Kamis, 09 November 2017

Hunting kopi di Hongkong

Di postingan kali ini saya akan menceritakan pengalaman hunting kopi di Hongkong & Macau. Selama di HK 2 hari, kami mengunjungi 4 kedai kopi yang terkenal disana. Untuk di Macau kami hanya sempat mengunjungi 1 kedai kopi saja, itupun secara kebetulan karena prioritasnya berwisata bersama teman yang notabene mereka kurang suka ngopi ^^

Ini dia liputannya pemirsa... :)

* 18 Grams Roastery Lab
* Cupping room
* Oak Coffee
* Urban Coffee Roasters
* Triangle Coffee (Rethink Coffee) Macau

18 GRAMS
Ini kedai kopi pertama yang kami kunjungi di HK. Lokasi kedai kopi 18 grams tidak begitu jauh dari hotel tempat kami menginap di North Point. Kami menggunakan transportasi Tram untuk mencari lokasi 18 grams.
Sebenarnya 18 grams punya beberapa kedai kopi di HK, tapi kami mengunjungi kedai yang di daerah Wan Chai. 18 grams terkenal karena baristanya memenangkan kejuaraan latte art-nya.



Sewaktu disana, mas baristanya ramah2 & mau menjelaskan berbagai macam kopi yang dijual, termasuk bertanya profile kopi seperti apa yang kami suka. Akhirnya kami membeli beberapa bungkus kopi untuk dibawa pulang. Disana kami mencoba latte-nya. Cukup enak pemirsa, rasanya haluss.. tidak menohok sama sekali. Kalau kalian penyuka kopi, boleh deh mampir kesini :)



Alamat 18 grams di HK :
10 Johnston Road, Wan Chai, Hong Kong.
Buka dari jam 8.00- 19.00
Untuk lokasi 18 Grams Coffee yang lain bisa kunjungi website mereka disini.


CUPPING ROOM
Kunjungan kami ke cupping room sebenarnya agak berbeda dari rencana awal. Kami gga menyangka kalau Cupping room ternyata ada di dekat 18 grams... syukurlah ada yang dekat yaa.. thanks to mas barista 18 grams yang memberitahu kalau didekatnya ada beberapa kedai kopi yang recommended.

Tampak depan CUPPING ROOM yang sangat ramaii..

Cupping room ini tidak di pinggir jalan raya persis seperti 18grams tadi pemirsa. Letaknya agak sedikit masuk gang, tapi dekat sekali dengan 18grams yang kami kunjungi. Walaupun kecil & sempit kedai kopi in laris maniss.. lebih ramai dari 18grams tadi. Orang berlalu lalang bergantian masuk & keluar dari kedai kopi ini. Ada yang makan berat (sandwich dan sejenisnya...) ada yang ngopi, ada yang take away seperti saya (bukan sengaja sih.. tapi kami gga melihat ada kursi yang kosong).

Pilihan biji kopi yang diroasting sendiri oleh pemilik Cupping Room, recommended yah ^^

Beberapa biji kopi dipajang di etalasenya. Setelah melihat sejenak & rembug-an dengan suami.. kami akhirnya memutuskan hanya membeli 1 bag saja karena jenisnya mirip dengan kopi yang sudah kami beli di 18grams. Untuk take away minumannya kami pesan latte (lagi..lagi..) dan setelah keluar dari kedai kopi ini & menyerutup kopinya.... ternyata basic coffee nya enakk.. ada rasa fruity yang belum pernah kami rasakan selama minum latte sebelumnya hihihiii.. nyesel deh tadi gga beli blend espresso-nyaaa..  >.<

Buat coffee addict, kalau kalian ke cupping room, jangan lupa beli blend nya.. & juga single ori-nya.. rasanya benar2 gg mengecewakan deh.. sesampainya di rumah, kopi mereka menurut kami yang paling enakk ^^

Alamat The Cupping Room : 
- G/F, NO. 8 Cochrane Street, Central, Hong Kong.
- Shop LG, 287-299, Queen's Road Central, Hong Kong.
Buka jam :  8.00-17.00


OAK
Address : Shop B33, B1/F, Lee Tung Avenue, 200 Queen's Road Street, Wan Chai, HongKong.
Jam Buka ; 11.00-20.00
Kalau Naik MTR : Exit B2, Wan Chai MTR Station.



Nemu kedai kopi Oak ini secara tidak sengaja. Ketika saya jalan santai di sekitaran Cupping room & Johnson Street, ada eskalator menuju ke basement mall. Karena penasaran sayapun masuk kesana. Ternyata didalamnya ada beberapa toko yang menarik, juga sebuah swalayan yang menjual barang kebutuhan yang setara dengan Gelael mungkin ya kalau di tanah air. Barang yang dijual kualitas bagus & memang menarik2 pemirsa **ijo matanya deh...**

Saya sempatkan mampir minum teh Yuzu di cafe Brook's dekat jalan masuk, terus jalan lagi & ketemu deh sama cafe OAK yang menjual kopi & minuman cokelat.

Mas baristanya ramah2 & menawarkan biji kopi dari Coffee Colective. Ada beberapa jenis biji, tapi karena lagi2 mirip dengan yang sebelumnya maka hubby hanya beli 1 bag kecil (250grams). Nah sampai ditanah air & mencoba.... ternyata kopinya enakkk.. hihihi... nyesel kenapa beli 1 macem ajaa xixixxiiii...
Oya bagi yang suka minum teh, di dekat Oak ada Gong Fu Teahouse yang menjual berbagai macam teh berkualitas, lengkap dengan peralatan nge-teh ala Gong Fu.

Nah habis keluar dari mall underground ini, masih di Queen's Street saya melihat kedai kopi yang cukup terkenal di Jepang, Omotesando Koffee. Kedainya ramai bangett, saya masuk & naik ke lantai 2 nya.. sama2 ramai pemirsa... bagi yang mau mencoba kopi Omotesando, bisa sekalian mampir waktu jalan2 di sekitar Lee Tung Avenue/Queen's Road.. sekali dayung 2-3 pulau terlampaui xixixiii..
saya tidak coba kopi mereka karena antriannya yang sangat panjang, jadi kalau kalian udah coba boleh deh kasi komentar dibawah.. ^^



URBAN COFFEE ROASTERS
Address : Shop 44, G/F, Mirador Mansion, 7 Bristol Avenue, Tsim Sha Tsui.
Kalau naik MTR : Exit N5 East Tsim Sha Tsui, 1 menit jalan kaki.
Jam Buka : 8.00-22.00

Selain alamat diatas, mereka juga ada di :
- G/F, 135 Lai Chi Kok Road, Tai Kok Tsui;
- G/F, 4 Pound Lane, Sheung Wan.



Karena letak kedai kopi Urban agak jauh & tidak bisa dijangkau dengan tram, maka kami naik MTR. Dari pintu keluar MTR kalau bingung arah kemana, cukup buka google maps mudah ketemu deh... ^^

Ciri khas kedai kopi di HK, selalu ramai walaupun tempatnya kecil. Begitu pula dengan Urban Coffee. Lokasinya di pinggir jalan & pengunjungnya ramai bangett.. dari ABG, dewasa muda sampai bule juga  masuk kesini. Karena mejanya penuh, maka kami take away biji kopi, bukan kopi yang sudah diseduh. Tempat kopinya lucu pemirsa, bukan bag kertas seperti biasanya, tetapi kaleng.

Packingnya bukan paper bag tapi kaleng cantik ini :)


Mas baristanya ramah & menjelaskan tentang kopi mereka. Nah sampai ditanah air, saya baru mencoba 1 jenis saja, rasanya cukup enak.. tapi masih enakan di Cupping room sih hehehe.. **menurut selera saya lho... ini pendapat subjektif** kalau biji yang satunya belum saya coba jadi belum bisa cerita disini. hihihi..


RETHINK COFFEE MACAU
Address : Broadway Food Street, A-G022, Broadway Galaxy, Macau.
Jam Buka : 9.30-22.00
Rethink juga ada di Tai Fung Plaza, Macao.




Kedai kopi Rethink Coffee gga sengaja kami jumpai sewaktu hunting makan siang di Broadway Galaxy. Kedainya tidak begitu ramai waktu kami kesana (broadway kebetulan juga lagi gga ramai) tapi baristanya ramah & mau bercerita panjang lebar tentang kopi mereka, bahkan sampai menunjukkan alamat dan lain2 pakai laptopnya.. hihihi.. niat bangett yaa?



Mereka juga menjual biji kopi. Penataan letak biji kopi dipisahkan antara yang roasting lama & baru, dengan harga yang berbeda pula. Disini hubby memesan secangkir latte & membeli 1 bag kecil (250gram) biji kopi. Sampai di rumah kami mencoba biji kopinya... rasanya cukup enak, tapi secara pribadi masih suka yang di Cupping Room & Oak hihihii...opini pribadi lho yaa.. 



Note :  kalau saya pribadi lebih suka kopi yang ringan, tidak kental, tidak hitam pekat/gosong & punya rasa buah2an.. bagi yang seleranya berbeda, tentu penilaiannya juga berbeda dari saya. Maka silahkan masing2 dicoba deh, supaya bisa dibandingkan menurut selera masing2 pula .. 


Saya ingin tambahkan 1 cafe disini, memang bukan cafe specialty coffee seperti diatas, tapi cafe ini patut jadi pertimbangan selama pemirsa ke Macau, karena asli cafenya cantik bangett.. namanya BLOSSOM CAFE.

Blossom Cafe dari luar dicat warna biru, jadi cukup ngejreng untuk mata memandang, dan dari dalam didominasi warna kuning-orange. Dari luar saja sudah keliatan kalau menarik lho.. ada bunga2 dipajang dekat pintu masuk & kaca2 yang tembus pandang ke dalam menyajikan pemandangan shabby chic dengan nuansa romantis ^o^
Teman saya langsung ngebettt banget masuk kesini sekalian makan siang. Menunya rata2 western style, seperti kentang goreng, chicken wings, chicken nugget, aneka kopi, cokelat & tea.

Latte (kiri) ; hot choco (kanan)

Untuk cerita lengkapnya sudah saya tulis disini.

Sekian cerita hunting kopi selama di Hongkong & Macau.


Salam Kopi ! ^^


***







Baca juga cerita jalan-jalan yang lain :
Nyari Egg Tart enak di Macau
Dua kali jatuh cinta dengan Macau


Tidak ada komentar:

Posting Komentar