Sabtu, 26 Maret 2016

Jalan-jalan ke Bandung (Part. 2)

OBJEK WISATA DI BANDUNG YANG DIKUNJUNGI :

* Cafe Bali di Jalan Riau
* Tangkuban Perahu
* Kebun Begonia Lembang
* Farm House Lembang
* Imah Seniman
* Kampung Daun
* Mampir di Bosscha Observatory

Dear teman-teman pembaca, sebelumnya saya pernah menceritakan pengalaman saya pergi kemana saja selama di Bandung. Yang belum pernah baca bisa mampir kesini. Nah artikel ini lanjutan cerita saya yang terbaru buat penggemar wisata ke kota Bandung :)

Belum lama ini saya berlibur ke Bandung, hanya 3 hari 2 malam (kurang banget memang!) tapi tak apalah demi mengobati kerinduan saya akan kota ini. Saya habiskan 2 malam di hotel yang berbeda. Yang pertama hotel Dafam Rio di daerah Riau yang terkenal dengan factory outlet-nya (FO) yang kece-kece & juga tempat makannya yang enak-enak. Review tentang hotel ini pernah saya ceritakan sebelumnya disini. Untuk hari kedua saya habiskan di hotel Summerbird - Bed & Brasserie. Saya coba hotel ini karena tertarik dengan review-nya yang menarik di internet. Reviewnya boleh dibaca disini.

Hari pertama setelah tiba di Bandung lewat Jakarta pakai jasa travel CitiTrans (tiket  bisa dibeli dibandara), saya turun di Transstudio Mall, mengikuti tujuan akhir dari travel CitiTrans. Saya makan & jalan-jalan dulu disini. Pulangnya saya naik taksi H-H ke hotel Dafam Rio. Bapak sopirnya baik & gga nyasarin (recommended taxi di Bandung, selain GR - Gemah Ripah & Blue Bird).
Kemudian mampir di sebelah hotel, Riau Stock Mall, lumayan lho dapat disc 10% untuk tamu yang menginap di hotel Dafam Rio. Trus malam'nya saya dinner di seberang hotel, Cafe Bali. Sekedar info di sebelah hotel ada beberapa restoran yang bisa dicoba. Sebelah Cafe Bali juga ada restoran lain. jadi menginap di hotel ini tidak perlu bingung untuk cari makan. Di sebelah kanan persis juga ada Alfamart.

CAFE BALI
Address : Jl. R.E. Martadinata No. 215, Bandung.
Jam Buka : 9.30 AM - 10.30 PM
Menu makanan di cafe Bali ini sangat beragam, saya butuh waktu sejenak untuk membuka halaman buku menu & akhirnya memutuskan untuk mencoba menu Ayam Betutu. Menu ini cukup lengkap, dapat Nasi putih, ayam betutu goreng, udang crispy, rempeyek kacang, pelecing kangkung, sate lilit & sambal. Menarik bukan ? :) Untuk suami saya yang vege - dia pesan Nasi Goreng Sambal.
Ini dia penampakan makan malam kami :

Rasanya cukup enak, saya cocok dengan makanan yang saya pesan, pelecing kangkung & rempeyek kacangnya yahudd.. :D

TANGKUBAN PERAHU
Hari kedua saya janjian dengan teman untuk menyewa mobil menuju ke beberapa tempat wisata. Berangkat pagi hari ke Tangkuban Perahu. Sudah beberapa kali ke Bandung, saya belum pernah mampir kesini. Jadi kunjungan kali ini saya tekad bulat ke Tangkuban Perahu :D

Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia. Terakhir erupsi tahun 2013 lalu. Terletak 30km sebelah utara kota Bandung, lokasinya cukup mudah dijangkau dari kota Bandung. Untuk masuk ke kawasan wisata Tangkuban Perahu ditarik biaya Rp30rb/orang. Karena saya & teman-teman sewa mobil, ditambah biaya Rp35rb.

Tiba disini pagi hari maka parkir mobil masih lenggang & beberapa warung tenda di sekitar objek masih tutup. Kawah Tangkuban Perahu sangat besar & luas, saya mengelilinginya sambil berfoto-foto ria dengan suami & teman-teman. Setelah agak capek, kami mampir di salah satu warung yang sudah buka. Pesan teh anget & bandrek - minuman khas disini. Selanjutnya, tentu saja kami mencoba tahu goreng yang aromanya harum & ternyata rasanya juga enak & mak'nyuss.. tak ketinggalan pula jagung bakarnya hahaha.. ketika membayar tagihan agak kaget juga, harganya ternyata tidak murah hehehe..

TAMAN BUNGA BEGONIA ~ Kebun Begonia Glory (Recreation, Training & Gathering)
Address : Jl. Maribaya No. 120 Lembang, Bandung.
Biaya Masuk (pemeliharaan) :  Rp 10.000/orang.

Banyak sekali bunga begonia & bunga lain yang cantik & bermekaran di taman ini. Memang tidak begitu luas lahan bunga disini, tapi dijamin puas selfie/welfie atau apapun itu dehh... Beberapa patung juga tampak menarik & serasi dengan bunga yang bermekaran indah disini :) Bagian belakang ada kebun sayur yang sayurannya bisa dibeli. Juga ada rumah makan & tempat menjual bibit bunga maupun tanaman bunga yang masih kecil. Memang kaum hawa bakal senang berlama-lama disini :)

Beberapa bunga yang hubby foto :)

FARM HOUSE SUSU LEMBANG
Address : Jl. Lembang No. 108, Lembang, Bandung. Telepon: 022-82782400
Biaya Masuk idr 20rb/orang. (bisa ditukarkan dengan susu/sosis bakar)
Parkir Mobil Rp 10rb. Motor Rp 5rb.
Jam Buka 9.00-21.00 (weekday); 9.00-22.00 (weekend)

Untuk susu'nya waktu saya kesini ada 2 rasa, plain & cokelat. Sosis'nya berukuran cukup besar & enak.
Karena saya kesini hari Sabtu, yang terkenal sangat ramai, maka liburan di Farm House terasa kurang leluasa. Maklum objek wisata ini lagi happening, jadi semua orang spertinya janjian kesini semua deh hehehe.. Beberapa orang saya lihat sibuk berdandan ala wanita Belanda - pakai rok lebar warna cerah, payung & ornamen lengkap khas Belanda (seperti di Volendam). Mereka bisa pinjam baju di salah satu konter disana & berfoto ria dengan latar rumah khas Eropa yang menawan.

rumah hobbit (kanan)

Disini terdapat rumah hobbit (-seperti di film Lord of the Ring dan semacamnya), tapi sayang tidak bisa dimasuki pemirsa ! hehehe.. alhasil hanya bisa foto didepannya. Saya melewatkan foto disini karena tidak tahan lihat antriannya :P

Bersebelahan dengan rumah hobbit ini ada kandang domba. Anak-anak bisa bermain dengan domba berbulu tebal yang mirip di New Zealand. Mungkin akan lebih menarik jika tempat ini tidak terlalu ramai. Karena keramaian yang berlebihan ini membuat saya agak malas & kurang bersemangat. Setelah membeli jus saya pun memutuskan pulang.
Semoga lokasi Farm House ini bisa diperlebar, jadi semua orang tidak perlu berdesakan lagi.. hehehe.. semoga ya.. :)

IMAH SENIMAN
Address: Jalan Kolonel Masturi No. 8, Kampung Bongkor, Cikahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.

Saya pernah ke Imah Seniman sebelumnya & pernah saya ceritakan juga di blog ini disini. Saya kembali mengunjungi tempat ini lagi karena kangen dengan suasana tempat ini yang adem & nyaman. Anehnya kunjungan saya yang ke 2 ini agak kurang berkesan. Mungkin karena teman saya sedang sakit diare/karena tidak mendapat tempat seperti waktu pertama kali kesini (disebuah gazebo yang nyaman, dekat tempat bikin serabi yang enak), jadinya saya menempati gazebo yang kebetulan banyak nyamuknya *jadi lomba tepok-tepokan nangkep nyamuk >.<

Saya order menu Ayam Asap (seperti dulu), rasanya agak berbeda menurut saya, tidak sewaktu pertama dulu kesini, saya jadi bingung sendiri hehehe... tapi tak apalah, terbayar dengan serabi cokelat yang enak sebagai pencuci mulut di akhir cerita :)

KAMPUNG DAUN
Address: Jalan Sersan Bajuri KM. 4,7, Villa Triniti, Desa Lembang, Lembang, Jawa Barat, Indonesia.

Restoran Kampung Daun mengusung tema alam, sebenarnya agak mirip dengan Imah Seniman, hanya berbeda lokasi.  Walaupun mirip, tapi penyajiannya berbeda. Bukan dari segi lokasi saja, dimana Kampung Daun lokasinya berada di perumahan Villa, bukan di pinggir jalan. Tetapi juga, sewaktu hendak masuk ke area restoran, pengunjung melewati deretan penjual makanan & kerajinan yang tertata rapi, juga ada resto kecil-kecil & toko souvenir. Sangat menyenangkan :)
Sewaktu saya kesini suasana restoran ini sangat ramai sampai-sampai banyak yang antri untuk makan disini. Nah, karena saya sudah makan sebelumnya di Imah Seniman, maka saya kesini cuma jalan-jalan, karena penasaran tentunya hehehe.. kami masuk sebentar ke area gazebo tempat makan dimana semuanya penuh dengan tamu. Jangan dikira kami cuma melongo lihat orang makan lho.. kami hepi karena lihat beberapa penjual makanan kecil berjejer-jejer. Mereka berjualan macam-macam makanan rakyat jaman jadoel seperti serabi, apem, gandos (kesukaanku banget inii, apalagi kalau anget2 hahaha..), leker, gulali dan lain-lain. Slurpppp.... enakkk !!! :D

Besok kalau jalan lagi ke Bandung saya akan sempatkan mampir lagi kesini, tentu saja pakai makan besar di gazebo (janji kepada diri sendiri hihihi..).

BOSSCHA OBSERVATORY
Address: Jalan Peneropong Bintang, Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.

Nah, 1 hal yang batal dilakukan selama agenda di Bandung adalah melihat bintang di Bosscha Observatory. Saya & kawan sudah sampai disana, tetapi apa daya, kami lupa mengecek jadwal kalau bulan Januari tidak diperkenankan melihat bintang dengan teropong Bosscha. Hanya dibuka kunjungan ke museumnya. Hiksss..... Lain kali harus lihat baik-baik deh jadwal nya, terutama bulan-bulan musim panas, supaya bisa lihat bintang dengan jelas ! :D

Sekian cerita perjalanan ke Bandung kali ini, semoga dapat membantu buat teman-teman yang punya rencana berlibur ke Bandung & sampai ketemu di cerita jalan-jalan yang lain :)