Sabtu, 02 Desember 2017

MENILIK CANTIKNYA GEREJA GANJURAN DI JOGJAKARTA


 GEREJA HATI KUDUS YESUS GANJURAN
Bertemu Yesus dalam Wajah Jawa

Sewaktu berkunjung ke Jogja awal tahun ini, saya yang niat awalnya mencari sentra kerajinan, secara tak sengaja mampir di Gereja Ganjuran yang dahulu (kira-kira 4 tahun lalu) pernah saya kunjungi. Tak melewatkan kesempatan ini, saya pun masuk kompleks Gereja bernuansa Jawa nan artistik ini.

suasana di dalam Gereja Induk
Nama lengkap Gereja ini adalah Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran. Terletak 20 km dari pusat kota Jogjakarta, tepatnya di desa Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, Jogjakarta. Mulai dibangun tahun 1924 oleh 2 bersaudara keturunan Belanda, Joseph Smutzer dan Julius Smutzer. Dibangun diatas lahan seluas kurang lebih 2,5 hektar kompleks ini terdiri atas Gereja induk, pastoran, ruang pertemuan, bangunan candi beserta pelatarannya, halaman parkir, dan makam.

Patung Yesus dan Bunda Maria yang tengah menggendong putranya juga digambarkan tengah memakai pakaian Jawa.

Candi dengan patung Gusti Yesus didalamnya

Selain menarik karena design Gereja yang perpaduan budaya Jawa & Eropa, begitu melangkahkan kaki masuk kompleks, kita akan terpaku oleh sebuah candi yang berada di tengah kompleks. Yaa...sebuah candi dibangun tahun 1927, dengan teras berhias relief bunga teratai & didalam candi terdapat patung Tuhan Yesus Kristus dengan pakaian Jawa, lengkap dengan mahkota.

 

Misa di Gereja Ganjuran ada dalam 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia & bahasa Jawa, lengkap dengan nyanyian lagu yang diiringi gamelan. Untuk pastinya jadwal perayaan misa dalam bahasa Jawa, bisa dilihat di papan jadwal depan Gereja atau search di internet dulu.


Berikut beberapa link yang dapat membantu mencari informasi seputar Gereja Ganjuran, semoga membantu:
http://gerejaganjuran.com/pages-2-gereja-ganjuran.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Gereja_Ganjuran
http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/religious-sight/ganjuran/
http://www.guamaria.info/ziarah-kemana/14-lokasi-gm-jateng/75-candi-hati-kudus-yesus-ganjuran


 ***




1 komentar:

  1. such a good view, a person's life, can meet a few times?
    What can affect the purple clay teapot?
    The quality of the purple sand mud itself
    The quality of the mud is uneven, and some chemical muds cannot be raised at all. Years and two years are sChina Purple Clay Teapottill the same, and the pot made of high-quality mud is very delicate, and some even feel the change immediately after encountering boiling water. After soaking in tea for several times, it has been able to change obviously. Therefore, the play pots Yixing Purple Clay Teapot Setpay special attention to the Purple Clay Teapot With Infusermud and pursue the original mine purple sand.
    KHandmade Ceramic Teapotiln temperature
    The firing temperature of different mud materials is different, and some mud materials can even burn different effects at several temperatures. For example, the bottom groove can be burnCheap Ceramic Teapotsed out in a variety of colors. The temperature of the kiln affects the permeability of the teapot. Generally speaking, the permeability is better than that of the poorAuthentic Purple Clay Teapot permeability.
    Drinking tea frequency
    Drinking tea is maintenance

    BalasHapus