Minggu, 29 Desember 2013

KULINER LEGENDARIS DI KUDUS


KULINER KHAS KUDUS

Bagi yang hendak mampir/sekedar lewat di kota Kudus, Jawa Tengah & mau mencicipi kuliner setempat yang terkenal enak dari jaman bahula, boleh deh dicoba kuliner yang saya sebutkan dibawah ini. Mungkin belum lengkap semua kuliner yang saya sebutkan, tapi bila anda punya 1-2 hari di kota ini, pastilah cukup untuk merasakan nikmatnya kuliner kota Kudus yang melegenda :)

Berikut daftar kuliner yang menurut saya enak, sekali lagi ini subjektif dari selera saya loh.. Dijamin pasti gga nyesel ! (*dengan syarat seleranya mirip yah*) :p

LENTOG PAK MITRO
Terletak di Jalan Tanjung, Lentog adalah makanan khas Kudus. Terdiri dari lontong ukuran besar yang dipotong tipis-tipis & diberi lauk berupa tahu/tempe potong & sayur gori, disiram dengan kuah pedas & kuah opor encer. Banyak penjual lentog di Kudus, tapi yang rasa lontongnya paling lembut & kuahnya paling enak, ya hanya di Lentog Pak Mitro. Ingat ya, kalau ke daerah Tanjung, penjual lentog berjejer-jejer, lentog pak Mitro letaknya di tengah.
Buka : dari pagi hari jam 6.00 - siang hari.


SOTO KERBAU KARSO KARSI
Terletak di Jalan Agil Kusumadya. Soto kerbau dengan rasa yang enak ini idola bagi pelancong maupun penduduk lokal. Baru buka siang hari sampai habis. Dari arah Semarang, soto ini terletak kanan jalan, sebelum RM Sari Rasa.
Buka : jam 12.00 siang - selesai.

GARANG ASEM RM. SARI RASA
Terletak di jalan Agil Kusumadya, kiri jalan dari Semarang, sebelum RSUD. Buka dari pagi sampai malam hari, tapi rata-rata jika anda kesiangan akan kehabisan, dan menunggu matang biasanya sore hari. Dengan gerbang khas warna hijau, rumah makan yang direnovasi menjadi luas & besar ini selalu ramai pembeli. Garang asem ayam kampung-nya sangat lezat & pedas, sehingga segerrr banget buat makan siang. Menu lain ada ayam goreng, nasi pecel, nasi tahu dll. Jika anda datang kesiangan/kemalaman biasanya Garang asem yang isi daging ayam sudah habis.
Pilihan Garang asem ada 2 : daging ayam kampung, iso & ati ayam.
Buka dari jam 9.00 pagi - malam hari.

 
SOTO AYAM & KERBAU IBU JATMI
Terletak di jalan Wahid Hasyim (kanan jalan dari arah Semarang), soto ini selalu ramai pembeli. Pengunjung bisa memilih soto ayam atau soto kerbau, keduanya lezat. Dengan porsi semangkuk yang agak besar,  pastinya cukup mengenyangkan. Beda denga versi soto ayam Semarang yang mangkuk nya kecil.
Buka : dari pagi hingga malam hari.

Soto ayam Ibu Jatmi
SATE KERBAU IBU JASTRO (Kompleks kantor CV Gunung Muria, dealer MITSUBISHI)
Banyak penjual sate kerbau di Kudus, tapi yang terkenal & enak menurut saya (dan kebanyakan penduduk lokal) ada di dalam kompleks kantor Mitsubishi di jalan A. Yani. Kanan jalan dari arah Semarang. Pembeli biasanya mengambil sendiri tusukan sate dan sambal kacang-nya. Rasanya empuk & lezat. Daging kerbau yang terkenal keras ditumbuk dahulu sebelum ditusuk menjadi sate dengan bumbu kacang yang mempunyai citarasa yang khas, sate ini patut dicoba.
Buka pagi-siang hari - jam 11.00 siang rata-rata sudah habis.


NASI & LONTONG TAHU PAK GARENG
Terletak di depan pasar Kliwon (dahulunya) sekarang beralih ke depan kantor PT Nojorono Kudus, jl Jend. Sudirman,  nasi tahu ini selalu ramai pembeli. Dengan uleg-uleg & cowek yang besar Pak Gareng mampu meracik nasi tahu sampai tengah malam, hebat sekali ya staminanya! Rasa tahu khas Kudus yang terkenal empuk & enak dicampur bumbu kacang & gimbal yang kriuk-kriuk (bagi yg tidak suka kacang bisa diganti bumbu kecap saja) mampu memikat siapa saja pecinta kuliner tahu.
Note: selain tahu Kudus yang terkenal, kecap asli Kudus juga terkenal enak, agak encer tapi sangat cocok dibuat sate & nasi tahu.
buka : dari sore jam 5.30- malam hari.


Sekian review makanan khas Kudus yang enak, nanti jika ada yang terlewat akan saya update lagi. So .. jangan lupa di bookmark halaman ini yaa.. ^^


***


1 komentar:

  1. "Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Steak & Sate Kelinci
    • Jagung & Pisang Bakar
    • Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/WarungKhasBatu

    NB : blogger / pengulas / reviewer / tour guide kami undang test food GRATIS !
    "






















    BalasHapus