Berlangsung setiap setengah jam sekali. Ketika saya kesana belum ada jam 7 jadi gga lihat pertunjukannya. Foto-foto  di depan MNAC & air mancur yang kecil saja hehe.. setelah puas keliling & foto kamipun pulang ke hotel naik metro.

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar