Kamis, 01 Agustus 2013

Jalan-jalan hari ke 6-7 di Barcelona


KUNJUNGAN HARI INI :

ESTADIO CAMP NOU-ARC DE TRIOMF-CASA BATLLO-LA RAMBLA


ESTADIO CAMP NOU

Cara kesini : Naik metro turun di stasiun Palau Reial atau Collblanc, lanjut jalan kaki.

Harga tiket tour stadion (CAMP NOU EXPERIENCE) : 24 (adult include VAT), 18 (anak-anak usia 6-13th)

Stadion sepakbola markas FC Barcelona ini kalah menarik dengan stadion rivalnya Real Madrid yang saya kunjungi sebelumnya. Di beberapa sudut terlihat kurang terawat, juga di loket-loket penjualan yang ada hampir di sekeliling bangunan, tapi memang stadion ini sangat luas. Sewaktu saya kesini hari Minggu untuk mengikuti tour keliling stadion ini, tour keliling ini ditiadakan sementara karena lapangan akan digunakan untuk latihan tim FC Barcelona untuk menghadapi pertandingan. Hadehh...capek deh..jauh-jauh datang & jalan kaki endingnya gga bisa masuk :(

Yang dibuka hanyalah tour masuk ke museum. Jadinya kita Cuma keliling keliling diluar lapangannya & masuk di toko resmi yang menjual pernak pernik FC Barcelona.


Toko resmi klub FC Barcelona

Lepas dari sini kami sempat kesasar lantaran asal jalan mencari metro/bus, tapi jalanannya justru makin sepi & menanjak, sampe menggos-menggos hehe...akhirnya kami menunggu di sebuah halte tapi selang beberapa menit berlalu bus nya juga gga datang-datang. Kami lanjutkan jalan kaki sampai keluar ke jalan besar & disana kami menemukan bus..akhirnya >.< kami lanjutkan perjalanan ke Arc de Triomf, gerbang yang mirip kembarannya Arc de Triomphe di Paris hanya berukuran lebih kecil & berwarna merah bata.



ARC DE TRIOMF

Cara kesini : naik metro turun di stasiun Arc de Triomf

Gerbang ini sangat cantik dengan warna merah bata nya. Ada ukiran & patung di dindingnya. Di tengahnya ada patung singa yang menyokong mahkota. Juga ada 12 patung wanita yang melambangkan kemasyuran. Sewaktu saya kesini ada festival yang diikuti oleh orang-orang lansia. Sepertinya festival merajut, tampak di sekeliling Arc de Triomf pedagang yang menjual aneka bahan-bahan untuk merajut termasuk benang warna warni, jarum & bahan merajut lainnya. Meja-meja dipasang lengkap dengan tempat duduk yang penuh orang (sebagian besar lansia) yang merajut sambil ada yang membawa bekal makan. Harmonis sekali suasananya :)

Arc de Triomf
Lepas dari kunjungan di Arc de Triomf kami menuju ke Casa Battlo nya Gaudi, sambil sebelumnya mampir di sebuah souvenir shop di seberang Arc de Triomf, kios kecil yang ternyata menjual souvenir dengan harga lebih miring dibanding souvenir shop yang sebelumnya kami jumpai. Saya dikira orang China sehingga beliau menyapa dalam bahasa Tionghoa hehe... setelah saya jawab pakai bahasa Indonesia, beliau langsung melanjutkan dengan bahasa Inggris ;)


Note : awal saya tiba di Barcelona, di sebuah resto cepat saji Mc D, ada muda mudi (pekerja yang cukup lama tinggal di Spanyol) yang mengajak saya ngobrol dalam bahasa Philipina, karena type wajah saya hampir sama dengan mereka. Setelah saya jawab asal usul saya, mereka dengan ramah bergurau kalau mirip sekali bentuk wajah, rambut serta bentuk tubuh, dengan masyarakat di Philipina. Mereka memberitahu saya tips-tips yang berguna selama di sini supaya kami dapat berlibur nyaman aman & bebas dari pencopet atau kejahatan lainnya.

Ini beberapa tips nya :

- jangan menaruh tas koper sembarangan di tempat umum/bahkan hotel anda sekalipun, karena orang bisa saja tiba-tiba masuk & mengambilnya ! pihak hotel bisa tidak tahu tentang hal ini.

-jangan menaruh tas tangan /barang bawaan apapun lepas dari tangan anda, walaupun tas anda letakkan di samping kursi meja makan saat anda di restoran, bisa saja hilang.

-hati hati di metro, bila ada yang menempel tubuh anda seakan-akan sekelilingnya sesak. Bisa jadi tangannya mengambil dompet anda & begitu dapat dompet, ia akan mengoper ke pencopet lain sehingga hilanglah jejaknya. Mereka biasanya berpenampilan tidak selalu kumut..justru yang cantik-cantik (dan seksi) atau bahkan ibu-ibu/bapak-bapak yang terlihat rapi, hampir mirip di tempat kita juga mungkin ya, necis kata lainnya.. J

-hati hati jika ada yang berbaik hati mau mempotret anda bersama pasangan, bisa jadi ia adalah pencopet yang akan membawa lari kamera anda/tas anda.


Walaupun saya berpikir sepertinya nasehatnya agak berlebihan, tetapi sebelum kesini saya telah membaca dari internet tentang review turis-turis yang bertandang kesini,  jadi nya saya mau tidak mau mempraktekkannya.

Tapi jangan karena hal diatas Anda jadi takut pergi ke Spain ya..sepanjang ingatan saya sewaktu disana, Spanyol adalah negara dengan penduduk yang ramah-ramah & murah senyum, selalu membantu ketika anda bertanya arah jalan atau yang lain. Asalkan mereka mengerti bahasa Inggris anda, atau bahasa tubuh anda ketika menjelaskan, mereka akan dengan sepenuh hati membantu Anda. Saya beberapa kali bertanya arah pada ibu-ibu, mbak-mbak muda di apotek, penjaga butik, bahkan pada seorang pria yang menaiki Harley-nya hehe.. semuanya membantu dengan tulus. Mungkin anda hanya perlu memilah-milah tempat & lokasi ketika mau bertanya pada penduduk lokal, pastikan anda di jalanan biasa, bukan tempat turis yang ramai sekali atau di dalam metro yang penuh sesak.



CASA BATLLO

alamat :  Passeig de GrĂ cia, 43,  08007 Barcelona, Spain

Cara kesini : naik metro turun di stasiun  Passeig de Gracia, L2, L3, L4. Atau naik bus no 7,16,17,22,24,28.

Disini selain melihat Casa Batllo, anda juga bisa melihat Casa Mila yang sebelumnya sudah saya lewati.

Keluar stasiun langsung keliatan Casa Batllo- nya. Kalau keluar stasiun tidak keliatan, berarti anda keluar di jalur yang salah, karena ada beberapa jalan keluar dari stasiun menuju ke tempat ini. Tapi kalau salah jangan kuatir, bisa ditempuh dengan jalan kaki koq, cuma agak jauh, seperti kami yang tersesat hihihi...mampir-mampir dulu ngopi di Starbuck dalam perjalanan mencari si Batllo :)

Casa Batllo

Harga tiket masuk : 20,35€ (adult), anak-anak/student 16.30 €, dibawah 7 thn gratis. Harga termasuk audio guide.

Beli online bisa lewat www.casabatllo.cat

Jam buka : senin-minggu, jam 9.00- 21.00 (terakhir masuk jam 20.00)

Ketika saya tiba di depan Casa Battlo, antri nya panjang & kalau anda antri, tidak bisa langsung beli tiket &masuk, harus menunggu tamu yang di dalam ada yang keluar, baru boleh yang berikutnya antri masuk ke dalam casa batllo. So pastilah tambah lama antrinya hehe.. saya hanya berfoto di depannya saja & melanjutkan perjalanan menyusuri jalanan La Rambla.




LA RAMBLA

Cara kesini : naik metro turun di stasiun Drassanes/liceu/catalunya.

La Rambla adalah jalanan yang sangat ramai & hampir setiap turis pasti mengunjungi tempat ini. Memanjang 1,2 km dari plaza catalunya di bagian utara hingga Mirador de Colom diselatannya.  Di sepanjang jalan banyak penjual souvenir. Juga ada penjual bunga segar,  makanan manis-manis, es krim, dan banyak atraksi jalanan disini. Di kiri kanan jalan terlihat restoran, hotel, museum & gedung pertunjukan. Saya sempat mendapat selebaran show tarian Flamenco yang terkenal itu. Sayang pertunjukannya malam hari & harganya juga cukup mahal wkwkwk..

jalanan di La Rambla
Akhirnya saya berhenti di sebuah restoran pizza yang terlihat nice (dekor interior ruangannya) & penuh orang (sampai antri), saya pikir pasti enak nih makanannya. Setelah antri tidak lama (paling 5-10 menit) kami bisa duduk di dekat jendela. Pesan seporsi pizza yang bisa dibagi 2, setengah untuk saya & setengahnya untuk suami. Minumnya pesan sangria. Well ternyata pizza nya lebih enak yang kami beli di restoran lain selama di Madrid, bahkan lebih enak yang ada di tanah air hehehe...mungkin lidahnya tidak terbiasa ya ? bentuk pizza nya tipis & sulit sekali dipotong pakai pisau, sampai kami bingung makannya...turis di sebelah kami menumpahkan segelas minuman karena ‘tarik-tarikan dengan pizza nya’ hehe.. bingung koq bisa ramai begini kenapa ya, mungkin ada yang salah dengan lidah saya atau memang semua yang makan disini sama seperti saya, coba-coba wkwk..

Pizza & Sangria

Setelah selesai makan, kami melanjutkan jalan-jalan sebentar baru pulang ke hotel. Maklum hari sebelumnya kami sudah ke Mirador de Colom & Port Vell yang tidak jauh dari sini. Jadi kami kesini untuk melengkapi kekurangan perjalanan kami sebelumnya. Besok kan uda siap-siap balik ke Indonesia :)



HARI KE 7 DI BARCELONA

PULANG KE TANAH AIR (BARCELONA-DUBAI-JAKARTA-SEMARANG)



Check out dari hotel jam 11.00 siang. Setelah mengembalikan kunci kami bertanya pada petugas hotel untuk meminta tolong dipanggilkan taksi karena shuttle service yang biasa menjemput dari hotel ke bandara harus dipesan satu hari sebelumnya (kami tidak mengetahuinya karena tidak ada pemberitahuan tentang hal ini, hanya ada tulisan tarif shuttle  ke airport). Sewaktu menunggu telepon, ternyata sopir shuttle datang mau menjemput tamu hotel yang sudah pesan (seorang wanita) & petugas hotel yang baik menanyakan apakah masih bisa menambah 2 orang lagi (kami) ke mini van -  nya. Ternyata bisa ! Syukurlah... :) cukup membayar 7 €/orang + tips maka kami tidak perlu repot-repot menunggu taksi, terima kasih ya Pak J anda sungguh baik & tulus membantu kami.

Sampai di airport kami tanya ke petugas airport letak mail box kuning untuk mengurus tax refund kami. Setelah antri yang lumayan lama di kantor polisi untuk minta stempel pelengkap syarat tax refund, kami masukkan formulir ke mailbox warna kuning di sebelah kantor polisi. Untung tadi kami tidak mepet ke airport nya.

Check in & menunggu pesawat untuk pulang ke Indonesia lewat Dubai.


Sekian perjalanan kami di Spanyol.

Nantikan perjalanan kami yang lainnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar