Sabtu, 27 Februari 2016

Kuliner Jogja (Part 2) -update terakhir Juni 2016

KULINER JOGJA PART. 2

Sudah baca kan postingan sebelumnya : Kulineran Baru di Jogjakarta (Part 1) ? Kalau belum baca disini ya.


Menyambung tulisan yang pertama, berikut ini beberapa review tempat makan yang baru saya kenal di Jogja, boleh dicoba buat yang suka hunting kulineran di kota Gudeg ini :)

* Kopi Oey (website : kopitiamoey.com)

Address : Jl. R.W. Monginsidi No. 19, Tel. (0274) 565800.


Restoran ini bertempat di sebuah rumah yang modelnya jadoel tapi disulap jadi tempat makan yang cukup cozy dengan suasana tempo doeloe. Bagi yang suka makan di teras 'rumah' sambil menyerutup kopi Oey, disini tersedia beberapa meja di teras-nya yang cukup lebar. Didalamnya ada beberapa kamar yang disulap menjadi ruangan yang cocok buat yang mau ngadain acara meeting/temu kangen reuni.


Disalah satu sudut restoran ini ada gerai baju batik yang bisa dilihat-lihat. Menu restoran ini sebenarnya banyak yang menarik seperti Nasi Tim Ayam petak sembilan, Kroketjes Blanda, loempia udang goenoengsari, mie kepiting pontianak, banana flambe, roti bakar italia, roti bakar prantjis, roti chanai, dan masih banyak lagi.

Minumannya juga cukup menarik, ada milo dinosaurus, teh jahe salatiga, mint tea, es cingcau, lime tea, kopi boemboe india, kopi item italia dan masih banyak lagi. Tapi waktu saya kesana banyak menu yang tidak ada/habis saya kurang jelas. Contohnya milo dinosaurus yang review'nya bagus (waktu saya baca di internet) habis, mie kepiting tapi kepitingnya habis jadi diganti ayam & beberapa menu lain yang saya incar juga tidak ada semua :(  saya heran, karena saya kesini pas hari biasa (bukan weekend) & resto dalam keadaan sepi waktu itu.

Mie Kepiting Pontianak yang Kepitingnya diganti Ayam

Akhirnya saya memesan teh wangi tjap potji (disajikan dalam 1 poci dengan gula batu) idr 17k, 1 mie kepiting ponti (kepitingnya diganti ayam) idr 27k, 1 singkong ritja Roa idr 25k. Dari ketiga menu ini yang saya suka singkong ritja Roa, singkong goreng kriuk renyah yang disajikan bersama sambal. Sayang sekali saya belum bisa mencicipi menu special restoran ini, termasuk kopinya. Jadi saya belum bisa berkomentar rasanya.

Teh Poci dengan gula batu (kiri) ; singkong dengan sambal Roa (kanan)


* Mie Ayam Goreng Mekaton - Seyegan
Sebelum saya jelaskan alamatnya, saya jelaskan dulu Mie Ayam Goreng Mekaton Sayegan ini adalah mie yang dibuat dari campuran telor bebek (bukan telor ayam seperti kebanyakan mie) dimasak & dibumbui dengan bumbu manis yang sedap. Disajikan dengan sawi putih rebus, potongan ayam, acar & ditaburi bawang goreng. Rasanya sangat lezat, suami saya sangat ketagihan (sampai besoknya mau lagi & lagi..). Dari cerita yang saya dengar Ibu peracik mie lezat ini belajar membuat mie dari Bangka.

Ini lho..Mie Ayam Goreng yang selalu ramai & bikin hubby nanduk terus :)
 
Alamat mie ayam goreng Mekaton : Jalan Kebon Agung Km.6 Mlati Sleman Jogjakarta. Depan pasar sri katon.

Ancer-ancernya :
Ketika anda dari Jl.Magelang, beloklah ke kiri arah terminal Jombor. Ikuti jalan terus sampai bertemu Pohon Beringin, belok kiri. Kemudian ketika bertemu perempatan cebongan (pasar cebongan) yang ada tugunya. Terus ke barat, sampai bertemu desa MargoMulyo. Nah itu masih terus ke barat sampai anda bertemu gapuro bertuliskan Desa Margokaton dan Puskesman Seyegan. Ke barat terus melewati hamparan sawah dan carilah deretan ruko (letaknya persis di sebelah Puskeswan Seyegan).


Warung ini tidak menggunakan plang nama, jadi hati-hati salah memilih yang KW, karena memang ada beberapa penjual mie ayam goreng (semua pakai plang nama, dan justru nongol di Google Map). Pokoknya yang asli ada di ruko sebelah Puskeswan. Oya, Anda dapat mudah menemukan pula karena warung ini selalu ramai pembeli, sampai meja-meja dibawah pohon rindang juga penuh terisi pelanggan mie yang terus berdatangan. Rata-rata jam 13.00 siang sudah habis terjual. Banyak pelanggan yang ditolak sewaktu saya makan disana.
Update terbaru : sekarang pemilik Mie sudah merenovasi bagian depan, dibangun gazebo, jadi pembeli tidak perlu risau karena mejanya semakin banyak, tertata rapi & tidak kepanasan lagi :)

* INGKUNG KUALI
Terletak di Kalakijo RT 02, Guwosari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta 55751.
Tel : +62 815 8463 4171 / +62 878 3840 1332

Cantik bukan ? ;)

Untuk menemukan tempat ini cukup mudah dengan membuka google map. Ingkung Kuali sudah terdaftar disana :) Bagi yang datang dalam group / untuk acara bukber saat lebaran/hari raya sebaiknya memesan terlebih dahulu karena seringnya tempat ini penuh.

Warung Ingkung Kuali ini tempatnya cukup unik, dengan bangunan utama dibuat dari anyaman & bambu, dihias lampu2 bulat yang makin menambah kesan cantik di malam hari.

Menu andalan Ingkung Kuali adalah Ayam Ingkung Original. Ada juga yang digoreng/bakar. Selain ayam kampung, juga ada burung dara.


Apa itu ayam ingkung ? Ayam Ingkung adalah ayam yang dimasak utuh ( 1 ekor ayam utuh, tanpa dipotong) diberi bumbu opor, kelapa, daun salam kemudian dikukus.

Di Ingkung Kuali, saya pesan 1/2 ekor ayam ingkung original yang disajikan dengan kuah opor encer tapi enak, lengkap dengan sambal & lalapan. Minumnya wedang uwuh yang segerrr banget, cocok buat nemenin makan ayam ingkung deh :) Saya ingin memesan burung dara, tapi sayang hari itu tidak menjual menu burung dara :(
Oh ya, saya mencoba kripik daun ketela & peyek kacang yang kriuk banget. hehehe.. bikin ketagihan deh :)

Ukuran Ayam Kampung disini sangat besar, jadi buat bertiga 1/2 ekor rasanya sudah cukup. Maklum suami yang vege tentu absen bantuin makan ayam 1 ekor hehehe.. Rasanya ? Cukup enak, tapi karena saya terbiasa makan opor, jadi rasanya cukup familiar di lidah saya.

Jam buka : pagi-sore hari. Bila bulan puasa buka mulai jam 15.00-21.00 WIB.
Harga : 1 ekor ayam ingkung Rp 135.000 (--Juni 2016), boleh beli 1/2 ekor ; wedang uwuh Rp 5.000/gelas ; Tempe Rp 5.000/porsi ;  Kripik Rp 5.000/bungkus ; Peyek Rp 2.000/bungkus ; Teh Rp 3.000/gelas.


* DAPOER ROTI BAKAR
Jl. Pandega Marta VII No. 78 Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DIY.
Jam buka : 07.00- 01.00 dini hari.

Dari Instagram saya melihat dapoer roti bakar ini. Gambar roti bakar dibungkus daun pisang & keju yag meler dari dalam-nya bikin saya ngiler & segera mencobanya begitu sampai di Jogjakarta hehehe..



Dengan bekal google map, saya berhasil menemukan tempat ini, walaupun sempat nyasar dikit alias kebablasan. Dapoer Roti Bakar ini terletak di deretan kecil ruko. Yang saya perhatikan sekilas, berjejeran dengan Chinesse Food & Es durian, yang sama-sama bikin kepincut kalau ngliat. hehehe..

Roti bakar special ~ kejunya mlumerrrr.... ^.^
Pilihan roti nya ada 3 macam, roti special (bahannya ada campuran susu sapi), roti selimut hijau, roti gandum. Setelah itu baru pilih topping nya. Saya pesan roti special dengan toping keju lumer seperti gambar di Instagram, roti bakar dengan selai nanas,  juga teh tarik.

Roti bakar selai nanas & segelas teh tarik :)

Suasana di Dapoer Roti Bakar

Untuk roti dengan toping keju -> kejunya benar-benar meleleh lho... porsi kejunya juga cukup banyak, gga pelit2 deh :) Untuk selai nanasnya agak kemanisan. Rotinya sendiri empuk, kenyal & rasanya enak. Top deh ! Yang kurang berasa menurut saya adalah keharuman daun pisangnya. Harumnya daun pisang kurang menempel di roti bakar ini.
Teh tariknya cukup enak karena terbuat dari susu sapi segar bukan susu instan. Boleh dicoba deh, tapi bagi yang alergi susu sapi bisa coba minuman yang lain.
Harganya ? saya lupa harga tiap menu, untuk pesanan saya 1 roti bakar keju, 1 roti bakar nanas, 2 teh tarik, 1 teh manis, total semuanya Rp 50.500,- (--bulan Juni 2016).



Nah sekian dulu cerita kulineran saya di Jogja, tunggu update-an berikutnya yah.. :)
Salam Jalan2!





~~00~~















Tidak ada komentar:

Posting Komentar