Minggu, 06 Oktober 2013

Gardens By The Bay - Merlion Statue - Singapore River Cruise

SHORT TRIP TO SINGAPORE (1)

Perjalanan ke Singapore direct dari Semarang akhirnya terlaksana setelah Airasia membuka rute nya :) kami jadi salah satu pembeli tiket promo-nya..senangnya bisa jalan-jalan murah disana. (*ndesit juga ya, hampir semua orang sudah pernah kesana, saya doang yang belum wkwkk..) it's okey biar telat yang penting terlaksana !

Tiba di Changi Airport Terminal 1 sekitar jam 1 siang, setelah antri imigrasi & bagasi yang cepat & nyaman (tidak seperti imigrasi di ngr lain yang petugasnya melototin kita seakan-akan mau jadi imigran gelap, petugas disini wajahnya standar aja, malah ramah kalau ditanya), kami menuju stasiun MRT, beli EZ Link plus top up, terus naik MRT menuju stasiun Lavender, tempat hotel kami berada, V Lavender. Review tentang hotel ini bisa dibaca di blog ini (folder akomodasi).
Tips : ambilah peta MRT di terminal kedatangan, berguna bila hendak bepergian menggunakan MRT, atau bisa juga download disini.

GARDEN BY THE BAY
Setelah check in hotel, kami & makan siang di Kopitiam, semacam foodcourt di dekat hotel, melanjutkan perjalanan pertama kami menuju Taman yang menjadi obyek wisata di Singapura, Gardens by the bay. Letaknya di 18 Marina Gardens Drive. Kalau mau melihat di websitenya www.gardensbythebay.com.sg
kiri : Marina Bay Sands Hotel; kanan : Dragonfly Island

Naik MRT dan turun di Bayfront Station, keluar exit B, kami disambut pemandangan hotel Marina Bay yang berbentuk kapal di atasnya, di samping kami ada Danau dengan patung dragonfly berwarna silver di tengahnya (dragonfly island). Setelah puas berfoto, kami menyeberang jembatan disana (dragonfly bridge). Disana ada beberapa pohon raksasa, the supertrees. Kami memutuskan membeli tiket OCBC Skyway seharga 5SGD untuk naik ke jembatan yang menghubungkan 2 buah pohon raksasa.

kiri : Hotel Marina Bay dilihat dari Garden by the Bay; kanan : loket penjual OCBC Skyway
pemandangan dari atas OCBC Skyway

kiri: Garden by the Bay dilihat dari escalator Marina Bay Hotel
Menu makan siang di kopitiam (kamera HP)
Dari ketinggian 22 meter, pemandangannya lumayan, bisa melihat taman sekitar dan dikejauhan juga tampak Singapore Flyer. Untuk naik kesini, antri dulu karena tidak semua yang membawa tiket langsung naik ke atas, tapi menunggu yang diatas ada yang turun, sehingga tidak banyak orang yang berada di atas jembatan.
Di dalam area garden ini ada 9 tempat makan bagi yang mau dinner sambil menikmati pemandangan. Juga ada Cooled Conservatories yang berisi taman dengan berbagai bunga yang cantik.

Biaya Tiket masuk :
* taman = gratis
* OCBC Skyway = 5 sgd/orang
* Cooled Conservatories (cloud forest & flower dome) = 28 sgd/adult, 15/chd (3-12th).
* audio tour = 5 sgd/adult, 3 sgd/chd.

Kami menunggu hingga petang agar dapat foto saat supertrees menyala cantik dengan berbagai warna. Saat menjelang jam 7 malam, supertrees hanya menyala sebagian. Karena kami ingin mengunjungi merlion statue, maka kami putuskan melanjutkan perjalanan saja. Menuju ke MRT di dalam hotel Marina bay, ternyata supertrees dari ketinggian tampak cantik, jadi kami sempatkan foto lagi.

MERLION PARK & SINGAPORE RIVER CRUISE
Naik MRT turun di Raffles station, kami sempatkan membeli es susu kedelai & roti cokelat berbentuk lucu di gerai dekat jalan keluar dari MRT, kemasannya cantik :)
Kami berjalan kaki di sepanjang tepi sungai & melihat ada booth yang menjual tiket singapore river cruise. Melihat kapal yang melewati sungai, kami tertarik menaikinya, maka kami membeli tiket seharga sgd 20/orang. Menunggu sekitar 20 menit, kamipun akhirnya bisa menaiki kapal dengan model junkcruise dengan hiasan lampion di setiap sisi kapal. Bagi yang menyukai berada di ruangan tanpa atap alias terbuka, bisa menuju ekor kapal, duduk diluar sambil foto-foto secara lebih mudah untuk menjepret semua objek yang dilewati oleh cruise. Singapore di malam hari memang gemerlap.
Setelah beberapa lama, kamipun mengantuk kena terpaan angin malam & memutuskan untuk berhenti di dekat merlion statue saat kapal merapat ke tepi.
Patung singa kelihatan keren di malam hari karena ada lampu yang menghiasinya. Setelah puas foto kamipun balik ke hotel. Selama perjalanan balik mencari MRT, kami sempat tersesat hihihi..
kiri : Esplanade difoto dari Merlion Park; kanan : Merlion Statue
Pemandangan sekitar Merlion Park (kamera HP)
kiri : salah satu cruise
suasana di dalam cruise
Tips : di beberapa rambu lalin kalau mau menyeberang jalan, tekanlah tombol di tiang rambu lalin, karena lampu akan berubah hijau untuk pejalan kaki, jika anda tidak menekannya lampu akan selamanya berwarna merah & anda tidak akan bisa menyeberang wwkkk.. Ingat, menyeberang sembarangan bisa kena denda lho..