Sabtu, 15 Juli 2017

DUA KALI JATUH CINTA DI MACAU

Liburan ke Macau kali ini sebenarnya diluar rencana pemirsa xixixi... jadi waktu itu ceritanya ada promo maskapai yang jual tiket ke HK dengan harga terjangkau. Alhasil temen waktu itu ngebett banget ke HK. Nah.. sayapun akhirnya kepincut *ehh.. dengan alasan pengin ke Macau, karena pertama x ke Macau dulu itu cuma semalem, gga puas banget karena banyak tempat yang belum didatengi seperti muter2 di Senado Square yang ikoniknya Macau, makan egg tart yang melegenda itu.. & tentu saja pengin ke Penha Hill, gereja cantik & elok yang letaknya di ketinggian sehingga bisa melihat Macau Tower dan sekitarnya yang keren :)

Saya akan ceritakan satu persatu ya pemirsa.. semoga bisa jadi referensi buat yang mau jalan sendiri (independent) ke Macau ^.^

SENADO SQUARE
Senado Square ini bisa dibilang pusat kegiatan di Macau. Yaapp... kalau ke Macau belum lengkap ato belum afdol kalau belum menginjakkan kaki disini. Selalu ramai & dikelilingi toko-toko yang menjual aneka macam dagangan, dari kosmetik, kue khas yang cocok banget buat oleh-oleh, pakaian, apotek dan masih banyak lagi. Disini juga sering digelar pertunjukan. Dari sini, kita bisa mencapai banyak tempat wisata yang terkenal di Macau, seperti St. Paul's Ruins, St. Dominic's Church, Cathedral, Holy House of Mercy, Leal Senado Building (IACM Building), Company of Jesus Square, Na Tcha Temple, Mount Fortress dan lain-lain.
Saya berjalan kaki dari hotel tempat saya menginap, Best Western Sun-Sun (review-nya saya buat terpisah ya-). Jaraknya cukup dekat dengan hotel, walking distance saja.

Senado Square di pagi hari, masih sepi yaa.. ^^

ST. DOMINIC'S CHURCH
Sambil jalan kaki santai disini, mata kita akan dimanjakan oleh deretan bangunan kolonial peninggalan Portugis. Semuanya masih dalam kondisi yang menurut saya prima. Saya jalan santai dengan hubby & teman2 disini. Jalan kaki lurus sebentar saja dari Senado Square, maka akan tiba di St. Dominic's Square dimana terdapat Gereja St. Dominic yang megah & berwarna kuning. Pasti mudah ketemu deh.. ^.^

Fotonya diambil besok paginya jam 6 pagi, jadi masih sepi xixiii..^^

Gereja St. Dominic dibangun tahun 1857 & merupakan gereja pertama yang didirikan di China yang konstruksinya terbuat dari bilah2 kayu. Terkenal dengan design altar bergaya baroque yang megah. Di samping gereja ini ada museum yang menyimpan koleksi artefak katolik lebih dari 300 benda.
Buka Jam 10.00-18.00. Saat saya sampai disana sudah petang, jadi gereja sudah ditutup.

Melanjutkan jalan kaki kami menuju ke St Paul's Ruins.

RUINS OF ST. PAUL'S
Dibangun tahun 1602-1640 Gereja ini merupakan bagian dari St Paul's College, yang merupakan universitas pertama yang bergaya western di Far East. Kebakaran yang terjadi tahun 1835 membuat universitas & Gereja ikut terbakar & menyisakan bagian muka Gereja, beberapa fondasi bangunan & tangga bagian depan. Saat ini St Paul's Ruins berfungsi secara simbolis sebagai altar to the city.

walaupun udah pagi2 kesini, tetep aja ramee.. ^^

Saya sudah pernah kesini, waktu itu karena bersama rombongan tour, kami hanya dapat waktu kuranglebih 1/2jam saja, alhasil bisa dibayangkan kami cuma sempet foto didepan Ruins St Paul's ini. Tapi bersyukur juga karena diajak oleh seorang paman dari rombongan ke museum sebelah (Museum of Macao) yang lantai paling atasnya cukup keren, karena bisa lihat pemandangan kota Macau yang indah. Dan tentu saja ada bekas meriam yang terletak dibeberapa sudut bangunan. Foto lengkapnya ada di cerita saya yang terdahulu yaa. bisa dibaca disini. Oya, buat yang mau mengunjungi museum Sacred Art & Crypt (didalam St Paul's Ruins) buka dari jam 9.00-18.00 saja. Khusus Selasa jam 8.00-14.00 siang.
Untuk jam buka Museum of Macao, dari jam 10.00-18.00, tutup tiap hari senin, kecuali public holidays.

Nah karena saya tiba di Ruins St Paul's hampir malam hari, maka tidak bisa masuk ke dalam karena udah tutup (tak apa, dulu kami uda pernah masuk hehe.. ) tapi kami punya cukup waktu buat keliling dengan santai, karena memang gga ada yang buru-buru hihihi... hubby sebentar saja disini & beranjak ke sebelah dimana terdapat Na Tcha Temple.

Note : besok paginya kembali lagi kesini, niatan pengin dapet foto lebih jelas & tidak terlalu ramai. Tapi tetap saja banyak orang telah memenuhi tempat ini. Fotonya ada di atas yaa ^^

NA TCHA TEMPLE
Terletak disamping St Paul's Ruins, kuil ini dibangun tahun 1888 dan didedikasikan untuk Na Tcha. Bangunannya kecil, & dibangun dengan material yang sederhana tapi tetap memberikan kesan indah bagi yang memandangnya.
Saat saya tiba disini, bagian museum sedang ada perbaikan, jadi belum bisa dikunjungi pemirsa. Alhasil cuma bisa foto didepan temple saja >.<
Buka : Jam 8.00-17.00 (temple) ; jam 10.00-18.00 (museum), tutup setiap hari rabu, kecuali public holidays.

Dalam perjalanan pulang dari temple, kami menyusuri lagi jalan2 berbatu yang makin ramai aja & dikanan kiri banyak toko bakery yang cukup menarik, jadi saya coba egg tart disini, itung2 pemanasan sebelum nyoba egg tart yang terkenal di Lord Stow's.
Ini dia egg tart di Koi Kei Bakery, dekat dengan St Paul's Ruins.

Egg Tart di Koi Kei Bakery, crunchy & enak ^^

Harganya 10 MOP/pcs. rasanya ? enakkkk... hampir sama enaknya dengan yang di Tai Cheong bakery HK, cuma memang beda dibagian atasnya, kalau disini ada gosong2 nya (dari kuning telur yang dipanggang) kalau di Tai Cheong kuning mulus tanpa gosong2 sedikitpun. Ini aku kasi fotonya sekalian yaaa... daripada cuma mbayangin aja xixixiiii..

Egg Tart di Tai Cheong Bakery, penampilannya cantik yaa ^^

Di sini rata2 harga egg tart sama semua 10 MOP/pcs. Kalau di HK mulai 7-10 HKD/pcs.

LEAL SENADO BUILDING (IACM BUILDING)
Alamat : 163 Avenida de Almeida Ribeiro (masih selokasi dengan Senado Square)
Dibangun tahun 1784 sebagai kantor pemerintahan, gedung megah ini telah mengalami banyak perubahan dari aslinya. Ada perpustakaan di lantai 1nya yang buka dari jam 9.00-21.00 (tutup tiap hari senin, buka kalau public holidays). Nah bagi yang kesini pas perpusnya uda tutup, jangan kuatir, pengunjung tetap dapat masuk ke dalam gedung.

Di dalam gedung IACM ini kita bisa melihat taman yang cukup cantik, beberapa jenis bunga anggrek tampak menghiasi taman dibagian belakang gedung ketika saya kesana. Dan didalam gedung ini kita bisa menikmati arsitektur bangunan bergaya Portugis yang menurutku tergolong cantik klasik, dengan lantai & dinding yang dihiasi keramik mozaik warna biru.

ST. AUGUSTINE'S CHURCH
Siang itu, di hari pertama tiba di Macau kami check in hotel kemudian melanjutkan dengan jalan santai dari hotel kami ke Gereja St. Augustine. Ternyata cukup dekat & di daerah sekitar gereja tampak cantik karena sisi kanan kiri jalan ada tiang lampu dengan gantungan pot bunga yang berwarna merah. Sangat serasi dengan jalan bebatuan disana.

Ketika tiba di depan gereja, pintu depan tampak tertutup, jadi saya kurang paham apakah boleh masuk ke dalam gereja/memang lagi ditutup untuk pengunjung. Akhirnya kami hanya bisa foto di depan gereja & sekitarnya.

Sejarah Gereja ini pertama kali dibangun tahun 1586 & dipindah ke St Agostinho Square tahun 1591. Sebutan lain untuk gereja ini adalah "Long Song Miu" yang berarti Temple of the Long-whiskered Dragon, gereja Naga yang berjanggut panjang, merujuk pada awal gereja ini berdiri, atap gereja selalu ditutupi dengan daun palem setiap kali hujan. Palem yang tertiup angin terlihat seperti janggut naga. Itulah sejarah penamaan gereja Long Song Miu.

Gereja yang tampak saat ini adalah hasil dari rekonstruksi tahun 1874 & merupakan gereja pertama di Macao yang kotbahnya memakai bahasa Inggris.
Alamat : No. 2 Largo de Santo Agostinho.
Jam buka : 10.00-18.00

DOM PEDRO V THEATRE
Terletak dekat dengan St. Augustine's Church, Teater ini dibangun oleh  Portugis tahun 1860 untuk mengenang Raja Pedro V. Teater ini merupakan teater pertama di China yang dibangun dengan gaya barat. Saat ini dipakai sebagai tempat menyelenggarakan perayaan & pertunjukan penting, termasuk konser. Nah saat saya kesana, ada konser piano, tapi sayang kalau gga beli tiketnya ya gga bisa nonton konser gratis hehe.. alhasil cuma muterin bagian depan bangunan aja :D

Di bagian depan halaman Dom Pedro V Theatre terdapat pohon yang cukup besar & rimbun

Alamat : Largo de Santo Agostinho.
Jam Buka Teater : 10.00-18.00 (tutup tiap selasa kecuali public holidays).

THE CATHEDRAL
Katedral ini masih di area Senado Square. Saat sore hari kesana ramai banget, jadi gga merhatiin jalan ke katedral ini. Pagi harinya sekitar jam 6 pagi, saat jalan santai, bisa dilihat dengan jelas papan arah menuju ke Katedral. Suasana juga masih sepi, di pinggir jalan terlihat seorang nenek yang latihan pedang (iyaa.. pegang pedang). Suasana Senado Square yang sepi memang jauh lebih cantik ^^

Katedral tampak depan (kiri) tampak bagian kanan & samping sedang direnovasi

Seorang nenek sedang latihan pedang di sekitaran Katedral (kiri)

Balik lagi ke sejarah Katedral. Dibangun tahun 1622 didedikasikan untuk Virgin Mary. Katedral ini salah satu gereja Katolik terpenting di Macao. Bangunan gereja ini simpel, dekorasi luar hanya jendela kaca & pintu bercat hijau.
Lokasi : No. 1, Largo da Se.
Jam Buka : 07.30 - 18.30

LOU LIM IEOC GARDEN (JARDIM GARDEN)
Saya ke Jardim Garden ini ceritanya gga sengaja mampir waktu cari rute ke Guia Fortress & berakhir nyasar di depan halte bus yang belakangnya taman Jardim ini. Akhirnya kami masuk karena tertarik juga dengan taman Jardim yang cukup cantik dengan gerbang setengah lingkaran khas arsitektur China, di bagian dalamnya juga ada patung dewi Kwan Im & gazebo yang digunakan untuk latihan bernyanyi para manula.

Dibangun tahun 1925, taman ini satu-satunya taman di Macau yang bergaya Suzhou China. Dahulunya taman ini merupakan tanah pertanian yang ditanami sayur-sayuran yang kemudian dibeli oleh Lou Wah Siu (Lou Kao) seorang keturunan China yang kaya  raya. Anak dari Lou Wah Siu yang bernama Lou Lim Ieoc yang membangun & mendesign taman ini.

Awal tahun 1970an, taman ini dibeli & dipugar oleh pemerintah yang kemudian dibuka untuk umum tahun 1974. Bila kita masuk di dalam taman ini, sampai menyeberang jembatan yang bawahnya kolam ikan, kita akan sampai di sebuah paviliun yang cukup besar bercat merah, berarsitektur China. Seringnya digunakan untuk pameran kerajinan & pertunjukan musik. Saat saya kesana, sedang ada pameran lukisan & sastra China, boleh masuk gratis lho.. lumayan banget kan hehe..

Jam Buka : 6.00-21.00
Admission : Free

CHAPEL OF OUR LADY OF PENHA HILL
Kapel ini berada di Bukit Penha, didirikan tahun 1622 oleh awak kapal & penumpang kapal yang nyaris tertangkap oleh Belanda sebagai tanda syukur.
Di halaman kapel yang terbuka terdapat patung Bunda Maria yang menghadap ke perbatasan China, seolah sedang berdoa untuk tanah itu.
Kami berangkat naik bus sampai di jalan-jalan kecil berbatu, hebatnya bus mini yang kami tumpangi, bisa dengan lincah menyisiri jalan-jalan menanjak & sempit disini. Dari tempat kami turun bus, masih jalan lagi beberapa meter ke arah Penha Hill yang memang jalannya menanjak. Siapkan cukup stamina ya hehehe.. jangan kuatir, gga begitu jauh koq ^^

Tampak depan Gereja (kiri) ; Macau Tower tampak dikejauhan (kanan)

Begitu sampai di Kapel Penha, suasananya langsung berbeda pemirsa.. iyaa.. hawanya sejuk karena berada di bukit & pohon-pohon yang menaungi tempat ini membuat suasana jadi rindang & nyaman. Patung Bunda Maria disalah satu sudut halaman kapel sangat menyita perhatian. Saya tertegun dengan pemandangan indah yang terhampar didepan mata. Dari atas sini, Macao Tower terlihat sangat jelas. Distrik Grand Lisboa, pulau Taipa & Teluk Praia semuanya terlihat.. Jembatan yang menghubungkan Macau dengan daratan China juga tampak jelas. Benar-benar menyejukkan mata ^^

Bagian dalam Gereja (kiri) ; foto dengan background Macau Tower (kanan)

Saat saya tiba disini Kapel bisa dimasuki untuk berdoa. Suasananya sangat tenang & teduh. Ada kotak doa di dalam & beberapa bacaan seputar berita Katolik. Saya merasa bersyukur bisa sampai ke kapel ini ^.^

Oya, bagi yang datang tanggal 13 Mei setiap tahunnya diadakan perayaan keagamaan "Procession of Our Lady of Fatima". Prosesi agung ini diadakan dari gereja St. Domino sampai ke kapel Our Lady of Penha. Setiap perayaan ini digelar akan banyak warga & turis yang datang & mengabadikan momen ini, jadi jangan lewatkan yaa.. :).

Jam Buka : 9.00-17.30
Bis Nomor 9 & 16, turun di Rua da Penha.

lanjut makan siang kami ke Broadway Galaxy.

BROADWAY GALAXY
Broadway Galaxy ini bagian dari hotel Galaxy. Menurut saya hotel Galaxy ini hotel paling besar & megah di Macao (waktu saya kesini lho-). Selain megah & luas (terbukti dari saya yang jalan kaki di dalam hotelnya, mau keluar aja gga nemu2 jalan keluarnya) xixixii... disini menyediakan bus yang bisa anter dari pelabuhan ke hotel galaxy secara free (seperti layaknya hotel2 berbintang yang lain co.Venetian Hotel, dkk), juga ada bus yang menghubungkan Galaxy ke beberapa hotel sehingga kita tinggal pilih mau kemana, nanti petugas hotel akan memberi arahan untuk naik bus yang mana. Ini semua bagian dari service hotel Galaxy. Keren ya? ^o^

Nemu kedai kopi "Rethink Coffee" di Broadway Galaxy ^o^

Broadway Galaxy gedungnya terlihat cukup besar, tapi yang menarik adalah di bagian halamannya terdapat berbagai macam gerai makanan yang semuanya enak-enak (menurut yang saya dengar, semua gerai makanan disini adalah pilihan, alias hanya yang terkenal enak disana yang bisa jualan disini). Dan setelah muter-muter bingung mau milih makanan yang mana, dari dimsum sampai bakso akhirnya pilihan jatuh ke Beef  Noodle lagii xixixixi...

Disini Beef Noodle nya paling enak menurut saya (dari yang sebelum2nya saya coba di Macao & HK). Mie-nya kecil2 lembut & daging beef-nya juga empuk, kuahnya lezat.. haduuhh nyeritain ini jadi laperr lagiii >.<  Plus yang bikin senang adalah harganya yang cukup terjangkau pemirsa.. perut kenyang dompet senang xixixixii.. ^o^ **maafkan yang lupa foto mie, karena uda kelaparan**

Kiri : di tengah2 bagian hotel Galaxy yang sangat luas ; Kanan : didepan kasino hotel Galaxy

Oya, sebelum sampe di Venetian, kami masuk ke hotel Galaxy, yang ternyata sangat luas & di dalamnya terdapat mall yang mewah. Kami sempat mampir di kasino-nya.. tidak seramai di casino Venetian, mungkin karena sekali bermain minimal MOP300, beda dengan di venetian yang 'hanya' MOP100 xixixiii.. ^^

VENETIAN HOTEL & CASINO

Sorenya kami mengunjungi beberapa hotel yang cukup terkenal di Macau, apalagi kalau bukan Venetian Hotel. Walaupun saya sudah pernah kesini, tapi teman saya belum.

Gondola & riders-nya (kanan) ; Tampak mall Venetian dengan langit buatan yang cantik ^^

Di Venetian ini target saya adalah mencari roti Egg tart yang paling terkenal di Macau. Memang sih bukan di toko aslinya, tapi hanya cabang. Gapapa yaa, yang penting bisa merasakan egg tart yang melegenda itu ^^
Ini dia foto penampakan toko bakery Lord Stow's & egg tart-nya ^^

Egg Tart Lord Stow's.... paling enakkkk ^o^

Lepas dari Venetian kami ke STUDIO CITY rencananya melihat-lihat aja..(naik bus gratis lagi diluar hotel Venetian). Ada beberapa gerai makanan manis seperti donat & aneka macam kue2 cantik di lantai dasarnya. Juga ada toko candy yang cukup mencolok mata & membuat teman saya langsung menyerbuu ^o^

ini semua permen loh.... ayoo serbuuuu !! ^o^

Di studio city ini selain ada gerai makanan & toko candy, juga ada bioskop nya, beberapa anak muda saya lihat sedang antri buat nonton film. Di lantai atasnya, ada beberapa toko makanan seperti McD & Starbuck. Yang lainnya saya kurang memperhatikan karena uda capek & pengin pulangg.. hadehh.. ini fisik hari terakhir di Macao rada drop inii.. >.<

MAKAN DIMANA AJA SELAMA DI MACAU?
Nah, saya bedakan ceritanya tentang makanan pemirsa hehehe... supaya bisa panjang lebar & gga ganggu jalannya cerita utama.. *kaya apa aja xixixixiiii..
Sebenarnya hampir semuanya didominasi dengan menu MIE.. maklum, selain pecinta mie, saya susah nemuin menu nasi yang lauknya cocok. Mungkin karena keterbatasan bahasa juga sih.. banyak menu pake bahasa mandarin, jadi saya gga paham. Mbak-nya yang jaga ditanyain juga gga mudeng bahasa Inggris.. nahh.., alhasil main tunjuk tangan aja ya.. Mie ini yang paling mudah hehe..

MIE di seberang hotel Best Western Sun Sun
Ada 2 kedai makan yang saya sambangi di dekat hotel Best Western Sun Sun tempat saya menginap. Tapi karena namanya dalam bahasa mandarin, jadi saya gga bisa nyebut disini pemirsa >.<
yang pertama letaknya di seberang hotel persis, disebelah restoran Vietnam. Dan yang satunya di depan halte bus dekat hotel. Semuanya deket banget sama hotel. Ini salah satu kelebihan hotel Best Western menurut saya, dekat dengan banyak makanan hehe.. dijamin gga kelaparan deh ^^ oya sama dekat dengan minimarket di belakang hotel, bikin hepi karena bisa beli air minum (saya minumnya banyakk hehe...) lebih murah & minimarketnya cukup lengkap lho.. duh duh... sipplah pokoknya, bisa beli snack2 cemilan dll dengan harga terjangkau xixixiii... aduh melenceng deh ceritanyaa... *maaf >.< //

Mie Ayam di kedai Chinesse Food didekat hotel Best Western

Selain di dekat hotel, saya makan mie di dekat hotel Lisboa & di area broadway Galaxy (ada di cerita diatas).  Lagi2 karena nama kedainya pake bahasa mandarin, jadi saya gga bisa tulis disini. Cukup fotonya aja yang mejeng di blog ini yaaa hehehe..

Mie-nya putih & kenyal, dengan kuah kaldu sapi & potongan daging sapi plus telor ^0^

Begitulah pengalaman saya makan mie selama di Macau.. semoga bisa membuat pemirsa makin cinta sama mie *ngaco* xixixii..

Nah selain MIE, saya menemukan cafe cantik dekat hotel (ini benar2 dekat deh, cuma beberapa langkah aja, dari hotel keliatan banget bangunan cafe ini yang berwarna biru). Namanya BLOSSOM CAFE (bisa nyebut karena pakai bahasa Inggris hehehe..)

kiri : disalah satu sudut cafe yg cantik ; kanan : menu makanan pesanan kami^^

Blossom Cafe dari luar dicat warna biru, jadi cukup ngejreng untuk mata memandang, dan dari dalam didominasi warna kuning-orange. Dari luar saja sudah keliatan kalau menarik lho.. ada bunga2 dipajang dekat pintu masuk & kaca2 yang tembus pandang ke dalam menyajikan pemandangan shabby chic dengan nuansa romantis ^o^
Teman saya langsung ngebettt banget masuk kesini sekalian makan siang. Menunya rata2 western style, seperti kentang goreng, chicken wings, chicken nugget, aneka kopi, cokelat & tea.

Coffee & Cokelat :)

Yang paling menarik memang tata ruang & barang2 yang dipajang. Dari aneka macam bunga warna warni dalam pot2 yang cantik, pigura dengan foto yang menarik, lukisan dinding yang nyeni sampai lampu2 yang menyinari, semuanya ditata dengan cantik & menarik. Sampai ingin memfoto semua sudut cafe ini. Bahkan.. wastafelnya juga cantik pemirsa xixixiii...

Sekian dulu cerita jalan-jalan di Macau-nya pemirsa... sampai jumpa lagi di cerita jalan2 yang lain yaaa... ^o^