Kamis, 02 November 2017

KULINER ENAK DI SOLO (PART 2)

Dear teman-teman semua...ini kali kedua saya ke Solo & tentu saja saya gga melewatkan untuk hunting kuliner enak di kota ini. Memang hanya sedikit menu baru yang saya coba tapi masing2 enak & memang terkenal di kota Surakarta ini. Yuk langsung saja capcuss..

1. SELAT SOLO MBAK LIES
2. TIMLO SOLO PAK SASTRO
3. CAFE 3 CERET
4. KAYU MANIS COFFEE & STEAK
5. NGOPI SERIUS
6. NDORO DONKER TEAHOUSE

SELAT SOLO MBAK LIES (Warung Selat Mbak Lies)
Alamat : Veteran Gg II. No. 42, Serengan, Solo, Jawa Tengah.
Tel. : (0271) 653332
Jam Buka : 08.00-17.00 sore. Tidak buka cabang.

Tampak depan Warung Selat Mbak Lies  (kiri) ; Hiasan dinding di warung seberangnya (kanan)

Warung selat Mbak Lies ini rumahnya masuk gang yang agak kecil. Mobil bisa masuk & parkir di dekat dengan warung mbak Lies yang rumahan. Ada 2 rumah yang dibuat tempat makan, berhadapan. Ketika pertama kali melihat penampakan warung selat ini saya tertegun karena ada banyak sekali hiasan manik-manik bergantungan didepan rumah, juga hiasan dinding & hiasan2 lain yang kebanyakan dari keramik, ramee bangett kesannya.

Ruangan di dalam warung selat ke 2 (seberang warung utama)

Tempat duduk di bagian depan rumah makan juga kebanyakan dari keramik dari meja sampai kursi bulatnya. Karena agak ramai, saya duduk di rumah seberangnya (berhadapan) yang juga termasuk bagian dari rumah makan ini.

Selat Lidah pesanan saya ^^ enakkk... 

Selat Telur pesanan hubby.. enakk jugaa (putih diatas itu telur)


Menu andalan rumah makan adalah selat solo. Mulai dari selat lidah, selat bistik, selat galantine kuah segar, selat galantin kuah saos, timlo, gado-gado, tahu acar, sup manten, sup matahari & stup makroni. Minumannya aneka jus & es.
Saya mencoba selat lidah, hubby pesan selat galantine kuah saos (dagingnya diganti  telur). Telurnya  cantik berbentuk bunga (sepertinya dari cetakan agar2) hihihii..
Selat lidah pesanan saya cukup enak, lidahnya dapat 2 potong & empuk, kuahnya segar dengan aneka macam sayur pelengkap, telor & saus putih (rasanya seperti fla). Punya hubby kuah saos nya seperti kuah galantine, lebih berasa tomatnya daripada kuah selat lidah pesanan saya. Dua-duanya enak tapi saya lebih suka pesanan saya xixixiii..
Harga menu saya selat lidah IDR 19.000,- sedang selat galantin hubby IDR 17.000,-

TIMLO SASTRO
Alamat : Pasar Gede Timur No. 1-2, Balong, Solo. Ancer-ancernya di belakang Pasar Gede, depan pembuangan sampah.
Buka : Jam 6.30-15.30. Seringnya sudah habis kalau sore.

Timlo Komplit pesanan saya beserta 1 porsi nasi putih ^^


Nah kuliner yang satu ini sepertinya sudah melegenda di Solo karena berdiri sejak tahun 1952. Dulu waktu pertama kali ke Solo saya kesorean, jadi warung sudah tutup & pasar gede sudah sepi.
Kali ini saya kesini jam 10an, pasarnya ramee banget.. semua kios masih buka & tentu saja kebagian makan Timlo Pak Sastro ini.

Harga menu timlo (updated Oktober 2017)

Memang benar letaknya di depan pembuangan sampah sehingga aroma sampah memang terkadang tercium ya sampai ke warung. Saya sempat baca ada yang menyarankan untuk masuk agak dalam sehingga bau-nya tidak sampai pekat. Tapi saya yang sudah duduk di dekat bakul-nya juga masih bisa mencium bau tsb xixixiii.. ya dibetah2in lah demi mencoba timlo ini.

Saya pesan 1 porsi timlo komplit pakai nasi. Kalau komplit dapat sosis solo, telur, potongan hati ayam. Kuah ditaburi brambang goreng. Kebetulan waktu itu rasanya agak keasinan (atau memang saya yang kurang suka asin--tergantung selera masing2 yaa.. ) tapi secara keseluruhan saya cukup menyukai timlo pak Sastro. Mungkin lain kali saya akan pilih timlo yang isinya potongan hati ayam saja, karena gga gitu cocok dengan sosis-nya.
Bagi yang belum tahu, sosis solo ini terbuat dari telur dadar yang digulung dengan isian potongan daging ayam.

Warung pak Sastro ini cukup ramai lho pemirsa, sesuai dengan cerita orang2. Banyak pembeli keluar masuk, termasuk pak gojek juga xixixiii.. jadi buat yang belum pernah mampir, ayooo.. disempatkan icip2 yah.. kalau kesorean pasti habis.
Harga seporsi timlo komplit Rp 20.000,- (updated Oktober 2017).


CAFE TIGA TJERET
Alamat : Ronggowarsito No. 97, Keprabon, Banjarsari, Solo. Lokasi tidak jauh dari pasar Triwindu.
Buka jam 11.00 - 00.30 malam.

tampak depan Cafe Tiga Tjeret

Tiga Tjeret cafe ini terletak di pinggir jalan besar. Tempat makannya cukup luas, dengan aneka makanan yang disajikan mulai dari nasi kucing aneka macam, aneka sate tusuk yang lezat2, tempe bacem, aneka gorengan & aneka wedang minuman. Semua pesanan bisa diambil sendiri alias pilih sendiri terus tinggal bayar di kasir. Nanti makanan kita akan dihangatkan lebih dulu & disajikan kemudian.

Pilih sendiri makanan yang disukai, kemudian bayar di kasir ^^

Rasa makanan yang saya ambil enak-enak, ada yang cukup pedas juga.. wedangnya enak juga saya pesan wedang khas tiga tjeret. Panas & hangat di badan. Harganya standar menurut saya, gga mahal tapi juga gga murah.



Yang kurang menurut saya adalah pelayanannya (ini opini pribadi lho..) saya pesan teh tawar hangat dikasi teh panas mlocot xixixii.. ketika saya bawa kembali ke tempat mas2-nya buat, saya  bilang kepanasan tolong dikurangi & ditambahin air supaya adem. Mas-nya bilang nanti diantar mbak. Lha saya tunggu lama sekali gga dianter keburu seret & kepedesan wkwkwk.. saya ampirin lagi, teh saya sudah siap di meja mereka tapi nda ada yang anter hadehh....  >.<
Itu aja sih kekurangannya selain mereka kurang senyum xixixiii... ya mungkin karena ramai ya jadi nda ada senyumnya (aneh2 ae aku ini.. sukane dikasi senyuman hadehh... >.< ) abaikan komen nda jelas saya ini yah pemirsa xixixiii..


KAYU MANIS COFFEE & STEAK
Jl. Brigjend. Slamet Riyadi No. 158, Surakarta.
Buka jam 08.00-00.00 malam

Tampak dalam salah satu ruang di Kayu Manis Coffee & Steak
Cafe yang satu ini menempati sebuah rumah agak kuno di pinggir jalan besar, sehingga terkesan klasik tapi tetap cantik dengan furniture kayu mendominasi. Tempatnya nyaman & cukup luas. Ada outdoornya juga di bagian samping, jadi pengunjung juga bisa merasakan udara luar. Dibagian depan pintu masuk ada sebuah motor sport 'parkir'. Menurut yang saya dengar karena yang punya cafe ini pembalap nasional kita yang terkenal, Rio Haryanto. Saya kurang tahu benar tidaknya pemirsa xixixii..

Latte pesanan hubby ^^

Menu makanannya saya tidak begitu ingat, tapi ada beberapa macam steak yang ditawarkan oleh pramusaji. Kebetulan saya uda kenyang & hanya menemani misua yang kepingin nyicip kopinya, jadi gga pesan makanan berat. Kopi yang kami pesan caffelatte, rasanya enak & halus. Cocok banget di lidah saya. Saya baca-baca ada menu signature coffee di cafe ini, bola es yang terbuat dari espresso & kayu manis, dipadu dengan susu segar yang dituang ke dalam bola es. Saya jadi teringat waktu minum minuman di salah satu cafe di Singapore, ada yang menyajikan kopi mirip ini. Bedanya tanpa kayu manis. Sepertinya boleh dicoba deh pemirsa, karena setau saya kopi ini terkenal di cafe kayu manis.
Karena saya tidak mencoba makanan/minuman yang lain jadi belum bisa cerita banyak ke pemirsa sekalian hehehe.. next time yaa kalau mampir lagi ^^

NGOPI SERIUS
Jl. Melati No. 7, Purwosari, Laweyan, Surakarta.
Jam Buka 16.00-00.00 malam.

Nah berhubung yang kesini si hubby, saya gga bisa bercerita banyak2 yah, sesuai cerita dia aja hehe.. (saya lagi kademen habis mandi kena kipas di kamar mandi hotel xixixiii..--cerita lebih lengkapnya pas review hotel aja yah hihihii..).

 CafeLatte dingin & kopi single origin nusantara

Ngopi serius ini hanya menyajikan kopi nusantara & metode manual brewing alias gga jual kopi yang dibuat pakai mesin kopi yang menggunakan listrik. Meja kursi di Ngopi Serius ini didominasi oleh kayu, juga temboknya, jadi kesannya klasik abiss.. interiornya juga menarik.
Kopi yang disajikan kebanyakan jenis arabica, yang mana memang lebih saya & hubby sukai dibanding robusta, selain karena rasa, juga karena lebih ramah dengan maag saya. Kalau minum robusta dijamin maag saya akan kumat hehehe..

Harga kopi disini cukup terjangkau. Kalau tidak salah sekitaran 14rb-16rb/gelas dengan metode V60. Harga cold brew-nya juga mirip. Jadi dijamin deh nda bakal bikin kantong bolong hehe.. :P

Selain menjual kopi untuk dinikmati di tempat, Ngopi Serius juga menjual biji kopi yang sudah di roasted, blend kopi bubuk, dan coldbrew (kopi fermentasi dalam bentuk dingin). Jadi silahkan dipilih yang sesuai selera yah.. mau panas or dingin.  Kalau cocok boleh beli bijinya buat dibawa pulang :)

NDORO DONKER TEA HOUSE
Jl. Karangpandan-Ngargoyoso, Puntukrejo, kab. Karanganyar, Jawa Tengah.
Buka jam 09.00-18.00 sore.

Tampak depan Ndoro Donker Tea House


Ini adalah alasan pertama saya jalan-jalan ke Solo. yaa... memang letaknya di Karanganyar, bukan di Solo, tapi perjalanan dari Solo hanya sekitar 1 jam, dan..dan... saya memang penggemar berat teh, jadi main ke kebun teh adalah sesuatu yang menggembirakan hati saya xixixii.. *lebay-nya kumatt :D

banyak pilihan teh dalam kemasan buat oleh2/dibawa pulang (kiri) ; salah satu sudut rumah teh (kanan)
Lokasi Ndoro Donker ini sebenarnya di kawasan perkebunan teh Kemuning, di kaki gunung Lawu. Jadi udaranya dingin & seringnya bisa lihat perkebunan teh yang menjulang & kabut turun di puncaknya. wahh.. pemandangannya bikin adem di mata nda cuma di badan hehehe..

Pemandangan kebun teh yang indah ini bikin takjub mata memandang.. ^o^ klik untuk memperbesar gambar yaa..

Rumah Ndoro Donker ini menyediakan aneka jenis teh mulai dari teh putih (white tea), teh hijau, teh hitam, teh raja, dan aneka teh Inggris seperti earl grey, chamomile, mint tea, forest tea dan lainnya. Semuanya bisa disajikan dalam teko maupun gelas. Harganya agak berbeda dengan informasi yang saya baca sebelumnya di internet, mungkin sudah direvisi yah, jadi nda terlalu mahal. Untuk White tea yang paling recommended Rp 20.000/teko. Rasanya mirip dengan white tea yang sering saya minum. Rasanya manis & aromanya lembut, tanpa gula lho yaa minumnya.. jadi lebih terasa manfaatnya bagi tubuh. Untuk green tea pesanan hubby rasanya cukup pahit dan sepertinya 'agak berbeda' dengan green tea yang biasa saya minum. Setelah tanya sama mbak-nya kasir ternyata green tea nya dari perkebunan sekitar, juga black tea-nya. Kalau white tea-nya ternyata bukan berasal dari daerah Karanganyar.

Pesanan kamii... pesan menu yg ringan2 karena belum gitu laparr ^^

Selain teh, mereka juga menyediakan menu makanan berat maupun cemilan. Saya pesan singkong goreng & mendoan. Untuk singkongnya enak tapi kurang gurih, jadi tepungnya udah kriuk gitu, cuma kurang rasa asin (opini pribadi lho.. lebih enak kalau dikasi garam ya waktu mau goreng, jadi nda plain rasanya). Mendoannya yang makan hubby jadi belum bisa kasi masukan hehe.. ^^

Bagi yang mau bawa pulang teh-nya, di dekat kasir banyak teh yang sudah dikemas cantik & bisa dibawa pulang (bayar dulu lho yaa hihihii...). Yang saya recomendasikan teh putih (white tea)-nya karena rasanya manis tanpa gula & soft banget dibanding jenis teh yang lain.

Oya, selain udara yang sejuk & hati yang senang, disini tempat yang kece lho buat foto-foto (tuh siapa yang suka update instagram/sosial media lain.. :p ) bisa foto di dalem ruangan yang ditata kece, diluar ruangan maupun di tengah kebun teh.. iyaaa... Ndoro Donker dikelilingi oleh kebun teh yang memang membentang luas di kaki gunung Lawu. Jadi tunggu apa lagiiii... ^^ (koq kaya pesan sponsor yaa hihihiiii... )

Salah satu sudut rumah teh Ndoro Donker yang cantik

Nah bagi yang mau lanjut perjalanan piknik ke Candi Cetho, lokasinya tidak jauh dari rumah teh Ndoro Donker. Hanya jalannya cukup menanjak & sempit. Jadi mesti hati2 ya kalau mengemudi. Saran saya lebih enakan naik motor (bisa ngojek koq) kalau jalan lagi ramai / kurang menguasai medannya, karena menurut cerita sering kejadian mogok (mesinnya panas/rem-nya habis). Lebih lengkap cerita tentang candi Cetho di postingan terpisah yaaa... ^^

Selama di Solo, saya menginap di hotel Aston. Reviewnya bisa dibaca di postingan selanjutnya :)
Yang belum saya kunjungi adalah Bale Branti, kebetulan lokasi dekat dengan Ndoro Donker tapi sayang tutup waktu saya kesana. Bale Branti tea-art-culture ini menarik sekali dari luar. Lain kali kalau ke Solo lagi saya akan sempatkan mampir. Saya penggemar teh & bahagia banget kalau bisa ke kebun teh & icip2 teh-nya xixixiii.. jadi kalau kalian juga suka sama teh seperti saya bolehlah mampir sekalian kesini & nanti cerita ke saya yaa..
Ok sekian dulu ceritanya..  buat yang uda pengin maen ke Solo ayoo buruan ajaa.. ^^

Salam Jalan2 ! :)


Baca juga cerita jalan2 yang lain :
Kuliner Enak di Solo (Part 1)
Main ke Candi Cetho, Candi Hindu yang terletak di kaki Gunung Lawu
Ada apa di Singapore Coffee Festival ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar