Rabu, 15 Agustus 2012

Sejenak berkunjung di Candi Prambanan


 PRAMBANAN TEMPLE ~ JOGJAKARTA


Tentu banyak yang sudah mendengar atau bahkan mengunjungi salah satu candi yang terkenal di Indonesia ini bukan ? kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya sewaktu berkunjung kesini tahun lalu, 2011. Agak terlambat ya ceritanya hehehe... but it's okey lah... :)
Saya sudah berkali2 ke Candi Prambanan ini, sewaktu kecil saya pernah diajak oleh orangtua saya kesini, sekalian berkunjung ke seorang temannya yang tinggal di dekat kompleks candi, bersebelahan persis malah. Tetapi setiap kali kesini, saya selalu mempunyai sensasi yang berbeda.
Sekarang kondisi candi prambanan ini berubah ke arah yang lebih baik, taman yang rapi & penuh bunga, disertai fasilitas toilet yang baik. Dengan perubahan ini maka pengunjung yang datang kesini pun akan merasa lebih nyaman.


elok dengan taman bunga yang rapi
Ketika gempa melanda kota Jogjakarta tahun lalu, candi inipun terkena dampak goncangan nya & membuat beberapa bangunan candi rusak. Pemerintah setempat telah menata ulang candi ini agar dapat kembali seperti semula.


megahnya Candi Prambanan

Megahnya candi prambanan ini memang selalu menarik wisatawan baik lokal maupun manca negara untuk berkunjung. Salah satu warisan budaya Indonesia yang harus selalu kita jaga & lestarikan.
Saat saya berkunjung disini, cuaca agaknya kurang mendukung. Gerimis mulai datang ketika saya menapakkan kaki hendak naik ke atas pelataran candi.


Di depan reruntuhan candi

Alhasil kamipun kehujanan sampai diatas. Kami menyewa beberapa payung dari orang yang menjajakan penyewaan payung disana. Tidak ingin melewatkan setiap moment disana, kamipun tetap berfoto ria walaupun dengan payung.
didepan candi Angsa, Prambanan
Setelah mengitari Candi prambanan, kamipun memutuskan kembali ke penginapan kami, Rumah Palagan. Berhubung hujan jadi kami agak kurang puas mengitari setiap candi disini. Next time musti balik lagi & semoga cuacanya terang saat itu.
Penginapan kami pilih di daerah kaki Gunung Merapi. Selain udara yang sejuk, disana seperti mengenang saat Gunung merapi meletus beberapa waktu yang lalu. Cerita dari karyawan penginapan, sewaktu gunung merapi mengeluarkan wedus gembel, penginapan disini ditutupi oleh debu2 vulkanik, putih menyelimuti semua area penginapan.


Rumah Palagan, Jogjakarta

Penginapan ini seringkali digunakan para wartawan untuk meliput berita tentang gunung merapi. Hmm...selain itu interior nya khas Jogja dengan topi petani yang disampirkan di dinding depan setiap kamar. Juga payung bermotif khas di depan setiap kamar..mencerminkan suasana pedesaan banget bukan ?
Jadi yang ingin mencoba wisata ke Candi Prambanan sambil menikmati suasana pedesaan khas Jogjakarta, dapat mampir deh kesini.
Selamat mencoba ! ;)

                                                                                   
***


Baca juga cerita jalan2 di Jogjakarta :
Cantiknya Sunrise di Borobudur Temple
Kunjungan Sejarah Water Castle Jogjakarta   
Wisata Sejarah di Keraton Jogjakarta 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar